5 Cara Mengatasi Bisnis Online yang Sedang Sepi Pengunjung

Cara menyiasati dan menghadapi usaha atau bisnis online yang sedang sepi pelanggan menjadi persoalan krusial bagi para pembisnis online. Banyak pelaku bisnis yang tak hanya bekerja di dunia nyata, tapi juga bekerja di internet dan menggantungkan hidup dari internet. Bisnis online memang sangat menjanjikan karena berpeluang besar memiliki potensi terbaiknya di masa mendatang, namun apa daya jika bisnis online anda malah sepi pengunjung, bahkan tak ada satu pun produk atau barang yang berhasil terjual.

Bisnis online yang terus menerus sepi akan membuat pembisnis menjadi frustasi dan akhirnya berhenti dari dunia bisnis online. Penggunaan media internet dan sosial media terkadang masih dirasa kurang begitu maksimal untuk mempromosikan bisnis, hal seperti ini biasa terjadi pada siapa pun juga, baik individu dan kelompok.

Berikut 5 cara agar bisnis yang sepi menjadi ramai atau bisa kita istilahkan sebagai tips dan trik mengatasi bisnis online yang sedang sepi pengunjung.

5 Cara Mengatasi Bisnis Online yang Sedang Sepi Pengunjung
Mengatasi Bisnis Online yang Sepi

1. Gunakan Promosi

Promosi yang tepat, benar dan ter-target tentu saja akan mendatangkan kesuksesan bagi bisnis anda, tetapi kalau anda tidak mengetahui dan memahami pemasaran bisnis online dengan baik maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja.

Promosi bisnis saat ini sudah marak terjadi di internet, para pebisnis bersaing untuk mendapatkan jasa promosi atau penyedia layanan pemasaran online yang paling profesional.

Saya pribadi lebih menyarankan anda untuk menggunakan jasa google adwords. Pemasaran online menggunakan Produk Google AdWords saya rasa lebih maksimal dibandingkan dengan media periklanan lain.

2. Gunakan diskon promosi

Kita sering kali melihat beberapa situs ecommerce yang ada di Indonesia seperti Lazada, Merdeka, Blibli dan lain-lain selalu menggunakan program diskon harga dan promosi. Cara ini masih tergolong ampuh untuk menarik perhatian para calon pembeli (konsumen) di internet. Baca juga: 3 Cara Ampuh pasang iklan Gratis di Internet.

Dengan harga yang sedikit miring dari harga toko atau harga di pasaran, tentu akan lebih menarik perhatian calon pembeli (konsumen). Gunakan diskon harga untuk produk-produk yang tidak terlalu laku dan kurang diminati. Jangan takut rugi, karena cara ini memang membutuhkan sedikit pengorbanan.

3. Update produk

Anda perlu melakukan update produk, karena produk yang itu-itu saja (monoton) akan membuat konsumen merasa bosan tanpa adanya trobosan dan inovasi baru di bisnis online anda. Dengan mengganti tampilan, tema website/blog dan tampilan produk bisnis anda, ini jauh lebih baik! Ubah tampilan blog/website anda dan ganti produk anda dengan produk-produk terbaru.

4. Jangan meremehkan pemasaran offline

Jangan pernah meremehkan pemasaran secara off-line. Pemasaran offline juga sama pentingnya sebagai salah satu cara jitu mengatasi bisnis online yang sedang sepi agar dapat menarik perhatian pelanggan dan calon konsumen. Segera membuka bazar atau mengikuti bazar tertentu untuk mempromosikan bisnis atau produk anda.

Cara tersebut mempunyai peluang sekitar 78% dari beberapa sumber yang saya dapatkan. Lebih baik lagi jika anda menawarkan produk-produk dengan harga murah terlebih dahulu, penyebaran brosur juga sangat efektif untuk perkembangan bisnis online anda. Baca juga: Pemasaran Viral dan Jualan Online yang Lebih Efisien.

5. Amati dan perbaiki

Mengamati serta memperbaiki apa kesalahan dari bisnis yang sedang anda jalankan adalah strategi bisnis online yang tepat dan efektif. letak kesalahan mungkin saja dari segi harga yang anda tawarkan terlalu mahal, segi tampilan yang membosankan, atau mungkin dari segi pelayanan terhadap pelanggan kurang memuaskan. Nah silakan diamati dan segera perbaiki.

Oke, cukup ini dulu informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi bisnis online yang sedang sepi pengunjung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "5 Cara Mengatasi Bisnis Online yang Sedang Sepi Pengunjung"

  1. saya baru memulai usaha toko online setelah sebelumnya putus nyambung blogging... memang online offline sangat berpengaruh. media online bisa digunakan untuk memperluas potensi pembeli. salam kenal mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, media online seperti blog/website dan semacamnya masih sangat ampuh untuk membantu mengembangkan dan mendongkrak bisnis online.

      Kemungkinan, toko online atau bisnis online kedepannya akan marak diminati oleh masyarakat Indonesia dan menjadi lahan baru yang potensial.

      Walaupun bisnis sengaja dibangun utk target pengguna internet, pemilik toko online atau pelaku (internet marketer) tidak serta merta melupakan promosi secara offline, agar bisnis semakin kredibel di mata konsumen.

      Salam kenal kembali dan terima kasih sudah mampir ke blog ini mas. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.