TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia

Jika anda memiliki hobi traveling dan bingung untuk memilih tempat wisata, 11 kawasan ini sepertinya sayang untuk dilewatkan dari daftar liburan anda, karena tiap negara di kawasan asia ini memiliki keunikan di tiap-tiap objek wisata nya.

Tahukah anda, baru-baru ini Vouchercloud, sebuah situs wisata asal Inggris menyusun peta mengenai destinasi wisata terbaik di tiap negara di dunia berdasarkan pada rating TripAdvisor.

Apakah anda setuju jika 11 tempat wisata berikut ini masuk dalam jajaran destinasi wisata terbaik dan terkenal di belahan dunia bagian asia versi TripAdvisor?! Berikut 11 daftar lokasi wisata paling bagus di belahan dunia bagian asia tenggara.

1. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay adalah kebun raya seluas 101 hektar di Singapura yang terdiri atas tiga taman besar, yakni Bay Central Garden seluas 15 hektar, Bay South Garden seluas 32 hektar, dan Bay East Garden seluas 54 hektar.

Kebun raya yang diresmikan pada tahun 2011 ini selain menjadi tempat tujuan wisata, juga menjadi pusat konservasi dan edukasi mengenai tanaman-tanaman dari seluruh dunia.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Gardens By The Bay di Singapura (Foto oleh Doug Wallace)
Semenjak pertama dibuka, kebun raya ini menjadi sangat populer di kalangan turis mancanegara, terbukti dengan terpilih nya tempat ini sebagai Most Reviewed Attraction in Singapore berdasarkan rating TripAdvisor pada tahun 2014, dan juga di tahun yang sama dalam Top 3 Most Checked-into Places in Singapore oleh Facebook.

2. Menara Kembar Petronas

Landmark kebanggaan Warga Malaysia ini ternyata menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara. Menara yang diresmikan pada tahun 1996 ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia dengan tinggi 452 m, diukur dari lantai pintu masuk hingga ke puncak menara.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Menara Kembar Petronas di Malaysia (Foto oleh Make My Trip)
Namun pada tahun 2004, menara kembar petronas kalah tinggi dengan menara Taipei 101 yang memecahkan rekor pencakar langit tertinggi di dunia.

Dengan tinggi 509 meter menara 88 lantai ini selain menjadi destinasi wisata, juga menjadi pusat bisnis bagi perusahaan-perusaahan besar di dunia.

Beberapa perusahaan besar sebut saja Bloomberg, Al-Jazeera, Microsoft, Shell, dan Reuters yang kesemuanya memiliki kantor di menara tersebut.

3. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Masjid Agung yang terletak di Ibukota Negara Brunei Darussalam ini dibangun dalam rangka memperingati 25 tahun Sultan Hassanal Bolkiah yang berkuasa di negara tersebut.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Masjid Jame'Asr Hassanil Bolkiah di Brunei  (Foto oleh Wikimapia)
Masjid bergaya islamik modern ini memiliki 29 kubah emas yang menghiasi kubah utama dan menara masjid. Selain itu, di sekeliling masjid ini juga terdapat taman-taman indah bergaya arsitektur islam.

Masjid terbesar di Brunei Darussalam tersebut mampu menampung sekitar 4500 jamaah di dalamnya.

4. Kota Kuno Hoi An

Hoi An adalah kota dagang di Provinsi Quang Nam Vietnam yang digadang-gadang sebagai salah satu contoh kota dagang kuno yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Tak heran pada tahun 1999, UNESCO mendeklarasikan kedalam World Herritage Site.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Kota Kuno Hoi An di Vietnam (Foto oleh Azamara Cruise Club)
Sejak abad ke 18, Hoi An telah menjadi destinasi bagi para pedagang Jepang dan Tiongkok dan disebut-sebut sebagai kota dagang terbaik di penjuru Asia.

Kini, Hoi An memiliki empat museum, pusat pertokoan, dan pusat nightlife yang tidak hanya menarik para Pedagang Asia, namun juga wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

5. Angkor Wat

Kompleks candi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk anda. Angkor Wat berdiri diatas tanah seluas 162,6 hektar yang dikelilingi oleh parit sepanjang 3,6 kilometer. Angkor Wat adalah simbol kebanggaan Negara Kamboja dimana candi ini dapat kita lihat pada Bendera Nasional Kamboja.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Angkor Wat di Kamboja (Foto oleh Sippakorn)
Situs Warisan Dunia UNESCO ini dipercaya mulai dibangun pada masa Suryavarman II yang berkuasa pada 1113-1150 Masehi. Awalnya candi ini ditujukan untuk memuja Dewa Wishnu, namun pada akhir abad ke-12, perlahan candi ini digunakan oleh pemeluk Agama Buddha seiring dengan menyebar nya agama tersebut di Kamboja.

Saat ASEAN Tourism Forum 2012, Angkor Wat dan Borobudur disetujui menjadi situs wisata bersaudara (sister sites), dan provinsi pemilik keduanya, Siam Reap dan Jawa Tengah menjadi provinsi bersaudara (sister province).

