Tiket Kereta Api Wisata dan Lokasi Kota Tujuan Wisata

Apakah anda memiliki rencana membeli tiket kereta api wisata dalam waktu dekat? Silakan kunjungi situs resmi tiket kereta api untuk cek paket layanan informasi wisata dan daftar harga tiket di alamat https://tiket.kereta-api.co.id. PT. Kereta Api Indonesia memiliki layanan sewa (carter) kereta untuk berwisata dan juga untuk berbagai keperluan lainnya, seperti; pesta pernikahan, ulang tahun, rapat dsb di atas kereta api menuju berbagai kota tujuan.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini menyediakan tiga jenis kereta api wisata. Yakni, kereta api wisata Nusantara, kereta api wisata Bali dan kereta api wisata Toraja. Ketiga kereta api wisata ini dapat dirangkaikan dengan "kereta api reguler" yang dilengkapi pembangkit listrik berkekuatan minimal 300KVA.

Layanan dan Informasi KA Wisata

Kereta api wisata Nusantara memiliki desain interior dan pernak-pernik perpaduan dari berbagai pelosok pulau di Nusantara. Kereta api wisata ini memiliki tempat duduk ekslusif berkapasitas 19 orang. Kamar tidur pun sudah dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.
Kereta Api Nusantara
KA Wisata Nusantara - Gambar Oleh PT. KAI Persero
Kereta api wisata Bali memiliki desain interior ukiran dan lukisan bernuansa pulau Bali. Bagi para wisatawan, gambaran pulau Dewata Bali akan terlihat di KA ini, mulai dari seni, budaya dan keindahan Pulau Bali. Ada 2 tempat duduk ekslusif dari 22 di KA ini. Fasilitas; Meeting Room, Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC).
Kereta Api Wisata Bali
KA Wisata Bali - Gambar Oleh PT. KAI Persero
Kereta api wisata Toraja memiliki desain interior dan ukiran serta lukisan di sekitar dinding kereta. Seni dan budaya daerah Toraja dicerminkan di kereta wisata ini. KA wisata Toraja berkapasitas 22 tempat duduk ekslusif. 16 tempat duduk diantaranya adalah Meeting Room dan 6 di ruang kabin. Ada juga Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video, dan pendingin ruangan (AC).
Kereta Api Wisata Toraja
KA Wisata Toraja - Gambar Oleh PT. KAI Persero

Lokasi Kota Tujuan Wisata

1. Kereta wisata dan Museum Ambarawa adalah KA Lok Uap bergerigi yang beroperasi di lintas Ambarawa ke Bedono, Lokasi tujuan wisata ini sekitar 35 kilometer dari Kota Semarang Jawa Tengah. Struktur geografis yang berada di daerah pegunungan membuat tempat wisata ini dikenal dengan sebutan Railway Mountain Tour.

KA Ambarawa mampu mengangkut hingga 100 penumpang. Rata-rata Railway Mountain Tour ini disewa (di carter) 16 hingga 17 kali dalam sebulan. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk perjalanan pulang pergi Ambarawa ke Bedono.

2. Lori wisata Kaliraga adalah paket wisata yang ditawarkan KAI Daop 9 Jember. Lori berkapasitas sebanyak 16 penumpang ini memiliki sewa tarif Rp 2.000.000 untuk pulang dan pergi. Tiket kereta api wisata yang satu ini akan memberikan pemandangan eksotik agrowisata perkebunan cokelat, kopi, keindahan Gunung Gunitir dan hutan pinus.

Dimulai dari Stasiun Kalibaru menuju Stasiun Mrawan dan berakhir di Stasiun Garahan. Dengan wisata kereta api ini para wisatawan dapat melintasi 2 terowongan. Pertama terowongan Mrwan dan kedua terowongan Garahan.

Masing-masing terowongan memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda, untuk Garahan berjarak sekitar 113 meter dan Mrwan berjarak sekitar 690 meter.

