Objek Wisata Danau Ranau OKU Sumatera Selatan

Indahnya Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan mungkin akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik bagi para wisatawan. Berlibur tentunya menjadi kegiatan yang paling seru. Banyak objek wisata yang dituju para wisatawan ketika berlibur, mulai dari wisata bahari hingga wisata kuliner.

Dari banyak tempat pilihan berwisata tidak sedikit para wisatawan memilih untuk berwisata ke danau. Mulai dari Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Poso, sampai ke Danau Sentani, menjadi destinasi atau tempat tujuan wisata danau terbaik di Indonesia.

Namun, tujuan wisata Danau Ranau sepertinya yang akan menjadi pilihan wisata terbaik di musim ini bagi para wisatawan.
Wisata Danau Ranau Lampung
Danau Ranau (Sumber Foto: palembang.tribunnews.com)

Lokasi Danau Ranau OKU Selatan

Objek wisata Danau Ranau berlokasi di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung. Tepatnya berada di Kabupaten OKU Selatan atau Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau Ranau di Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki luas 125,9 km².

Awal mula Danau Ranau terbentuk akibat adanya letusan vulkanik yang dahsyat disertai dengan gempa bumi sehingga terbentuklah suatu cekungan. Kemudian di sekitar Gunung juga terdapat sungai yang mengalir di kaki gunung. Di Danau Ranau juga terdapat jurang dan beranekaragam jenis tanaman semak belukar.

Pemandangan di Danau Ranau

Panorama yang ada di Danau Ranau sangat menawan. Danau Ranau dikelilingi bukit-bukit serta gunung Seminung yang dilengkapi dengan sumber air hangat alami. Di area Danau Ranau juga terdapat pondok-pondok kecil yang digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat sekitar.

Masyarakat yang ada di sekitar danau Ranau mayoritas pekerjaannya adalah bercocok tanam dan bermata pencaharian dari hasil perikanan. Bahan pokok hasil produksi cocok tanam masyarakat di daerah danau ranau juga dijual di sekitar danau dan tentunya dengan harga terjangkau. Hasil produksi cocok tanam tersebut seperti ubi, pisang, dan buah-buahan lainnya.

Di lokasi dekat Danau Ranau terdapat berbagai macam restoran yang menyajikan makanan khas ikan dari Danau Ranau yang diolah dengan cara dipanggang. Selain itu, di Danau Ranau para wisatawan dapat menikmati indahnya Sunset yang berlatar belakang gagah nya pegunungan.

Saat berpergian ke Danau Ranau para wisatawan dapat menyewa perahu motor untuk menelusuri serta menikmati indahnya pemandangan Danau Ranau. Meskipun Danau ini terkenal dengan kondisi alamnya yang sejuk dan dingin, tapi di Danau ini terdapat pemandian air panas.

Sumber air panas tersebut berasal dari pulau kecil yang dikenal dengan nama pulau Marisa. Wisatawan juga dapat ber-snorkeling ria dan berenang untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Demikianlah sekilas tentang keindahan objek wisata Danau Ranau di OKU Sumatera Selatan. Semoga informasi ini menjadi referensi terbaik bagi anda yang masih bingung dengan tempat-tempat wisata Danau di Indonesia.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Objek Wisata Danau Ranau OKU Sumatera Selatan"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.