Cara Membuat Susu Pasteurisasi Secara Mudah

Banyak orang, baik itu anak-anak atau pun orang dewasa mengenal susu, mulai dari susu sapi sampai ke susu kambing. Susu adalah sejenis cairan putih yang dihasilkan oleh sapi perah atau kambing perah (kambing ettawa). Susu banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya kebutuhan kalsium yang bermanfaat sebagai pertumbuhan tulang bagi anak-anak dan kesehatan tulang bagi orang dewasa.

Pada umumnya orang Eropa dan Amerika sangat suka mengkonsumsi susu di pagi hari, dikarenakan susu dapat menggantikan karbohidrat dari nasi walaupun energi dalam susu tidak terlalu besar dibandingkan dengan nasi yang kita konsumsi setiap hari.

Energi yang terkandung pada susu yaitu protein dan lemak adalah kedua gizi yang berguna sebagai pengganti karbohidrat. Orang Eropa dan orang Amerika sering meminum susu sembari memakan roti untuk melengkapi nilai gizi dari susu.

Sering kita jumpai produk susu baik di supermarket, mall maupun di toko kelontong, terdapat banyak produk-produk susu dari perusahaan ternama seperti Ultra Milk, Indomilk, Frisian Flag (susu bendera) dan lain-lain.

Banyak konsumen produk susu tak mengetahui langkah-langkah dan cara membuat susu sendiri di rumah, karena konsumen berpikir bahwa membuat susu harus menggunakan teknologi canggih, padahal membuat susu yang baik tetap dapat dilakukan tanpa teknologi.

Kita bisa membuat produk susu, walaupun tidak 100% sama rasanya dengan produk susu buatan pabrik.

Dengan membuat susu sendiri di rumah, anak-anak akan lebih menyukai nya dan anda bisa membuat variasi rasa susu buatan anda sendiri di rumah, entah itu susu rasa pisang, susu rasa pandan dan lain-lain.

Susu pasteurisasi artinya apa sih?

Susu Pasteurisasi adalah susu murni yang di proses sedemikian rupa agar kerusakan susu akibat mikro-organisme perusak (patogen) seperti protozoa, virus, bakteri dan semacamnya dapat mati.

Proses pasteurisasi bukan bertujuan membunuh seluruh mikro-organisme, tetapi mengurangi jumlah organisme sehingga mikro-organisme tidak bisa menyebabkan penyakit, dan susu tetap akan terjaga kualitas nutrisi juga gizi nya.

Susu pasteurisasi melalui proses pemanasan dengan suhu 70 derajat celsius yang berguna untuk membunuh atau mematikan bakteri di dalam susu.

Proses pemanasan tersebut dinamakan Low Temperature Long Time (LTLT). Proses pemanasan ini dikenal secara umum sebagai pemanasan susu dengan suhu rendah dalam waktu yang panjang.

Bukan hanya susu yang dapat di Pasteurisasi. Beberapa produk yang dapat di pasteurisasi adalah sebagai berikut:
  • Madu
  • Telur
  • Anggur
  • Jus buah
  • Makanan kaleng
  • Minuman olah raga
Kita dapat membuat susu pasteurisasi dengan berbagai macam rasa, seperti rasa original atau rasa coklat.

Setelah mengetahui pengertian tentang susu pasteurisasi, kita bisa menyiapkan bahan dan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat susu pasteurisasi.
Cara Membuat Susu Pasteurisasi Untuk Dijual dan Dikonsumsi Sendiri
Susu Murni


Bahan-bahan untuk membuat susu pasteurisasi

  • Susu sapi atau susu kambing segar (bukan susu kaleng atau susu cair produk pabrik) sebanyak 5-6 liter (jika ingin dijual) atau sebanyak 500 ml sampai 1 liter (jika ingin diminum sendiri atau untuk keluarga anda).
  • Siapkan perasa untuk susu pasteurisasi: jahe, gula aren, coklat, atau bisa apa saja sesuai selera.
  • Siapkan gula pasir dan garam.

Alat-alat untuk membuat susu pasteurisasi

  • 2 buah panci stainless steel yaitu 1 buah panci berukuran besar dan 1 buah panci berukuran kecil.
  • Thermometer panjang yang suhunya 100 derajat celsius.
  • Spatula kayu atau bisa disebut sutil kayu.
  • Ember berisi air dingin (digunakan setelah selesai membuat susu pasteurisasi).

Langkah-langkah membuat susu pasteurisasi

  1. Masukkan air ke dalam panci yang berukuran besar dan panaskan air terlebih dahulu.
  2. Tunggu air sampai mengeluarkan sedikit gelembung atau jangan sampai matang (ber-suhu 100 derajat celsius).
  3. Lalu letakkan panci berukuran kecil ke dalam panci besar berisi air yang dipanaskan.
  4. Jika sudah, masukkan susu sapi atau susu kambing ke dalam panci yang berukuran kecil dan tunggu sampai suhu pada susu mencapai 70 derajat celsius.
  5. Sebelum susu mencapai 70 derajat celsius, tambahkan gula sebanyak 10 sendok/5 liter (untuk susu yang akan dijual) atau tambahkan gula secukupnya jika menggunakan susu sebanyak 500ml sampai 1 liter dan tambahkan juga garam secukupnya. Garam berguna untuk bahan pengawet alami! Kemudian di aduk sampai semuanya tercampur.
  6. Jika anda ingin membuat susu pasteurisasi memiliki berbagai macam rasa, maka tambahkan perasa, seperti gula aren, jahe, atau perasa lain yang sesuai dengan selera dan aduk sampai tercampur merata.
  7. Setelah itu ukur suhu pada susu yang dimasak menggunakan thermometer. Apabila suhu pada susu telah mencapai 70 derajat celsius, matikan kompor dan angkat panci kecil menggunakan sarung tangan ke dalam ember yang berisi air dingin untuk mendinginkan susu pasteurisasi.
  8. Jika anda ingin menjual susu pasteurisasi yang anda buat, maka suhu pada susu pasteurisasi harus mencapai 30 derajat celsius agar dapat dimasukkan ke dalam kemasan. Namun, jika anda tak ingin menjualnya, maka anda dapat meminumnya dalam keadaan hangat atau pun bisa disimpan ke dalam kulkas untuk dibagikan ke anggota keluarga.
Bagi yang ingin menjual susu pasteurisasi, siapkan label dan kemasan terlebih dahulu, kemudian beri tanggal kadaluarsa pada label. Untuk tanggal kadaluarsa susu pasteurisasi itu berjarak 7 hari dari tanggal pembuatan.

Kemasan yang dipakai biasanya seperti botol dan gelas plastik. Setelah dingin, susu pasteurisasi dapat dimasukkan ke dalam kemasan dan siap dilakukan pengepakan. Terakhir, anda tinggal masukan ke dalam kulkas.

Demikian cara mudah untuk membuat susu pasteurisasi rumahan tanpa menggunakan teknologi canggih, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

6 Responses to "Cara Membuat Susu Pasteurisasi Secara Mudah"

  1. Kebanyakan orang emang suka susu mas, apalagi susu segar yang ada di pinggir jalan :D diminum pas hujan mantap itu
    Apalagi para cowok, pasti seneng banget wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang dimaksud susu apa nih? Susu murni segar alami ya? Hehe..

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat belajar membuat susu sendiri di rumah. Hehe..

      Delete
  3. Nice artikel, gaya penulisan enak di baca. Ijin belajar ngeblog guru sy serap ilmunya dr sini

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.