3. Kereta wisata Danau Singkarak dimulai dari Padang Panjang menuju Sawahlunto dan perjalanan ini menurut banyak orang tidak akan begitu terasa, mengingat Ekologi dan Keindahan di Danau Singkarak Sumatera Barat (Sumbar) ini terkenal memukau.

Kereta api wisata yang menuju ke Danau Singkarak secara reguler beroperasi setiap hari Minggu. Jadi bagi wisatawan yang sangat sibuk dan tidak banyak memiliki waktu untuk berlibur atau liburan, kereta api wisata ini dapat disewa (di carter) sesuai keinginan.

Fasilitas KA ini adalah minibar, kursi yang nyaman, pendingin ruangan (AC), dan toilet bersih. Ketersediaan tempat duduk untuk paket wisata kereta api ini sebanyak 240 dalam 1 rangkaian kereta.

Berikut saya informasi kan mengenai tarif tiket kereta api wisata Ambarawa dan Danau Singkarak. Untuk KA wisata Danau Singkarak, dilengkapi dengan Jadwal.

A. Tarif KA wisata Ambarawa
  • Ambarawa ke Tuntang/Jambu pulang pergi Rp 10.000.000,- untuk 1 Lok Uap dan 1 kereta.
  • Ambarawa ke Tuntang/Jambu pulang pergi Rp 2.500.000,- untuk 1 Lok Uap dan 2 kereta.
  • Ambarawa ke Tuntang/Jambu pulang pergi Rp 15.000.000,- untuk 1 Lok Uap dan 3 kereta.
  • Ambarawa ke Tuntang/Jambu pulang pergi Rp 5.000.000,- untuk 1 Lok Diesel dan 1 kereta.
  • Ambarawa ke Tuntang/Jambu pulang pergi Rp 7.500.000,- untuk 1 Lok Diesel dan 2 kereta.
  • Ambarawa ke Tuntang/Jambu pulang pergi Rp 10.000.000,- untuk 1 Lok Diesel dan 3 kereta.
  • Ambarawa ke Bedono pulang pergi Rp 15.000.000,- untuk 1 Lok Uap dan 2 kereta.
B. Tarif KA wisata Danau Singkarak
  • Solok ke Sawahlunto untuk kelas Ekonomi Rp 10.000 dan untuk kelas Eksekutif Rp 20.000.
  • Sawahlunto ke Batu Tabal untuk kelas Ekonomi Rp 20.000 dan untuk kelas Eksekutif Rp 40.000.
  • Batu Tabal ke Solok untuk kelas Ekonomi Rp 10.000 dan untuk kelas Eksekutif Rp 20.000.
C. Jadwal KA wisata Danau Singkarak
  1. Jadwal operasi KA wisata Solok ke Sawahlunto pukul 08:00 - 08:54.
  2. Jadwal operasi KA wisata Sawahlunto ke Solok pukul 09:30 - 10:29.
  3. Jadwal operasi KA wisata Solok ke Batu Tabal pukul 10:34 - 11:42.
  4. Jadwal operasi KA wisata Batu Tabal ke Solok pukul 13:30 - 14:38.
  5. Jadwal operasi KA wisata Solok ke Sawahlunto pukul 14:43 - 15:42.
  6. Jadwal operasi KA wisata Sawahlunto ke Solok pukul 15:45 - 16:43.
Catatan: Tarif tiket kereta api wisata tersebut berlaku untuk 1 kali jalan dan untuk arah sebaliknya dikenai tarif atau biaya perjalanan yang sama.
Diluar hari atau jadwal yang sudah ditentukan, kereta api wisata Danau Singkarak tetap dapat beroperasi dengan tarif 8,5 juta rupiah selama 1 hari penuh. Para wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Sawahlunto di akhir perjalanan, dengan tarif tiket masuk Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Ingin traveling/travelling ke Sumatera Barat dan melakukan pemesanan tiket kereta api? Informasi lebih lanjut terkait tiket kereta api wisata, silakan anda hubungi Manager Pemasaran Angkutan Penumpang PT KAI Divre 2 Sumbar atau ke situs resmi PT. KAI Persero.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Tiket Kereta Api Wisata dan Lokasi Kota Tujuan Wisata"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.