18 Tempat Wisata Terbaik dan Bagus di Mojokerto

Siapa yang tak tahu Mojokerto, di Jawa Timur. Kalau pembaca pernah ke Mojokerto, kemungkinan besar akan menemukan banyak cafe tersebar di daerah tersebut. Selain itu Mojokerto memiliki beberapa daftar tempat/lokasi terbaik dan bagus yang tak kalah dengan tempat/lokasi wisata di daerah lain. Berikut saya rangkum menjadi 18 daftar tempat wisata terbaik dan bagus di daerah Mojokerto.
Tempat Wisata Terbaik dan Bagus di Mojokerto
18 Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Bagus di Mojokerto
1. Museum balai pelestarian purbakala. Sesuai namanya, tempat ini merupakan sebuah balai pelestarian berbagai macam peninggalan barang-barang zaman purbakala. Berlokasi di Jalan Mojopahit, No. 141-143, Trowulan, Mojokerto.

Di museum tersebut pengunjung bisa melihat candi upas dan candi kedaton yang lokasinya berada di Kedaton, Dusun Sentonorejo, kecamatan Trowulan. Tapi jika mau ke tempat ini, pengunjung harus membuat surat pernyataan agar diperbolehkan masuk.

2. Candi bajang ratu. Konon, pada zaman majapahit, candi bajang ratu memiliki gerbang menuju tempat suci, yaitu tempat kremasi jasad bayi para Ratu. Kalau para wisatawan ingin tahu lebih banyak tentang sejarah candi bajang, mereka menyediakan pemandu wisata yang akan menceritakan tentang sejarah pembuatan candi tersebut.

Candi banjang berlokasi di Desa Temon Kecamatan Trowulan, candi ini berhias kan dengan tanaman rumput yang dipotong rapi dan tentu menambah kesan asri dan sejuk. Tempat/lokasi candi bajang ratu ini bisa dijadikan objek foto yang menarik untuk sekedar menghias profil media sosial para pengunjung.

3. Makam troloyo. Makam troloyo telah menjadi icon wisata bersejarah yang paling banyak dikunjungi, baik wisatawan religi maupun yang sekedar ingin melihat makam-makam para raja yang pernah berkuasa di mojokerto. Makam ini berlokasi di kecamatan Trowulan, lebih tepatnya di wilayah Sentonorejo.

4. Candi brahu. Candi brahu biasa dikunjungi oleh pelajar maupun mahasiswa. Konon candi brahu ini digunakan sebagai lokasi/tempat kremasi mayat raja-raja yang beragama Hindu. Candi brahu berlokasi di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan.

5. Candi tikus. Candi tikus letaknya masih satu desa dengan Candi Bajang Ratu. Seperti namanya, candi tikus ini di dalamnya berisi ribuan tikus. Candi tikus ini wajib dikunjungi, karena candi ini sangat unik. Candi tikus akan terlihat menjulang ke atas, padahal sebenarnya candi tikus menjorok ke dalam.

6. Candi wringin lawang. Candi wringin lawang berlokasi di kecamatan Trowulan desa Jati pasar. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang berkunjung bersama orang terkasih seperti keluarga, sahabat atau teman.

Menurut sebagian besar wisatawan, Candi Bajang Ratu jauh lebih baik ketimbang Candi Wringin Lawang, karena Candi Bajang Ratu memiliki banyak pepohonan yang bisa disinggahi untuk berlindung dari terik sinar matahari.

7. Kolam segaran. Konon katanya kolam segeran ini dikhususkan untuk Raja, Ratu maupun kerabat Keraton. Kolam segeran dianggap sebagai kolam kuno terbesar di Indonesia. Sayangnya, pengunjung dilarang untuk berenang di kolam segeran.

Pengunjung dilarang untuk mandi atau berenang di kolam segeran karena menurut kepercayaan orang-orang di sekitar kolam tersebut, yang boleh berenang/mandi di kolam segeran adalah kalangan dari bangsawan.

Kolam segeran berlokasi di Kecamatan Trowulan. Sebagai pengingat bagi calon wisatawan, di depannya itu ada yang berjualan makanan khas sambel wader.

