Alasan Orang Mendaftar Asuransi dan Manfaatnya

Dari segelintir orang dan perusahaan mengapa harus mendaftar Asuransi atau memilih Asuransi? Tanpa daftar Asuransi akan tetap baik-baik saja kan? Izinkan saya Erica Belinda menjelaskan alasan orang mendaftar atau memilih asuransi, cara daftar asuransi dan manfaat asuransi di blog Nino Artikel ini. Sebelum itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai elemen pada Asuransi, meliputi apa itu Asuransi? Apa itu pihak penangung dan pihak tertanggung pada Asuransi dan semacamnya yang ada pada Asuransi.
Layanan Asuransi
Insurance Live, Health, Home, Car and Etc

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah bentuk bisnis yang di dalam nya fokus pada perlindungan financial (Ganti rugi). Ganti rugi yang dimaksud berlaku untuk jenis Asuransi yang diambil. Ada jenis asuransi rujukan dari perusahaan, yakni Asuransi pendidikan, Asuransi kesehatan, Asuransi jiwa, Asuransi Properti, Asuransi kendaraan dan banyak lagi yang lainnya. Saya akan jelaskan lebih detail setelah ini.

Apakah sudah terbayang bagaimana dan mengapa kita perlu memiliki dan memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan? Salah satu alasan yang paling mendasar adalah untuk memberikan perlindungan. Pertanyaan berikutnya, siapa pihak penanggung dan tertanggung Asuransi itu?

A. Pihak Penanggung

Ketika Anda mengambil salah satu perusahaan Asuransi, misalnya mengambil jenis Asuransi kesehatan, maka setelah Anda terdaftar menjadi anggota asuransi kesehatan diharuskan membayar sejumlah uang.

Sejumlah uang lebih dikenal sebagai premi asuransi yang dikeluarkan dan disesuaikan dengan isi perjanjian awal dengan pihak perusahaan Asuransi. Anda memiliki kewajiban membayar tagihan premi tiap bulannya dan ini disebut sebagai penanggung.

Arti lain dari penanggung pada asuransi yakni orang yang menyediakan uang atau orang yang bertanggung jawab menyediakan biaya premi untuk dirinya atau pihak ketiga yang di asuransi kan (pihak ketiga; anggota keluarga seperti anak, istri atau yang lainnya).

B. Pihak Tertanggung

Uang yang dibayarkan berupa premi, masuk ke kas tertanggung selaku perusahaan Asuransi yang Anda ikuti. Maka penaggung disini memiliki peranan aktif mengolah dana Anda. Jika awal perjanjian mengikuti Asuransi dan waktu kontrak tertulis sudah disepakati, maka waktu polis diperlukan oleh penanggung.

Pihak ter-tanggung adalah pihak perusahaan yang harus membayar setelah pengajuan klaim disetujui dan tentunya polis akan keluar atau cair.

9 Jenis Asuransi Paling Umum

Asuransi ada banyak kategori dan jenisnya, yang paling umum dan wajib Anda ketahui ada 9 jenis. Penasaran apa saja jenis-jenis asuransi nya?

1. Asuransi Kendaraan

Asuransi yang difokuskan untuk perlindungan berupa kendaraan seperti mobil dan motor. Gunanya menjadi member atau anggota pada asuransi kendaraan ini adalah, anda akan mendapatkan perlindungan harta benda kendaraan dari kejadian yang tak diinginkan.

Misalnya, jika ada kerusakan mobil yang terjadi karena ulah orang yang tak bertanggung jawab, maka biaya tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi atau pihak tertanggung.

Beberapa macam kerusakan seperti goresan pada body mobil, pencurian elemen kecil dari unit mobil atau seluruhnya ( tindakan pencurian kaca spion dan kehilangan unit mobil).

