Cara Membuat Link Aktif di Komentar Blog Secara Efektif

Memasang link aktif di komentar blog atau website orang lain itu sudah lazim dilakukan oleh para Blogger, baik dalam dan luar negeri. Tapi apakah anda tahu jika sebagian besar owner situs kurang menyukai komentar yang berisi link aktif, tak terkecuali di forum-forum! Kalau anda ingin membuat link aktif di komentar blog orang lain, anda perlu mencari halaman blog yang tidak mengaktifkan fitur moderasi komentar agar teknik pemasangan tautan link (backlink) di komentar blog lebih efektif.
Cara Membuat Link Aktif di Komentar Blog
Menjawab Komentar Blog Dengan Link Aktif


Apa itu fitur moderasi komentar untuk blog

Fitur moderasi komentar adalah sistem filter konten komentar dimana komentar yang di kirim pengguna selain admin blog atau pengurus blog/web tidak bisa langsung tampil di komentar karena memerlukan persetujuan (moderasi) terlebih dahulu dari owner situs atau pengelola situs web atau blog.

Dengan filter konten komentar untuk blog tersebut, pemilik (owner) situs bisa membaca terlebih dahulu isi pesan atau komentar yang telah di submit atau di kirim oleh orang lain dan memilih mana saja komentar-komentar yang layak dipublikasikan.

Umumnya pemilik situs web/blog tidak akan mau menampilkan kiriman komentar blog yang memiliki link aktif karena berbagai alasan, mengingat komentar blog juga bagian dari konten dan dapat di rayapi oleh mesin pencari.

Saran saya, lakukan optimalisasi promosi situs anda dengan link aktif di beberapa blog/web yang tidak mengaktifkan fitur moderasi komentar dengan cara yang lebih efektif. Berikut cara untuk membuat link aktif di komentar blog.

2 Jenis Format Kode Script Link Aktif untuk Komentar Blog

1. <i><a href="URL Blog">Isi Pesan</a></i>
2. <a href="URL Blog">Isi Pesan</a>

Pilih salah satu jenis format kode script di atas untuk memasang link aktif di blog target dan terkait cara penempatan terbaik nya adalah sebagai berikut:

  • URL blog bisa anda isi dengan URL home page blog anda atau URL halaman posting artikel blog anda.
  • Isi pesan bisa anda tulis dengan kalimat yang anda inginkan dan kalimat tersebut yang nantinya akan membentuk anchor teks/text.

Contohnya: <i><a href="http://www.ninoartikel.com/2016/04/dampak-outbound-link.html">Dampak Outbound Link</a></i>

Beberapa pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh owner situs mengenai metode penempatan link aktif di komentar blog orang lain sebagai berikut.

1. Apakah link aktif di komentar blog orang lain akan berdampak baik bagi situs kita? Tergantung, jika situs target sudah banyak memiliki link aktif, terlebih beberapa diantara link aktif tersebut sudah di pasang link aktif dari situs web/blog negatif, maka akan memperburuk keadaan situs web/blog anda, sekalipun komentar blog itu dofollow.

2. Apa saja dampak buruk untuk blog kita jika ada oknum blogger yang memasang link aktif di komentar blog orang lain yang mengarah ke blog kita? Tidak ada dampak apa pun selama anda yakin bukan anda sendiri yang melakukan hal tersebut.

Sistem algoritma sudah lebih mutakhir. Apabila anda masih ragu, silakan baca artikel sebelumnya mengenai sistem terbaru algoritma fred Google. Di artikel tersebut anda akan mendapatkan wawasan baru mengenai spam backlink langsung dari blog resmi webmaster Google yang saya kutip di dalam artikel.

Mengapa harus Google sih, kan banyak mesin pencari lain? Loh ya jelas, karena Google saat ini menjadi salah satu rujukan nomor satu sumber traffic blog terbaik dan paling disukai oleh pengguna mesin pencari untuk mencari informasi melalui internet.

3. Apakah link aktif bagian dari strategi Off Page SEO agar posisi ranking artikel di SERPs meningkat? Betul, namun terbatas pada point pertama yang sudah saya sampaikan. Menanam link aktif di blog orang lain yang memiliki banyak link aktif jenis negatif dan tidak pantas akan berdampak buruk bagi situs web/blog anda.

