6 Jenis Peluang Usaha Dengan Modal Rp 20 Juta

Membangun dan mengembangkan usaha atau bisnis bukan di ukur dari banyaknya modal yang disediakan. Jenis bisnis yang di usahakan mampu menghasilkan pendapatan (omset) jutaan bahkan puluhan juta per bulan memiliki strategi yang kompleks. Membuka usaha bukan melulu soal modal, sebab ada beberapa faktor penentu yang dapat mempengaruhi berhasil tidaknya bisnis anda.

Berdasarkan pengalaman dari beberapa orang yang lebih dulu sukses, mereka berbagi pesan tentang bagaimana target konsumen, strategi bisnis berdasarkan demografi usia dan sebagai nya. Nah berikut pesan yang saya rangkum menjadi 6 jenis peluang usaha dengan modal uang 20 juta.
Peluang Usaha Dengan Modal 20 Jutaan
Peluang Usaha Dengan Modal 20 Jutaan

1. Peluang usaha playstation

Membuka dan membangun usaha playstation dengan modal sekitar 20 jutaan sepertinya sudah cukup baik. Ada dua strategi yang bisa anda lakukan dengan jenis usaha ini, pertama membuka usaha playstation di rumah dan yang kedua menerima rental atau penyewaaan playstation.

Kelebihan bisnis playstation ini memiliki jangkauan konsumen yang luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pertimbangkan dengan matang terkait peraturan bagi anak-anak, sehingga bisnis anda bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kritik dari orang-orang disekitar lokasi usaha anda.

2. Peluang usaha warnet

Peluang bisnis atau usaha warnet masih menjanjikan, dengan catatan usaha jenis ini dikelola di lokasi dengan target konsumen yang tepat. Usaha warnet peminatnya saat ini bukan hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa juga sering berkunjung walau pun sudah memiliki HP yang bisa digunakan untuk internetan.

Kebutuhan warung internet (warnet) saat ini dijadikan media belajar oleh orang-orang. Lokasi yang srategis adalah faktor penting di bisnis ini. Sebaiknya buka usaha warnet di lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau kampus.

Catatan: Lokasi yang lebih strategis dan dengan modal Rp 20 jutaan saya rasa sudah cukup potensial.

3. Peluang usaha konter pulsa

Kebutuhan pulsa saat ini cukup tinggi permintaan nya, karena pulsa digunakan oleh orang-orang untuk berkomunikasi setiap hari, misalnya digunakan untuk menelpon dan SMS. Selain kegiatan telpon dan SMS, pulsa juga digunakan untuk membeli paket data internet.

Kebutuhan pulsa di kalangan anak remaja sangat tinggi dibandingkan dengan kebutuhan pulsa bagi orang dewasa. Startegi untuk jenis usaha konter pulsa ini sangat umum dan mudah dijalankan oleh orang lain, sehingga untuk persaingan usaha ini lumayan tinggi.

Catatan: Sebaiknya mencari tempat atau lokasi yang strategis, agar persaingan yang ada tak begitu mempengaruhi perkembangan usaha konter pulsa milik anda.

4. Peluang usaha bengkel motor

Di Indonesia kebutuhan kendaraan bermotor roda dua sangatlah tinggi, tak heran jika banyak sekali orang-orang membutuhkan bengkel motor sebagai tempat service. Peluang usaha jenis bengkel motor ini juga cukup menjanjikan, terlebih jika dalam satu lokasi hanya anda yang mempunyai keahlian sebagai mekanik motor.

Beli alat dan perlengkapan kunci motor untuk service sepertinya dengan modal usaha Rp 20 jutaan sudah cukup, sisanya bisa anda gunakan untuk membeli spare parts. Sebaiknya beli spare parts atau suku cadang motor yang sudah terkenal saja, seperti spare parts motor Honda dan Yamaha.

5. Peluang usaha rental motor

Bisnis atau usaha rental motor memang bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi banyak orang yang merasa takut menjalankan jenis bisnis ini karena berbagai macam alasan yang cukup kompleks. Coba pelajari sistem kerja rental mobil di daerah anda.

Anda bisa melakukan modifikasi sistem kerja rental mobil agar jenis usaha rental motor anda nantinya bisa berjalan dengan baik tanpa rasa ragu. Jangan lupa, tentukan juga lokasi dan target konsumen anda.

6. Peluang usaha membuka warung makan

Saat ini kebutuhan kuliner di Indonesia cukup tinggi, terlebih untuk jenis kuliner yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Peluang usaha dengan modal 20 juta, sepertinya cukup menjanjikan. Strategi nya tak jauh berbeda dengan jenis usaha lain yang sudah saya sampaikan di beberapa poin sebelumnya.

