5 Tips Efektif Untuk Memulai Blogging Bagi Pemula

5 tips efektif untuk memulai blogging bagi pemula - Blogging dapat menjadi pengalaman yang sangat memuaskan dan menyenangkan. Blog anda bisa menjadi suatu Platform untuk menyuarakan pendapat anda tentang berbagai hal yang penting tentunya. Bukan hanya itu, anda juga dapat berbagi pengetahuan mengenai topik menarik yang anda tulis untuk orang lain secara efektif. Berikut ini adalah 5 tips efektif memulai blogging untuk pemula.


Tips Efektif Untuk Memulai Blogging


5 Tips efektif untuk memulai Blogging

1. Passion atau minat. Anda perlu menentukan tujuan yang tepat untuk eksistensi jangka panjang blog anda. Apakah blogging hanya untuk berbagi gairah dan isi pikiran dengan orang lain, atau apakah blogging untuk keuntungan yang menguntungkan secara materi. Jika anda membuat blog untuk sesuatu yang anda sukai, misalnya hanya untuk berbagi gairah dan isi pikiran, maka anda bisa memulainya sesegera mungkin, karena di sini anda memiliki pondasi yang kuat, pondasi yang kuat itu adalah passion.

Tetapi, jika blogging hanya untuk keuntungan secara menyeluruh, anda perlu melakukan riset kata kunci dan memilih niche blogging untuk menentukan target yang menguntungkan. Ini karena anda hanya menginginkan keuntungan tanpa passion. Dibutuhkan lebih banyak usaha guna membuat blog yang menguntungkan.

Baca juga: Niche Blogging Untuk Blogger Pemula.

2. Memberikan nilai tambah. Terlepas dari motif utama pada blog, anda perlu menyediakan konten unik dan berharga untuk para pembaca atau pengunjung blog. Konten adalah raja pada blog dan tetap akan selalu menjadi raja. Anda perlu memastikan bahwa anda memberikan informasi yang menarik, informatif dan dapat diandalkan untuk pembaca.

Ketika pembaca melihat bahwa blog anda memiliki informasi yang menarik dan berharga, mereka akan selalu datang kembali untuk mengunjungi halaman blog milik anda yang mereka anggap selalu memberikan nilai tambah.

3. Pilih judul yang menarik. Anda perlu menggunakan setiap judul posting blog yang menarik untuk pengunjung situs. Teliti bagaimana cara-cara media berita online atau berita di koran (off-line) harian bisa selalu menarik perhatian pembaca.

Demikian juga dengan blog milik anda, perlu juga memilih dan memiliki judul artikel yang menarik sehingga dapat menarik perhatian para pembaca blog anda agar mereka terdorong untuk membaca artikel lain yang terkait di dalam blog milik anda. Tapi tidak harus menggunakan metode clickbait.

4. Format posting anda. Sebagian besar pembaca mungkin tidak memiliki waktu banyak untuk membaca seluruh posting atau isi artikel milik anda. Untuk membuat posting artikel lebih mudah bagi para pengunjung blog anda, gunakan lah poin-poin se-padat mungkin. Berikan judul dan sub judul yang jelas dan tambahkan gambar-gambar yang relevan.

Jika diperlukan, tambahkan diagram untuk membuat ilustrasi poin-poin yang perlu anda uraikan pada konten artikel di blog anda. Gunakan juga font yang sesuai untuk membuat konten anda lebih mudah dibaca, dan gunakan lah ruang putih secara efektif untuk membuat tata letak agar mata para pengunjung betah membaca artikel yang sudah anda posting.

5. Promosikan blog anda. Kebanyakan pemula berharap untuk mendapatkan ratusan atau ribuan pengunjung (trafik) sesegera mungkin setelah mereka membuat posting mereka di dalam blog. Sayangnya, mendapatkan pembaca dalam jumlah besar di waktu yang singkat itu sangatlah sulit.

Posting blog anda tak akan pernah mendapatkan pengunjung yang melimpah kecuali anda secara aktif mempromosikan blog atau artikel yang sudah anda buat. Tentunya konten artikel perlu anda buat menarik

Anda bisa mempromosikan blog dengan menggunakan media sosial, misalnya seperti posting di forum, menjadi tamu blog dan lain-lain. Anda dapat memperoleh lalu lintas ke blog dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga:
3 Cara Ampuh Pasang Iklan Gratis di Internet.

