Tips Menulis Artikel Di Blog Untuk Pemula

Jika anda baru memulai atau baru saja terjun ke dunia tulis menulis di internet, mungkin sedikit menakutkan bagi anda yang baru pertama kali menulis artikel di blog yang sudah anda buat. Hal tersebut dapat sangat dimengerti mengapa anda merasa seperti itu. Namun, setelah anda sekali melakukannya saja, hal tersebut akan jauh lebih mudah dan tingkat kepercayaan diri anda akan merangkak naik lebih baik setelah itu.

Tips menulis artikel di blog adalah cara yang sangat efektif. Tak hanya untuk berbagi konten dengan orang lain tetapi juga untuk beberapa diskusi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain dalam lingkaran sosial online. Hal ini sangat penting. Singkatnya, blog anda akan memungkinkan untuk membangun hubungan yang mudah-mudahan dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Baca juga: Cara Menulis Artikel dan Contohnya.
Tips Menulis Artikel Di Blog

Menulis artikel di blog harus bersifat informatif, bukan hanya sekedar promosi. Pola seperti ini akan menyebabkan bisnis anda memiliki peningkatan di pendapatan. Mengapa? Karena seperti yang sudah kita ketahui, bahwa orang lain pada umumnya tidak akan membeli sesuatu dari orang-orang yang tidak mereka kenal sama sekali atau tidak dapat mereka percaya.

Penyebab dan tips menulis artikel di blog

Secara sederhana, tidak peduli berapa banyak pengalaman anda sebagai seorang blogger atau bahkan berapa banyak pengalaman anda sebagai seorang penulis. Anda masih tetap mungkin memiliki sesuatu untuk anda katakan bahwa anda adalah orang yang menarik. Jika anda mengalami kesulitan memulai dengan menulis artikel di blog, beberapa alasan berikut ini mungkin yang mendasari nya.

Memiliki rasa takut dan kurang percaya diri

Jika anda memiliki waktu yang sulit untuk memulai nya, ini mungkin karena anda membiarkan rasa takut yang berlebihan pada langkah awal. Mungkin anda takut gagasan milik anda akan dinilai orang-orang sebagai gagasan yang tidak bermanfaat dan buruk. Inilah persoalan yang sama (umum) bagi para pemula, masalah yang begitu banyak dihadapi oleh para penulis sebelum mereka benar-benar melakukan penulisan.

Jika anda mau mencoba dan segera menulis walaupun hanya satu kalimat saja, sisanya akan datang dengan sendirinya secara lebih mudah dan anda akan segera melihat bahwa ada alasan mengapa anda tidak perlu takut dan khawatir untuk memulai. Ini semacam belajar berjalan. Rasa takut ini perlu anda taklukkan, lalu menempatkan satu kaki di depan kaki yang lain dan anda hanya perlu melanjutkan atau terus berjalan.

Jika anda masih mengalami banyak kesulitan menulis setelah itu, hal tersebut bukanlah ide yang buruk untuk melakukan percobaan. Anda dapat belajar banyak dari penulis artikel di blog lain yang mana mereka sudah dapat mengatasi beberapa rintangan yang ada. Tidak diragukan lagi, mereka dapat menawarkan tips dan trik yang akan membantu anda untuk mengatasi ketakutan itu.

Mencari tahu tentang apa yang ingin anda tulis

Jika kebetulan anda tidak tahu apa yang ingin anda tulis, ada banyak cara yang berbeda dimana anda bisa mendapatkan ide-ide untuk topik blog. Anda dapat mencarinya melalui website untuk melihat apa yang orang lain tulis. Dalam banyak kasus, anda bisa mendapatkan sejumlah besaran ide-ide yang luar biasa dengan mendengarkan atau membaca apa yang orang lain kemukakan.


Pilih topik yang anda kuasai

Jika anda mencoba untuk menulis tentang hal-hal yang anda benar-benar tidak mengerti, pembaca anda akan tahu itu dan mereka tidak dapat terus membaca apa yang anda bagikan (pembaca memiliki naluri). Penulis artikel penting untuk memiliki pengetahuan dasar yang solid sebelum menulis sesuatu. Setelah semua dilakukan, ini adalah bagian penting dari kemampuan anda untuk membangun kredibilitas.

Pada titik akhir dari langkah awal untuk berani tampil dan berani menulis, anda memiliki semua alat yang anda butuhkan untuk kualitas artikel di blog. Orang lain akan menghargai dan akan belajar mendapatkan keuntungan dari pengetahuan yang anda sampaikan. Banyak orang yang merasa lebih mudah menulis setelah mereka dapat menciptakan sebuah kerangka tulisan.

Mereka menulis kata demi kata seperti air yang mengalir. Semua yang penting adalah bahwa anda telah menulis sesuatu yang berharga bagi orang lain dan bahwa anda bangga dengan apa yang telah anda tulis. Hanya ini yang bisa saya bagikan tentang tips menulis artikel di blog untuk pemula, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

6 Responses to "Tips Menulis Artikel Di Blog Untuk Pemula"

  1. Artikelnya cukup menambah wawasan dan memberi pencerahan kepada penulis pemula terutama bagi yg bercita-cita menjadi penulis hebat. Terimakasih dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga untuk bang Ali dan salam kenal kembali bang.

      Delete
  2. Mantap,pas seperti yang lagi dicariin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Josss, selamat belajar menulis artikel sob. Hehe..

      Delete
  3. Bikinin blog yg banyak pengunjungnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu proses bos kalau mau bikin blog banyak pengunjung organik, tapi kalau mau cepat dan praktis, saya saran kan menggunakan layanan Google AdWords. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.