Ganti rugi atau polis akan diberikan oleh pihak tertanggung (Asuransi) setelah semua pengajuan klaim disetujui oleh pihak Asuransi. Dari jenis asuransi kendaraan ini dibagi menjadi dua, yakni paket Asuransi mobil All Risk dan TLO.
  • Asuransi All Risk (Comprehensive). Yakni ganti rugi akan ditindaklanjuti oleh pihak tertanggung dari hal sekecil mungkin seperti goresan, kehilangan sebagian (tape mobil atau spion) atau perusakan body dan kehilangan mobil. Premi jenis Asuransi mobil All Risk ini cukup tinggi dikarenakan begitu besar beban yang ditanggung oleh perusahaan Asuransi dan pemegang polis.
  • Asuransi Mobil TLO. Perlindungan kendaraan dari tindakan pencurian keseluruhan unit kendaraan. Misalnya ada goresan di body mobil, berarti tidak termasuk tanggung jawab tertanggung. Biaya TLO Asuransi akan jauh lebih murah dari premi Asuransi mobil All Risk.
Jika anda ingin mengambil dua-duanya tentu dana lebih besar, namun itu sudah sesuai dengan pelayanan yang akan anda terima di kemudian hari jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada kendaraan Anda.

2. Asuransi Kesehatan

Dari nama nya Anda pasti sudah mengetahui jenis Asuransi kesehatan ini, yaitu mengutamakan perlindungan dibidang kesehatan. Polis akan diberikan untuk berbagai keluhan penyakit, rawat inap di Rumah Sakit, dan pembiayaan lainnya.

Rumah sakit standar sampai ke kelas tinggi pihak asuransi bisa membuat rujukan nya. Ketika anda membutuhkan perawatan setelah menjadi anggota asuransi, anda bisa datang ke Rumah Sakit yang ditunjuk oleh pihak Asuransi yang Anda ikuti.

3. Asuransi Pendidikan

Kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan dan biaya pendidikan untuk anak-anak yang semakin mahal, menumbuhkan minat untuk mendaftar dan memilih asuransi jenis ini, terlebih kebutuhan untuk ke jenjang perguruan tinggi hingga universitas si anak cukup menguras biaya.

Orang tua akan membayar premi yang sudah ditetapkan sampai beberapa tahun kewajiban membayar nya. Misalnya, waktu yang panjang untuk membayar premi bagi orang tua hingga 18 tahun jika memulai asuransi saat anak masih kelas 1 SD.

Perkiraan hingga 18 tahun di hitung saat anak di tentukan untuk dapat mengenyam pendidikan sampai Universitas atau ke perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri. Jika perjanjian awal sudah disepakati, maka akan keluar dana untuk pembiayaan dari pihak asuransi hingga si anak kuliah.

4. Asuransi Kepemilikan Rumah

Asuransi jenis ini untuk menjamin perlindungan atau proteksi pada properti bangunan atau rumah yang di asuransi kan. Polis akan keluar bila terjadi musibah berupa kejadian alam seperti banjir, kebakaran, gempa bumi dan ketidak sengajaan hingga terjadi kerusakan.

5. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi jiwa paling umum dan sudah banyak diketahui oleh orang-orang, karena manfaat dari jenis asuransi ini adalah memberikan proteksi yang sangat banyak bagi diri sendiri atau pihak ketiga pemegang polis dan penanggung pihak ketiga.

Pihak ketiga maksudnya apabila penanggung (Anda) akan mengasuransikan jiwanya untuk keluarga seperti istri dan anak jika penangung meninggal dunia.

6. Asuransi Kredit

Asuransi jenis ini biasanya untuk perlindungan bagi Pihak Bank apabila terjadi kemacetan uang yang dipinjam oleh nasabah Bank. Asuransi ini berupa perlindungan dana yang difokuskan dan mengarah pada perbaikan sistem keamanan perkreditan.

7. Asuransi Perjalanan

Jenis proteksi dari asuransi perjalanan cocok bagi Anda yang suka bepergian atau melakukan perjalanan. Perlindungan perjalanan mulai dari berangkat hingga pulang. Proteksi jenis ini berupa kecelakaan, perawatan dan premi bisa disesuaikan pada awal perjanjian mendaftar asuransi perjalanan.

8. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis adalah asuransi yang memberikan proteksi pada jenis usaha atau bisnis yang Anda asuransi kan dari kejadian alam seperti kebakaran, angin topan, petir dan lainnya. Disisi lain proteksi ini bukan hanya untuk harta benda, namun meliputi layanan kesehatan karyawan (pekerja) di perusahaan Anda.

