Cara Melaporkan Blog AGC Menggunakan Ekstensi Chrome

Google Webspam Report adalah jenis ekstensi (extension) yang dikembangkan Google untuk membuat laporan webspam dengan cepat dan mudah melalui browser Google Chrome. Alat ini sangat praktis karena dapat memudahkan pengguna browser Google Chrome membuat laporan webspam dengan beberapa langkah melalui mesin pencari dan riwayat browser.
Cara Melaporkan Blog AGC
Ekstensi Google Webspam Report By Google
Dengan cara membuat laporan situs web atau blog spam AGC menggunakan Ekstensi Google Webspam Report ke tim webspam Google, berarti kita telah membantu pengguna mesin pencari agar dapat dengan mudah menemukan konten yang relevan dan berkualitas di halaman pertama mesin pencari Google.

Halaman yang dapat di kelompokan webspam adalah halaman yang menggunakan berbagai taktik tidak alami dan curang, seperti teks disembunyikan, menggunakan metode doorway, penyelubungan, atau pengalihan tersembunyi (cloaking).

Teknik tersebut umum nya mengorbankan kualitas di hasil penelusuran dan tentu saja pada akhirnya dapat menurunkan pengalaman pengguna mesin pencari Google.

Yuk baca detail informasi di halaman Pedoman Google Webmaster untuk menambah wawasan kita sebagai seorang blogger atau webmaster terkait praktik apa saja yang perlu dihindari atau tidak untuk dipelajari.

Cara Melaporkan Webspam Menggunakan Ekstensi Google Chrome

1. Gunakan kueri atau kata kunci di mesin pencari Google. Misalnya seperti gambar di bawah ini saat saya menggunakan kata kunci "kekurangan artikel hasil spinner". Saya menemukan konten duplikasi di urutan ketiga. Bisa sedikit berbeda posisi urutan di browser anda.
Posisi Blog AGC Di Google Pencarian
Posisi Blog AGC di Google Pencarian
Catatan: Blog AGC kategorinya adalah webspam, jadi bisa dilaporkan ke tim webspam Google.

2. Kunjungi konten halaman blog AGC tersebut, dan klik bendera laporan atau icon hasil dari alat Ekstensi Google Webspam di pojok kanan atas, maka kita akan di bawa ke halaman webspam report.
Halaman Blog AGC
Konten Artikel di Blog AGC
Tips: Kolom formulir laporan akan otomatis terisi, kecuali kolom kueri dan komentar.

3. Jika pada contoh kasus yang saya alami, maka pengisian kolom kueri dan komentar/keterangan laporannya seperti gambar berikut ini. Isi kueri dan penjelasan singkat mengenai webspam di komentar formulir webspam, contreng i'm not a robot dan terakhir tekan Report webspam.
Formulir Untuk Melaporkan Blog AGC
Mengisi Formulir Untuk Laporkan Blog AGC
Catatan: Kolom formulir komentar/keterangan webspam, sebaiknya menggunakan bahasa inggris.

4. Laporan berhasil dikirim.
Laporan Blog AGC Berhasil Terkirim
Laporan Webspam Berhasil Dikirim
Kesimpulan

Laporan webspam tersebut membutuhkan waktu antara 3-4 hari atau lebih bergantung dengan jenis laporan dan kejelasan laporan webspam yang kita kirim ke tim Google webspam.

Apakah blog AGC menurunkan peringkat artikel di SERPs? Jangan khawatir, kalau blog atau website anda menjadi korban tindakan AGC dari blogger amatiran, itu tidak akan membuat ranking artikel situs anda merosot di hasil penelusuran Google.

Yuk, mulai sekarang bantu Tim webspam Google meningkatkan kualitas hasil pencarian Google! Bantuan sekecil apapun sangat berarti dan bermanfaat bagi pengguna mesin pencari. Selain itu, kontribusi anda juga akan diperhitungkan oleh Tim kualitas lalulintas Google.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Cara Melaporkan Blog AGC Menggunakan Ekstensi Chrome"

  1. Keren dah blognya si Om iklannya tertata rapi jadi seneng klo ada iklan yang berhubungan, terima kasih dah boleh Googling salam " depreso blogspot "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali dan selamat berkarya tanpa khawatir dengan banyak nya oknum Blogger yang melakukan tindakan AGC blog. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.