Kesimpulan

Ada beberapa perkara yang mungkin membebani pikiran anda saat ini, yaitu tentang konten yang kaya atau dengan jumlah kata yang banyak, apakah akan memiliki kemungkinan besar mendapatkan peringkat di mesin pencari Google? Di sisi lain, para pembaca lebih suka membaca konten artikel yang padat, singkat, jelas dan lengkap.

Ini adalah dilema tersendiri yang mungkin anda juga rasakan saat ini. Dari persoalan ini, saya melakukan beberapa pengujian untuk membuat artikel singkat, padat dan jelas (artikel pendek), tetapi tetap berusaha agar artikel pendek milik saya bisa merangkak naik ke halaman pertama pada mesin pencari.

Saya cukup kan artikel kali ini tentang 5 tips efektif untuk memulai blogging bagi pemula. Semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Tinggalkan komentar anda untuk kritik atau saran pada artikel ini.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

10 Responses to "5 Tips Efektif Untuk Memulai Blogging Bagi Pemula"

  1. Kebanyakan para blogger juga berburu adsense, jadi akhirnya konten jadi terabaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi betul, tapi faktanya para publisher AdSense sejati selalu memikirkan kualitas konten, karena sangat berpengaruh pada ranking di SERP Google. Ranking mempengaruhi penghasilan lho. Biasanya yg mengabaikan konten itu justru blm nemu celah yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas konten. (the article content is king

      Delete
  2. nah, mungkin salah satu tips diatas sedang saya lakukan sekarang.. alias bertamu nih. sip artikelnya mas, namun ada sebagian blogger yang tidak ada niat ngeblog kecuali hanya ingin punya blog. itu saja. tidak lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha :>) iya mas tapi saya yakin mereka yg awalnya hanya berpikir tentang koleksi (pajangan), suatu saat nanti akan pindah haluan. Sebab awal pertama saya buat blog dulu juga gitu, pikir saya dulu itu yg penting punya blog kya kawan2. Hehe dampak negatif nya ada juga lho krn pola pikir saya yg dulu itu. Dampak negatif nya adalah saya mencopas bulat-bulat artikel milik org lain ke blog saya tanpa sumber sama sekali.

      Delete
  3. Saya masih sering mengabaikan masalah SEO, krn menurut saya kalau kita terlalu terpaku pada SEO membuat gaya bahasa kita gak bisa lepas dan cenderung kaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap orang memang berbeda-beda menanggapi ttg SEO, padahal SEO itu selalu diterapkan. Dari SEO On-Page sampai Off-Page. Pernah nggak memperbaiki struktur data di webmaster atau membuat loading blog tidak lemot? Nah itu juga bagian dari SEO On-Page (menurut saya). Bukan hanya itu, jika kita menyajikan tulisan yang mudah dibaca dan tidak kaku, itu artinya kita melakukan teknik SEO juga. Tulisan yang berkualitas adalah bagian dari SEO, kalau tulisannya kaku, maka saya pastikan itu bagian dari teknik atau metode SEO yang keliru. :) Itu tadi mas, orang salah mengartikan tentang SEO, dan memendang metode SEO dari sudut pandang yang dipersempit.

      Delete
  4. Buat dukung kualitas konten kita, tampilan blog juga harus menarik itu menurut saya. pertanyaan saya bagaimana agar tampilan blog kita simple tapi menarik, adakah tips dan trik nya? maklum saya sangat pemula. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas, mmg selain konten ada bagian lain yang di perlukan, yaitu pada tata letak dan template blog. Agar tampilan blog kita simple itu sebenarnya kita tidak perlu repot, atau menggunakan waktu belajar. Cara termudah yaitu dengan mencari atau mendownload template dari desainer template yang menurut kita simple dan menarik. Saya rasa itu trik mudah untuk kita. Untuk bagian lain yang mungkin kurang, kita bisa optimasi sendiri. Template adalah bagian dari penerapan SEO juga sebetulnya, selain konten yang menarik, template juga perlu di perhatikan. Bukan hanya sekedar tampilan tetapi juga struktur data yang mendukung sebagai bagian dari penerapan SEO On-Page. Terima kasih :)

      Delete
  5. Bagus mas artikelnya saya masih awam belum tahu tentang blog kalo lagi sempet suka baca terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga banyak memberikan manfaat mas, dan terima kasih juga sudah mau mampir di blog ini. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.