Kesimpulan

Ada banyak jenis peluang usaha atau bisnis potensial yang bisa dibangun dan dikembangkan dengan modal Rp 20 jutaan. Namun, pikirkan juga lokasi dan target konsumen di daerah anda secara matang. Selamat membangun dan mengembangkan bisnis.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

5 Responses to "6 Jenis Peluang Usaha Dengan Modal Rp 20 Juta"

  1. Konter pulsa menurut saya bisnis paling aman cuma jangan pulsa saja jual juga aksesoris HP,memori,modem atau bahkan jual hp sekalian plus service.Warnet bea operasionalnya tinggi khususnya listrik warung makan resikonya gede karena barangnya tidak tahan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah paham sekali mas Dwi tentang beberapa macam bisnis tersebut. Soal nya sebelum artikel ini saya terbitkan, saya melakukan diskusi dan tanya jawab kecil-kecilan, atau dengan kata lain saya mengorek dan menggali informasi dari para pelaku bisnis yang mas Dwi sebut itu, memang banyak yang mengatakan apa yang mas Dwi katakan. Tidak semua memang, tapi kebanyakan ngomong nya gitu sih.

      Prediksi yang paling mendekati tepat terkait usaha warnet, karena kebetulan dulu saya juga sempat "hidup" di warnet, dengan kata lain, saya sering dengar curhatan subjektif salah satu tukang warnet. Karena hanya salah satu dari sekian banyak opini tukang warnet, makanya saya sebut sebagai curhatan subjektif. Hehe..

      Delete
    2. Memang bisnis kuliner menurut saya yang paling menjanjikan, krn semua orang butuh makan.

      lihat saja bakso, berapa banyak penjual bakso di kota anda, tetap saja ada yang beli kecuali kalau baksonya 'awut-awutan'.

      tapi memang bisnis-kuliner menyita tenaga dan waktu, bisa dikatakan jam kerjanya hampir 26 jam, apalagi yang ‘niche penyetan’. kalau tidak bisa memanage nya bisa-bisa KO duluan. Kecuali kalau target keuntungan hanya 100rb/hr atau sebatas UMR biar kaya’ pegawai kantoran mungkin tidak perlu terlalu ‘ngoyo’.

      Misalnya bakso, aktifitas sehari-harinya mulai pagi buta belanja bahan ke pasar trus mulai masak, terus misalnya mulai buka jam 10 untuk memfasilitasi pelanggan yang ingin makan siang teruus sampai habis/tutup biasanya jam 9/10 malam.

      Saat sudah tutup, masih ada pekerjaan membersihkan peralatan dan segala pernak-perniknya sperti dandang gendang andang dsb, bisa sampai jam 1 pagi baru selesai, kalau pakai ngobrol dan update status bisa tambah lama.

      nanti menjelang pagi mulai lagi belanja kepasar giling daaging dst dsb dll, benar-bunar full-day tapi hasilnya juga lumayan. Modal 20 juta cukuplah kalau buka warung bakso dengan catatan sudah memiliki tempat yang strategis.

      Untuk mengatasi bahan makanan yang mungkin basi, bisa diatasi dengan membuat dalam porsi sdikt terlebih dahulu. misalnya untuk bakso, diawal-awal cukup 2 Kg daging saja, yang penting bisa habis dulu dlm sehari, nanti perlahan2 ditingkatkan sesuai perkembangan bisnis kedepannya.

      Tapi semuanya kembali lagi ke minat dan bakat masing-masing individu, kalau Gak bakat di bidang kuliner trus buka warnet padahal senang koleksi brosur-motor’ kan susah juga..

      Maaf mas Nino, itu hanya pendapat ‘menurut saya’ kalau gak ‘nurut’ jg gak papa hehehe....

      (CMIIW / colek me if aim Wrong)

      Delete
    3. Keren pendapat nya dan sangat realistis mas. Saya setuju! Jangan2 mas Aan Satriya punya usaha atau bisnis kuliner ya, soalnya bisa menjelaskan dengan detail dan logis. Hehe..

      Delete
    4. enggak mas, saya mah hanya blogger nganggur yang berharap bisa jadi blogger Pro :D

      itu hasil pengamatan aktifitas rekan2 yang bergelut di bisnis kuliner. kalo lihat pola-kerjanya seperti gak ada habisnya.

      ada salah satu rekan yang punya warung nasi penyet (penyet ayam, lele, bebek, telur), padahal jam bukanya hanya mulai jam 16-22 kadang sampai jam 00 kalo 'peak season', tapi aktifitas 'dibelakang layarnya' cukup menyita waktu dan tenaga, sy yang lihat saja sampe capek hehehe, tp omzetnya jgn ditanya..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.