Mengapa Amerika Serikat Menjadi Negara Maju?

Apa sih penyebab Negara Amerika Serikat lebih cepat berkembang dan maju dibandingkan dengan negara lain? Berikut informasi dari berbagai sumber yang akan saya bagikan khusus untuk pembaca setia Blog Nino Artikel. Negara adikuasa (adidaya) Amerika Serikat memiliki pondasi yang cukup kuat di 2 sektor, yakni di sektor Ekonomi dan Industri.

Mengapa Amerika Serikat Menjadi Negara Maju?

1. Perindustrian di Amerika Serikat

Negara Paman Sam atau yang lebih dikenal sebagai Amerika Serikat memiliki perindustrian yang tergolong maju. Beberapa hal yang membuat negara Amerika Serikat memiliki basis pertahanan baik di sektor perindustrian adalah terbentuknya industri pertanian besar di Waterloo, tekstil di California dan Georgia, baja di Chicago, Buffalo, Detroit, Pittsburgh, Erie dan Cleveland.

Selain itu ada juga industri Film di Los Angeles, pengemasan daging di Kansas, pesawat terbang di Los Angeles, Michigan, New York, New Jersey dan Seatle.

Yang tak kalah penting adalah industri tepung di New York, Chicago, St Paul dan Mineapolis. Kesemuanya di kelola dengan disiplin ilmu yang baik dan profesional tentunya.

2. Pertanian di Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki kekuatan di sektor Pertanian. Pada umumnya Negara Amerika Serikat sudah dibekali dengan peralatan modern (canggih). Beberapa hasil pertanian di Amerika Serikat seperti:
  • Padi
  • Kentang
  • Buah-buahan
  • Jagung
  • Gandum
  • Kapas
  • Tembakau
Hasil pertanian di Amerika Serikat cukup menguntungkan dan memberikan pendapatan besar bagi negara Amerika Serikat. Apa sajakah yang membuat Amerika Serikat maju pesat sebenarnya? Ternyata Amerika Serikat (AS) memiliki 2 (dua) daftar sistem kerja berikut ini:
  1. Sistem kerja monokultur, yaitu pola kerja menanam satu jenis saja.
  2. Sistem kerja mekanisasi atau dengan kata lain mengandalkan sistem kerja yang melibatkan mesin.
Misalnya saja di dataran Missipi Amerika Serikat, mereka memiliki hasil pertanian Gandum, sedangkan Jagung banyak dihasilkan di daerah Utara. Nah uniknya, jagung lebih di prioritaskan di Amerika Serikat.

Jagung dapat menghasilkan banyak keuntungan dibandingkan dengan Gandum, oleh sebab itu pemerintah Amerika Serikat menjadikan Jagung sebagai sektor pertanian unggulan.

Negara Amerika Serikat juga memiliki usaha di wilayah Teluk Meksiko yang terkenal dengan istilah kawasan Cotton Belt.

Daerah (kawasan) Cotton Belt penghasil Kapas tersebut meliputi Charleston, New Orleans dan Calveston, sedangkan di daerah Carolina, Kentucky dan Virginia, mereka memiliki basis pertanian tembakau.

Daerah penghasil tembakau tersebut dijuluki sebagai Daerah (wilayah/kawasan) Tobacco Belt. Bukan itu saja, Amerika Serikat memiliki pusat pasar tembakau berskala besar yang berada di tepi Sungai Missipi dengan nama Louiseville.

Bagaimana dengan Indonesia, apakah anda optimis Indonesia akan berkembang dengan cepat dan segera menjadi negara maju? Silakan tulis opini anda di komentar. Terima kasih.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Mengapa Amerika Serikat Menjadi Negara Maju?"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.