3 Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh Tanpa Aplikasi

3 Cara mengendalikan Android dari jarak jauh tanpa aplikasi atau tanpa software yang akan penulis ulas berikut ini mencakup tentang cara hapus semua data di Android secara permanen dari jarak jauh, menghidupkan alarm Android dari jarak jauh, melacak posisi Android dari jarak jauh dan mengendalikan kunci layar Android dari jarak jauh. Semua bisa anda lakukan menggunakan PC, Laptop, atau pun dengan HP Android lain yang anda miliki secara mudah dan sederhana tentunya.

Anda hanya perlu masuk (login) ke Devicemanager Android. Silakan Anda masuk ke Devicemanager menggunakan email yang terkait atau email yang digunakan di Android. Contoh gambar di bawah ini penulis ambil pada saat HP dalam keadaan tidak aktif (off-line). Saat HP Android non-aktif atau email sudah tidak terkait, maka keterangannya adalah lokasi tidak tersedia.
3 Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh
Tampilan Devicemanager Android
Cara mengendalikan Android dari jarak jauh umumnya digunakan saat HP Android hilang atau mengalami masalah lain seperti lupa kata sandi layar (lock screen), lupa menaruh HP, dan ingin mengembalikan Android ke pengaturan/setelan pabrik dari jarak jauh tanpa menyentuh HP.

Jika anda menginginkan cara yang lebih praktis, anda juga bisa mengunduh aplikasi pengelola perangkat Android milik Google di Google Playstore melalui alamat ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.adm.

3 Cara mengendalikan Android dari jarak jauh yang penulis bagikan ini memang tidak berfungsi saat HP Android dalam keadaan Off-line/Non-aktif. Pola pengendalian hanya dapat berfungsi saat HP Android anda memiliki akses internet, baik melalui Wi-Fi atau pun melalui kuota data.

Mengapa seperti itu? Karena sistem pengelola perangkat Android dari jarak jauh ini hanya mampu menembus perangkat Android menggunakan akses internet.

Tapi tenang, untuk menghapus semua data, menderingkan alarm dan mengunci layar jarak jauh di Android tetap akan berfungsi dengan baik saat HP Android anda mulai diaktifkan dan memiliki akses ke internet dengan kartu SIM (Subscriber Identity Module) atau pun tanpa kartu SIM sekali pun.

Berikut detail rincian dari 3 cara untuk mengendalikan dan mengelola Android dari jarak jauh dengan mudah dan tanpa menggunakan Aplikasi.
  • Hapus semua data Android dari jarak jauh 
  • Hidupkan dering/alarm Android dari jarak jauh 
  • Kunci layar baru/lock screen Android dari jarak jauh

1. Hapus semua data Android dari jarak jauh

Anda dapat menghapus semua file/data di Android dari jarak jauh melalui browser. Sebaiknya gunakan browser Google Crome agar cara ini dapat berfungsi dengan baik. Semua data di Android dapat anda hapus secara permanen dari jarak jauh, tak terkecuali data yang ada pada kartu SD (Secure Digital).

Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh

Proses penghapusan semua data di perangkat Android bersifat permanen. Artinya anda hanya dapat mengembalikan data yang hilang dengan email yang sebelumnya digunakan untuk mencadangkan data. Semua data dapat hilang secara permanen saat Android anda aktif dan memiliki akses internet.

Di bawah ini adalah contoh email pemberitahuan dari Google yang penulis screenshot pada saat penulis melakukan uji coba hapus data di Android secara permanen dari jarak jauh menggunakan HP Android Sony Xperia E4 Dual yang sedang tidak aktif.

Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh

2. Hidupkan dering/alarm Android dari jarak jauh

Anda dapat menghidupkan dering/alarm di Android dari jarak jauh sekali pun HP Android anda hanya di buat getar atau pun nada dering di non-aktifkan. Alarm akan berbunyi sangat keras selama 5 menit dalam posisi aktif dan online.

Jika anda lupa menaruh Android di rumah atau pun di tempat kerja, maka cara menghidupkan alarm Android dari jarak jauh ini adalah pilihan yang tepat agar Android milik anda segera ditemukan.

Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh

Saat HP Android dicuri, anda bisa juga menggunakan cara ini, namun pastikan Anda melacak posisi Android terlebih dahulu, setelah Anda berada di sekitar HP Android yang hilang dicuri, hidupkan dering/alarm Android.

3. Kunci layar baru (lock screen) Android dari jarak jauh

Anda dapat mengunci layar dan membuat kata sandi layar baru di Android dari jarak jauh. Fungsi ini bisa anda manfaatkan saat anda lupa kata sandi layar atau pun anda hanya ingin iseng mengunci Android milik anda sendiri tanpa menyentuh HP.

Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh

Bukan hanya itu, pengendalian jarak jauh pada fitur kunci layar baru (lock screen) ini dapat juga menampilkan pesan dan nomor HP di layar Android dari jarak jauh. Silakan isi kolom bagian pesan pemulihan untuk menampilkan pesan di kunci layar dan isi kolom bagian nomor telepon untuk menampilkan nomor yang bisa langsung dihubungi melalui kunci layar Android.

Nomor HP yang anda sertakan juga dapat langsung di hubungi (calling) oleh pengguna yang memegang Android tersebut. Fungsi ini sangat tepat anda gunakan saat HP Android anda hilang karena jatuh di jalan.

Jika perangkat Android milik anda hilang karena dicuri, sebaiknya langsung saja hapus data secara permanen dari jarak jauh agar data anda tak disalahgunakan.

Penutup

Beberapa cara mengendalikan Android dari jarak jauh tanpa aplikasi tersebut sebaiknya anda gunakan dengan bijak.

Bagi anda yang khawatir mengalami keisengan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan anda sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk masuk ke email. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

15 Responses to "3 Cara Mengendalikan Android Dari Jarak Jauh Tanpa Aplikasi"

  1. Dengan sistem ini, kira-kira bisa gk ya data hp kita dibobol dari jarak jauh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya praktik kan tadi dan untuk praktik culas seperti yang dimaksud mas Wahyu nggak bisa. Orang lain yang punya akses ke email kita untuk pengendalian hanya sebatas mengunci layar dari jarak jauh, menghapus data di perangkat dari jarak jauh dan membuat Android berdering. Selebihnya paling mereka yang punya akses email kita bisa lacak posisi Android dari jarak jauh.

      Delete
  2. bisa bahaya kalau di kontrol jarang jauh di buat suara yang lucu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha dibikin suara om telolet om ya mas. :D

      Delete
  3. dengan adanya device manager dan tentu bantuan internet segalanya bisa lebih mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, memudahkan pengguna. Apalagi buat pemilik HP yang kehilangan tapi lupa memasang kode pengaman, dengan cara tersebut dapat menjaga privasi dan juga memudahkan orang yang menemukan HP untuk mengembalikan perangkat Android yang hilang.

      Delete
  4. Sungguh canggih perangkat zaman sekarang, bisa mengendalikan jarak jauh. Jalan teraman verifikasi 2 langkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bahaya kalau email nggak pakai fitur verifikasi 2 langkah. Biar segala privasi yang terkait dengan email aman, lebih baik diaktifkan verifikasi login 2 langkah.

      Delete
  5. Wah keren banget. Kalo misalnya hp kita di tilang guru kita kontrol aja jarak jauh, biar mampus wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide nya jahil haha.. Bisa kaget kalau di kunci layar jarak jauh atau di bunyikan alarm dari jarak jauh. Dengan catatan, pastikan HP Android yang di sita guru tidak salah kontrol, salah pilih menu hapus data bisa tamat riwayat. :D

      Delete
  6. setelah berhasil mengunci jarak jauh bagaimana cara mengembalikan agar hp normal seperti sediakala, tanpa harus selalu memasukkan kata sandi lagi untuk membuka kuci layar hp??

    ReplyDelete
  7. Setelah berhasil mengunci HP Android jarak jauh, untuk mengembalikan ke semula, sobat hanya perlu mengganti kunci layar dengan kunci yang baru ke kunci layar (kode) awal. Jika sobat tidak tahu kunci layar yang pertama, maka kunci layar pada Android tidak bisa normal seperti biasa. Mengapa? Karena sobat sudah menggantinya dengan kode kunci layar yang baru.

    ReplyDelete
  8. Hape saya kebetulan baru saja jatuh dan diambil org. Setelah saya lacak masi ada aktivitas. Lalu saya pilih kunci trus saya pilih hapus. Nah pertanyaan nya stlh td dipilih hapu brrti kan itu sdh reset permanen. Apakah brrti si yg ambil bisa akses hp kita itu stlh di reset td

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada saat HP di kunci dari Jarak jauh, maka HP akan terkunci, dan tidak akan bisa di buka kecuali dia melakukan Hard Reset atau Flashing mas. Untuk opsi hapus data HP jarak jauh, nanti saat HP di hidupkan pelaku, HP secara otomatis akan restart dan menghapus data sekaligus kembali ke pengaturan pabrik.

      Delete
    2. Catatan: Tindakan jarak jauh tersebut akan bekerja saat HP tersebut dihidupkan dan terhubung ke internet.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.