4. Dimana dan seperti apa cara yang baik memasang link aktif di komentar blog? Anda bisa mencari komentar blog DoFollow yang tidak ada link aktif jenis negatif. Seandainya suatu saat blog tersebut di serbu oleh pemburu backlink komentar yang memasang link aktif negatif dan tidak pantas, maka saya saran kan anda untuk hapus link aktif di blog tersebut.

Dengan hadir nya link aktif jenis negatif dan tidak pantas memenuhi blog target, yang awalnya blog target sehat karena mematuhi pedoman kualitas webmaster, akan tertular negatif dan pada akhirnya spiderbot memberikan kategori sebagai blog/web berkualitas rendah.

Cara ini berlaku bagi anda yang ingin memiliki situs sehat, di sukai oleh mesin pencari dan tentunya menaati rambu-rambu lalulintas kunjungan situs yang sudah ditetapkan di pedoman webmaster.

Mengapa anda perlu hapus link aktif buatan anda sendiri di blog orang lain yang terindikasi berkualitas buruk? Spiderbot dapat mengetahui IP unik pengguna, dan dapat mengetahui pemilik sendiri atau orang lain yang melakukan pemasangan link aktif di komentar blog.

Banyak macam riwayat seperti cache dan cookie data meliputi browser, bahkan email anda yang sinkron dengan perangkat anda. Dan aktivitas anda dari awal menggunakan browser, gadget, dan mesin pencari perusahaan internet raksasa tertanam tak bertuan.

Ini bukan berarti privacy anda tak terjaga, ada kode etik untuk itu dan manusia (perancang bot) tetap menjaga etika itu, tetapi tidak berlaku bagi robot dan disitu lah robot bekerja untuk mendeteksi segalanya secara otomatis, termasuk menghukum secara otomatis.

Catatan: Jika anda ragu apakah situs target kedepan nya akan menjadi buruk atau ragu apakah kualitas situs web/blog target memiliki kualitas yang buruk, sebaiknya urungkan niat anda untuk memasang link aktif di komentar blog orang lain.

5. Blog orang lain sepertinya cukup polos dan berkualitas baik di SERPs, tapi sayangnya jenis NoFollow? Tidak masalah, komentar di blog orang lain dengan skema anchor text tetap dapat dikatakan bagian dari strategi promosi blog terbaik walaupun nofollow.

Selain nantinya owner situs melihat dan kemungkinan berkunjung ke blog anda, komentator lain pun memiliki porsi yang sama sebagaimana pemilik situs melihat link aktif di komentar blog target. Dan pada akhirnya anda adalah penentu terbaik metode pasang link aktif di komentar blog agar disetujui pemilik blog.

Baca baik-baik peringatan yang ada disekitar kolom komentar blog target, jika ada keterangan "dilarang komentar dengan link aktif", maka anda tidak boleh memaksa mereka dengan cara tetap mengirim link aktif di komentar blog.

Alih-alih silaturahmi antar sesama blogger (blogwalking) dengan cara kirim komentar berisi link aktif, komentar anda justru tidak di izinkan tampil, selain itu hubungan anda dengan pemilik blog tersebut juga akan menjadi renggang.

Tips: Agar memenuhi etika dan adab meninggalkan komentar secara efektif dengan link aktif di blog orang lain yang memberikan izin adanya link aktif, berkomentar lah yang relevan, agak panjang dan tidak hanya mementingkan kunjungan balik. Tulis komentar anda secara natural dan hindari merusak ekosistem yang ada dengan cara memasang link aktif negatif dan tidak pantas di blog orang lain.

Penutup

Saya pribadi juga sering membuat link aktif di komentar blog, tapi bukan untuk memasang link aktif di komentar blog orang lain. Saya membuat link aktif di blog sendiri agar lebih mempermudah saya memberikan balasan komentar untuk beberapa pertanyaan yang ada.

Selain dapat memudahkan saya dan meningkatkan tampilan halaman (pageviews), link aktif yang saya terapkan di komentar blog sendiri dapat mempermudah pengunjung dan pada akhirnya pengunjung akan memiliki pengalaman pengguna (user experience) yang baik.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

8 Responses to "Cara Membuat Link Aktif di Komentar Blog Secara Efektif"

  1. Betuk itu bro, kadang di beberapa situs tidak mengizinkan link aktif termasuk yang satu ini juga.... Tapi secara garis besar saya lebih setuju dengan blogwalking, sekaligus saling kenal sesama blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, di beberapa situs memang ada yang tidak memberikan izin adanya link aktif di komentar, ya contoh nya di situs saya ini. