4 Langkah Cara Membuka File Vector Dengan Photoshop

Cara membuka file vector dengan photoshop - Gambar vektor memerlukan program perangkat lunak gambar khusus yang memiliki kemampuan untuk mengedit file vektor daripada hanya raster file. Beberapa program editing gambar vektor populer termasuk Adobe Illustrator, CorelDraw, dan Inkscape. Tapi anda juga dapat menggunakan Adobe Photoshop untuk membuka dan mengedit file vektor juga. Photoshop adalah tradisional bitmap editor, tetapi dapat digunakan dengan berbagai format gambar lainnya seperti vektor.


Cara Membuka File Vector Dengan Photoshop

Gambar vektor atau grafik vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar vektor terdiri dari penggabungan koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya SVG, EPS, dan CDR.

Berikut adalah langkah-langkah atau cara dalam mendapatkan perangkat lunak vektor yang tepat dan kemudian menggunakannya untuk membuka file vektor. Mungkin langkah-langkahnya sedikit berbeda tergantung pada perangkat lunak yang anda gunakan, tetapi ide dasar masih tetap sama.

4 Cara Membuka File Vector Dengan Photoshop

1. Anda harus memilih vektor perangkat lunak pengeditan yang ingin anda gunakan untuk vektor anda sesuai kebutuhan mengedit. Untuk tutorial ini, mari kita asumsi kan anda ingin menggunakan Photoshop. Untuk mendapatkan Photoshop, pergi ke situs web Adobe dan membeli layanan berlangganan bulanan untuk menggunakan program ini dengan harga terjangkau.

Ini berarti anda tidak perlu membayar ratusan dolar untuk membeli program seperti pada masa yang lalu. Adobe sekarang memungkinkan orang-orang yang pada dasarnya "sewa" perangkat lunak mereka untuk tingkat bulanan $19,99 yang rendah.

2. Jika Anda memiliki versi Photoshop maka anda akan melakukan klik dua kali ikon Photoshop pada desktop anda untuk membuka perangkat lunak. Jika Anda menggunakan layanan internet bulanan yang disebutkan di langkah sebelumnya, maka anda hanya masuk ke Adobe Creative Cloud account anda dan akses perangkat lunak online.

3. Setelah perangkat lunak terbuka, buka menu horisontal di atas dan klik file. Pada menu dropdown, klik 'open'. Sebagai alternatif untuk melakukannya dengan cara menggunakan perintah (CTRL + O) pada keyboard pemilihan cepat.

Ada juga pilihan lain pada dropdown menu yang disebut "buka sebagai objek pintar" (Opened as a smart object). Anda dapat memilih bukan hanya terbuka. Beberapa desainer grafis akan memberitahu anda bahwa pilihan ini lebih baik.

4. Sekarang sebuah jendela akan muncul meminta untuk memilih file yang ingin anda buka di Photoshop. Jadi secara alami, anda akan melakukan navigasi ke folder yang berisi file vektor di dalamnya.

setelah itu, cukup sekali klik pada file vektor dan kemudian klik 'terbuka' (open). File harus memuat ke kanan Photoshop, dan sekarang anda dapat mengedit gambar vektor.

Sekian artikel singkat yang bisa penulis bagikan. Semoga dapat dimengerti dan di lain waktu mungkin penulis akan membagikan tulisan serupa terkait cara membuka file vector dengan photoshop.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "4 Langkah Cara Membuka File Vector Dengan Photoshop"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.