Ponsel Jadul Nokia 3310 Lahir Kembali di MWC

MWC adalah Mobile World Congress. MWC di tahun 2017 ini telah sukses digelar di Barcelona, Spanyol pada tanggal 27 Februari hingga 2 Maret. Banyak para vendor dari produk telekomunikasi memamerkan karya-karya terbaru dan inovatif mereka. Silakan baca juga posting sebelumnya mengenai 4 Smartphone dengan keunggulan Fotografi di ajang MWC.

Beberapa perangkat telekomunikasi mendapat perhatian banyak pasang mata yaitu Oppo, Sony, LG, ZTE, dan Huawei yang menampilkan keunggulan masing-masing di berbagai sektor, baik itu dari segi tampilan, sektor fotografi, maupun dari kecanggihan fitur dan teknologi dari tiap-tiap produk smartphone yang diusung.

Di balik kecanggihan yang diperlihatkan oleh banyak perusahaan yang tampil di ajang MWC 2017 tersebut, terdapat satu produk yang berhasil membawa para pengguna ponsel kembali bernostalgia ke zaman dulu.

Perusahaan yang cukup menarik perhatian tersebut tak lain adalah Nokia dengan produk ponsel sejuta umat yaitu Nokia tipe 3310.

Nokia 3310 lahir kembali dan lebih modern

Mungkin kita masih ingat pada beberapa dekade lalu, di mana ponsel jadul identik dengan bodi tebal. Salah satu vendor yang sangat berjaya di masa lalu dengan produk telepon seluler nya adalah Nokia.

Di tahun ini Nokia ikut berpartisipasi di ajang MWC 2017 di Barcelona, Spanyol. Nokia membawa tiga perangkat Android yaitu seri Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, dan satu produk Nokia yang menampilkan daur ulang dari telepon seluler tipe 3310.

Ponsel 3310 ini pernah mendapat predikat penjualan terbaik di masanya. Kini Nokia 3310 hadir dengan sedikit perbedaan dibanding produk terdahulu nya sekitar 17 tahun silam.

Nokia 3310 terbaru sudah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, kemudian ditambahkan pula dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 2 megapiksel LED flash.

Pada telepon seluler yang diperbaharui ini, Nokia juga menyediakan ROM 16 megabyte dan dapat ditambahkan dengan slot MicroSD hingga 32 GB. Telepon seluler ini dapat menjalankan sistem operasi Nokia Series 30+ dan Opera browser.

Pengisian baterai juga telah menggunakan port USB. Meskipun terdapat beberapa fitur baru yang ditambahkan pada Nokia 3310, pihak perusahaan tetap mempertahankan game jadul Snake. Selain itu, jika dilihat dari segi tampilan, desain masih sama, terlihat klasik dengan keypad candybar, tetapi dibuat lebih menarik dan lebih modern.
Ponsel Jadul Nokia 3310 Lahir Kembali di MWC
Nokia 3310 (Sumber: Nokia)
Ponsel ini memang tidak dilengkapi perangkat touchscreen, tidak seperti telepon pintar masa kini. Keunggulan Nokia 3310 terletak pada daya baterai yang mampu bertahan hingga satu bulan lamanya, mengingat baterai Nokia 3310 untuk penggunaan aktif memiliki ketersediaan hingga 22 jam nonstop.

Nokia 3310 dianggap Gadget yang sesuai untuk kalangan orang-orang dewasa. Pada umumnya, orang dewasa atau yang lebih berumur merasa kurang nyaman menggunakan ponsel masa kini yang kebanyakan memiliki perangkat touchscreen.

Para orang tua tidak memerlukan aplikasi tambahan yang terlalu rumit, fungsi telepon dan pesan singkat saja sudah cukup bagi mereka.

Nokia 3310 yang lebih modern ini dapat dimanfaatkan pula oleh mereka yang memiliki mobilitas tinggi, yang tidak sempat mengisi baterai, karena ponsel ini dapat bertahan hingga berminggu-minggu tanpa isi ulang daya baterai.

Selain Nokia yang berusaha membangkitkan kembali produk lamanya, ada juga BlackBerry yang sama-sama berusaha bangkit di tengah persaingan sengit di kelas Smartphone Android. Dulu BlackBerry sempat berjaya dengan ciri khasnya.

Meskipun tidak begitu menampilkan produk jadul atau kuno seperti layaknya Nokia, BlackBerry menampilkan produk Blackberry KEYone, yang menggabungkan antara Keyboard klasik QWERTY dan Touchscreen.
Ponsel Jadul Nokia 3310 Lahir Kembali di MWC
BlackBerry KEYone (Sumber: BlackBerry KEYone)
Tampilan ponsel BlackBerry KEYone tampak lebih modern dan elegan dibanding pendahulunya. Selain itu, BlackBerry hadir dengan menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Baca juga mengenai Review fitur Android 7.0 Nougat Terbaru.

Ponsel tersebut memiliki layar IPS LCD scratch resistant berukuran 4.5 inci dengan resolusi 1620 x 1080 piksel, ditambah chipset Qualcom Snapdragon 625, RAM 3 GB, ROM 32 GB yang dapat pula ditambah dengan memori eksternal.

Blackberry KEYone juga dilengkapi dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX378. Kamera BlackBerrry ini mampu merekam video berkualitas 4K dan pada bagian depannya memiliki resolusi 8 megapiksel.

Yang menarik, baterai pada ponsel BlackBerry KEYone ini yang memiliki daya 3,505 mAh, dilengkapi fitur Quick Change 3.0 dan ini artinya mampu mengisi daya baterai sebesar 50 persen hanya dalam waktu 36 menit.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

4 Responses to "Ponsel Jadul Nokia 3310 Lahir Kembali di MWC"

  1. Sampai sekarang saya masih punya model ini mas, layarnya kuning, sering tak pakai buat main Snake II :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Awet kan baterai nya walaupun udah agak soak. HP Nokia jadul sudah diperbaharui tuh, kya nya mas Ijup perlu beli HP Jadul 3310 versi daur ulang nya nih. Hehe..

      Delete
  2. Saya ada 5 hp nokia jadul ini ternasuk 3315

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana daya tahan baterai di HP judul nya? Awet pastinya kan. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.