8. Mahavihara majapahit patung budha tidur. Mahavihara majapahit tersebut adalah Obyek wisata yang cukup unik, bagus dan menarik. Karena di tempat wisata ini pengunjung bisa melihat patung budha dalam posisi tidur.

Patung budha tidur yang mempunyai warna emas serta ukurannya yang cukup besar menjadikan patung tersebut sebagai patung besar ke 3 di dunia. Lokasi mahavihara majapahit masih satu desa dengan Candi Brahu.

9. Pendopo agung. Pendopo agung sudah menjadi icon wisata di Mojokerto. Rasanya kurang lengkap kalau ada wisatawan tidak ke lokasi ini. Pendopo agung memiliki bentuk atap seperti rumah Joglo, sangat selaras dengan kebudayaan asli dari Jawa Timur.

10. Museum trowulan. Museum ini berlokasi di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Museum trowulan mempunyai banyak koleksi benda peninggalan kerajaan Majapahit. Bukan hanya benda peninggalan Majapahit saja, di tempat ini juga ada benda-benda peninggalan dari zaman kerajaan Kediri, Kahuripan, dan kerajaan Singasari.

11. Air terjun coban canggu. Air terjun Coban Canggu sepertinya sangat cocok sekali bagi pekerja lembur, mahasiswa yang lagi dikejar deadline skripsi, dan pelajar yang baru saja menghadapi ulangan-ulangan di sekolah. Suhu nya amat sejuk, tapi jika menjelang petang, itu luar biasa dingin nya.

Air terjun yang dikelilingi oleh batu berlumut dan pepohonan yang tinggi ini berlokasi di Kecamatan pacet. Selain itu, jika ingin bermalam atau beberapa malam singgah, di sana wisatawan bisa menempati Villa atau pun penginapan (conttage).

12. Air terjun dlundung. Air terjun dlundung berlokasi di Desa Kemloko kecamatan Trawas. Ini nih tempat wisata alam yang paling diminati karena air terjun dan udaranya sejuk sekali seperti di pegunungan. Tempat wisata air terjun dlundung di Mojokerto dengan nuansa ala pegunungan itu yang menjadikan tempat ini sangat diminati para wisatawan.

13. Candi jalatunda. Candi jalatunda masih satu lokasi dengan air terjun Dlundung tadi, tepatnya di Desa Seloliman. Candi jalatunda terkenal masih asli atau belum ada perubahan. Jika candi di Trowulan memakai batu bata, candi Jalatunda ini justru memakai batu alam. Jadi kebayang kan bentuknya seperti apa?!

14. Pacet mini park. Wisata pacet mini park tentu tak kalah memukau dengan Jatim Park. Bedanya, di Jatim Park ada museum nya, sedangkan di lokasi pacet mini park hanya tersedia wisata air saja. Cocok sekali untuk liburan bersama keluarga. Pacet mini park berlokasi di Jl. Warugunung Mojokerto.

15. Api abadi. Api abadi merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Konon tempat yang menjadi tempat wisata ini digunakan untuk membuat peralatan kerajaan seperti senjata. Lokasi api abadi berada di Dusun Tempuran, Kecamatan sooko. Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata api abadi adalah saat malam hari.

16. Reco lanang. Reco lanang merupakan patung Budha yang membentuk posisi Aksobdya (duduk bersila), mirip sekali dengan Arca Borobudur. Reco lanang ini berlokasi di desa Reco Lawang.

17. Gunung Penanggungan. Gunung ini ternyata memiliki cerita mistis. Konon, warga penduduk di daerah Gunung penanggungan pernah bercerita, bahwa setiap malam mereka sering mendengar suara ramai seperti pasar yang berasal dari lereng gunung penanggungan.

18. Pemandian air panas padusan. Pemandian air panas padusan sudah menjadi icon wisata daerah Pacet dan Trawas. Pemandian air panas yang berada di desa Padusan ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai media pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bagaimana, cukup banyak bukan?! Itulah 18 daftar tempat-tempat wisata terbaik dan bagus yang berada di daerah Mojokerto. Selamat menyusun rencana untuk melakukan liburan dan semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "18 Tempat Wisata Terbaik dan Bagus di Mojokerto"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.