Bisnis Paling Cocok di Kampung Halaman

Bisnis bisa dilakukan dimana saja, baik itu di kota besar atau juga di kampung halaman. Pertanyaan nya adalah, bisnis atau usaha apa yang paling menguntungkan, cocok dan bagus di kampung halaman? Daripada anda penasaran dan bingung memilih bisnis di kampung yang menguntungkan dan menggiurkan, berikut ini ada beberapa tips bisnis yang bisa anda lakukan di kampung halaman.
Bisnis yang Cocok dan Menguntungkan di Kampung Halaman
Berbisnis di Kampung Halaman

1. Membuka peternakan sapi atau kambing

Bisnis peternakan seperti yang kita tahu dapat memberikan keuntungan besar. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini saat tiba pada bulan Ramadhan, karena akan banyak ternak atau hewan yang dijadikan sebagai hewan kurban.

Bukan hanya itu itu saja, kebutuhan hewan ternak seperti sapi dan kambing biasanya digunakan untuk hari raya atau memperingati hari-hari besar.

Tak ada salahnya jika anda membuka bisnis peternakan Sapi atau Kambing di kampung halaman, selain proses perawatan dan pemeliharaan nya tergolong mudah, bisnis peternakan sapi dan kambing juga banyak diminati.

Anda bisa memberikan makanan dengan variasi yang lebih baik, misalnya 1-3 hari diberi rumput, di hari ke 4-5 bisa diberi dedak atau jenis makanan yang terbuat dari sisa penggilingan padi. Untuk pemeliharaan seperti memandikan hewan ternak dan membersihkan kandang bisa dilakukan setiap 1 minggu sekali.

2. Bisnis telur bebek

Siapa bilang bisnis telur bebek kurang menguntungkan? Bayangkan saja untuk 1 telur bebek dihargai sekitar Rp 2500, jika dalam 1 hari anda bisa menghasilkan 100 telur bebek, berarti anda sudah bisa mendapatkan penghasilan kotor sekitar Rp 250.000 per hari.

Kalau ingin anggaran untuk pemeliharaan bebek lebih hemat, anda bisa mencari keong sawah dan juga sisa penggilingan padi (dedak) untuk makanan bebek. Bukan hanya telur, anda juga bisa menjual bebek dengan cara membudidayakan nya terlebih dahulu.


3. Bisnis tanaman hidroponik

Apa itu tanaman hidroponik? Tanaman hidroponik adalah jenis tanaman yang di kembangkan dengan menggunakan teknologi modern, yaitu menggunakan bantuan barang bekas atau juga bisa menggunakan paralon. Biasanya bisnis tanaman ini dilakukan di pekarangan rumah.

Kelebihan dari bisnis ini tidak membutuhkan pekarangan yang besar, karena model bisnis tanaman hidroponik dibangun untuk meminimalkan penggunaan tempat/lahan. Walaupun begitu, hasil panen dari tanaman hidropinik cukup melimpah.

Tanaman yang bisa digunakan menggunakan sistem Hidroponik seperti Kangkung, Sawi, Bayam, dan juga daun bawang. Tanaman-tanaman ini mudah sekali dikembangkan dengan sistem hidroponik.

Untuk proses perawatan tanaman tersebut tidak begitu sulit, karena memang tujuan sistem hidroponik adalah memaksimalkan penggunaan air dengan jumlah nutrisi yang cukup sehingga tanaman benar-benar mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Masa panen budidaya tanaman dengan sistem hirdroponik jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem penanaman biasa, ditambah hasilnya yang cukup berkualitas.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari sistem tanaman hidroponik ini adalah, jenis sayuran cukup bagus, sayuran lebih tahan lama, lebih mudah dari segi perawatan atau pemeliharaan, dan harga jual nya tinggi.

4. Budidaya tambak ikan

Banyak masyarakat yang tinggal di kampung/desa membangun tambak untuk budidaya ikan, salah satu ikan yang paling banyak di budidayakan adalah ikan Nila. Ikan Nila mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi, maka dari itu banyak masyarakat yang memilih untuk membudidayakan jenis ikan air tawar ini.

Permintaan masyarakat untuk ikan Nila juga tinggi, menjadikan bisnis ini banyak diminati oleh orang-orang. Bisnis ikan Nila bisa dikembangkan secara mudah dengan penggunaan lahan atau pekarangan yang tersedia di rumah.

Saat ini bisnis tambak ikan Nila bukan hanya dikembangkan untuk jenis air tawar saja, ada banyak inovasi untuk perkembangan ikan Nila, salah satunya jenis ikan Nila Salin, yang mana ikan Nila Salin merupakan hasil persilangan dan seleksi dari penggunaan air dengan tingkat salinitas atau kadar garam yang tinggi.

Ikan-ikan yang mampu bertahan dari kondisi salinitas tinggi diambil dan dikawinkan sehingga menghasilkan ikan yang kebal dengan air asin. Selanjutnya dikembangkan dengan memanfaatkan air laut sebagai tempat budidaya ikan Nila.

5. Ternak unggas

Bisnis ternak unggas seperti Ayam, Bebek, dan Entok sudah banyak di kembangkan oleh orang-orang yang ada di desa atau di kampung, selain mudah mendapatkan makanan untuk hewan unggas tersebut, bisnis ini banyak diminati oleh masyarakat.

Permintaan daging ayam dan daging bebek juga sangat tinggi. Anda bisa membuka bisnis ini secara berkelompok atau individual.

Itulah beberapa jenis bisnis UKM di kampung halaman yang paling cocok dan menguntungkan. Jika anda memiliki pengalaman bisnis di kampung halaman, silakan berbagi cerita usaha atau bisnis anda melalui kolom komentar yang saya sediakan.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

6 Responses to "Bisnis Paling Cocok di Kampung Halaman"

  1. Kalau ada modal mending ternak sapi harga jualnya fantasis apalagi kalau mau menggembala nggak perlu repot kasih makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, walaupun sebetulnya repot atau tidaknya bukan bergantung pada apa yang harus atau apa yang sedang dikerjakan. Repot atau tidak nya, ada pada tiap-tiap individu. Secara keseluruhan, saran mas Dwi cukup bagus. Terima kasih mas. Hehe..

      Delete
  2. Bisnis blog juga boleh diperhitungkan gan hehehehe. . soalnya cuaca sejuk inspirasi jadi lancar heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, 1 blog yang minimal punya UV stabil 100/day dengan konten yang tidak melanggar kebijakan perusahaan raksasa internet Google, bakalan laku keras di pasaran. Bayangkan kalau punya situs web/blog yang selalu siap jual per bulan nya, kan lumayan penghasilan. Hehe..

      Delete
    2. Sip mas Uhendrayana,,,ternak blog bisa lebih menguntungkan, namun merawatnya yang cukup repot. he he

      Delete
    3. Haha.. Merawat nya bikin pusing ya pak?

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.