9. Asuransi Umum

Perlindungan dari jenis asuransi umum yakni perlindungan untuk harta benda dari kehilangan karena ulah pihak lain. Namun, jenis asuransi ini mempunyai jangka waktu yang pendek, yakni hanya satu tahun di mulai dari terjadinya perjanjian dengan perusahaan Asuransi.

Baca juga artikel terkait lainnya mengenai jajaran 10 nama asuransi terbaik di Indonesia. Setelah Anda mengetahui jenis-jenis asuransi, sekarang pilihan ada pada diri Anda dan segera sesuaikan dengan kebutuhan.

Lalu bagaimana cara mendaftar Asuransi dan apa saja persyaratan untuk mendatar asuransi itu? Ikuti langkah-langkah menjadi anggota Asuransi berikut ini.

Cara Mendaftar Asuransi

Sebelum memutuskan untuk mendaftar, ada baiknya anda melakukan pengecekan perusahaan asuransi yang akan Anda ikuti agar tidak menyesal nantinya. Seperti yang kita ketahui, stabilitas keuangan asuransi harus kuat terjamin, dan harus juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, anda perlu membandingkan harga premi antar layanan Asuransi, Pelayanan asuransi, dan jenis Asuransi terpercaya wajib terdaftar di pengawasan otoritas jasa keuangan (OJK).

Saat ini, beberapa perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber adalah Prudential, Jiwasraya, AXA Mandiri, Sequis Life, AIA, Indolife, Allianz, dan Manulife.

Bagi Anda yang sibuk dan tak ingin datang langsung ke kantor Asuransi meskipun lokasinya dekat dengan rumah anda, silakan mendaftar asuransi melalui agen. Segera kontak Agen asuransi. Untuk mengetahui nomor kontak tiap agen, anda cukup mencarinya melalui internet.

Di internet sudah banyak agen-agen asuransi menawarkan jasa layanan asuransi. Pihak agen Asuransi akan datang ke rumah Anda bila anda sudah yakin akan menjadi calon anggota Asuransi yang nantinya akan anda pilih.

Agen asuransi akan memberikan masukan asuransi apa saja yang perlu diambil atau program apa yang sesuai dengan kebutuhan anda sebagai calon anggota asuransi.

Beberapa tahapan seperti wawancara harus anda jawab dengan jujur, karena bila anda asal menjawab dan jawaban tidak sesuai dengan fakta yang ada, nantinya anda akan mengalami kendala saat melakukan klaim asuransi.

Syarat-syarat seperti berkas untuk menjadi anggota Asuransi dan untuk mengisi lampiran yang diberikan Agen asuransi adalah sebagai berikut.
  • Foto copy KTP
  • Kartu Keluarga
  • Usia saat ketika masuk Aggota
  • Status Anda
  • Pekerjaan Anda
  • Riwayat Sakit
  • Premi yang bisa Anda bayar tiap bulan
Sangatlah mudah mendapatkan status keanggotaan asuransi. Semua syarat yang sudah anda berikan akan di audit oleh pihak agen dan perusahaan asuransi terkait, anda tinggal menunggu jawaban dari pihak perusahaan asuransi.

Jika memenuhi syarat, maka Anda akan menjadi anggota dan memiliki kewajiban yang harus dipenuhi.

Alasan orang mendaftar asuransi yakni untuk perlindungan sejak dini atau sebagai bentuk antisipasi kerugian yang akan timbul dari ketidak sengajaan atau musibah yang tak disangka-sangka bisa datang dan menimpa anda serta keluarga anda kapan saja.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Alasan Orang Mendaftar Asuransi dan Manfaatnya"

  1. Wow, info sangat berguna om nino. Kebetulan saya sudah ikut yg pendidikan, jadi tidak terlalu khawatir akan beban sekolah dan kuliah karena sudah ada yang menanggung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas. Yang paling laris memang asuransi pendidikan, di urutan pertama asuransi kesehatan setau saya. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.