6. Air Terjun Kuang Si

Air Terjun Kuang Si terletak sekitar 29 kilometer sebelah selatan kota Luang Prabang, Laos. Air terjun ini memiliki tiga tingkat pada aliran utamanya, dengan tinggi sekitar 60 meter. Situs ini memiliki beberapa kolam dangkal dengan air berwarna biru muda yang tersusun berundak-undak menuju kolam utama tepat dibawah air terjun tersebut.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Air Terjun Kuang Si di Laos (Foto oleh Explore Laos)
Pemandangan bebatuan kapur yang putih menyatu dengan hijau nya hutan dan biru nya aliran air membuat situs ini menjadi destinasi wisata populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Selain air terjunnya, di lokasi ini juga terdapat pusat konservasi Beruang Hitam Asia yang keberadaannya mulai terancam karena perburuan
liar.

7. Temple of the Reclining Buddha

Situs yang lebih dikenal dengan nama Wat Pho ini adalah kompleks Kuil Buddha yang berada di Distrik Phra Nakhon, Bangkok. Situs ini memiliki nama resmi Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Temple of the Reclining Buddha (Foto oleh EarthXplorer)
Situs ini juga memiliki koleksi terbesar figur Buddha di seluruh Thailand, dimana yang paling terkenal adalah Patung Buddha sepanjang 46 meter yang dibangun pada 1832.

Selain itu, situs ini menjadi pusat kegiatan Agama Buddha dan dipercaya sebagai salah satu tempat perguruan tertua di Thailand.

8. Bagan

Bagan adalah kota kuno sekaligus pusat pemerintahan Kerajaan Pagan yang berkuasa dari abad ke-9 hingga abad ke-13. Di kota ini terdapat sekitar 2.200 kuil dan pagoda yang tersisa hingga saat ini. Diperkirakan, pada masa kejayaannya, kota ini memiliki sekitar 10.000 kuil dan pagoda yang dapat diketahui dari sisa reruntuhan di sekitar kota tersebut.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Bagan di Myanmar (Foto oleh The History Hub)
Kota yang juga menjadi museum terbuka ini dulunya menjadi pusat peradaban yang maju di kawasan Asia Tenggara, dimana kota ini mampu menarik pendeta dan pelajar dari India, Sri Lanka dan Kerajaan Khmer untuk menimba ilmu di kota ini.

9. Danau Kayangan

Danau yang berada di Pulau Coron di Kepulauan Palawan ini disebut-sebut sebagai danau ter-bersih di Asia. Danau yang dikelilingi oleh perbukitan kapur dan hutan mangrove ini menjadi destinasi terbaik untuk melakukan olahraga air, seperti berenang, mendayung kayak, snorkeling atau pun menyelam.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Danau Kayangan di Filipina (Foto oleh Gets Ready)
Pulau Coron sendiri termasuk di dalam Forbes Traveler Magazine’s top-10 best scuba diving sites in the world karena keberadaan beberapa kapal perang dunia kedua yang karam disekeliling pulau tersebut.

10. Cristo Rei

Cristo Rei atau yang lebih dikenal dengan “Kristus Raja Dili” adalah sebuah patung Yesus Kristus yang berdiri di atas sebuah bola bumi. Patung ini berada di atas bukit Tanjung Fatucama, timur kota Dili. Sejarah patung ini adalah pemberian Presiden Soeharto kepada Timor Timur untuk memperingati 20 tahun bergabung nya Timor Timur ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Cristo Rei di Timor Leste (Foto oleh Mellem)
Patung setinggi 27 meter ini juga melambangkan Timor Timur sebagai provinsi ke 27 NKRI pada saat itu, sebelum memisahkan diri sebagai Negara Timor Leste pada tahun 1999.

Destinasi favorit wisatawan di Kota Dili ini merupakan salah satu dari empat Patung Yesus Kristus dengan tinggi lebih dari 20 meter yang ada di Asia Tenggara, dimana dua patung lain setinggi 30 meter berada di Manado, Papua Barat, Indonesia, dan satu patung setinggi 32 meter berada di Vietnam.

11. Waterbom Bali

Waterbom Bali menjadi destinasi wisata dengan rating tertinggi mengalahkan objek wisata lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Taman air terbaik di Asia dan terbaik kedua di dunia menurut TripAdvisor ini terletak di kawasan Kuta, Bali yang terkenal padat dengan wisatawan mancanegara.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Waterbom Bali di Indonesia (Foto oleh WhiteWater West)
Tempat wisata keluarga yang memadukan keasrian alam dengan keseruan wahana permainan ini sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara dan bahkan mengalahkan objek wisata lain yang ada di Pulau Dewata.

Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya rating dan jumlah review TripAdvisor pada tempat wisata ini dengan jumlah 9.669 review, jauh meninggalkan kawasan Pantai Nusa Dua dengan jumlah review sebanyak 3.672 review saat artikel ini diterbitkan.

Berikut adalah peta destinasi wisata terbaik di kawasan Asia Tenggara
berdasarkan rating TripAdvisor.
TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia?
Berikut adalah keseluruhan dari peta tersebut jika anda masih ingin
tahu.
Bagaimana, menarik sekali untuk dikunjungi bukan? Semoga bermanfaat dan selamat merencanakan berwisata keliling asia tenggara. 😎

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "TripAdvisor Sebut 11 Destinasi Wisata Terbaik di Asia"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.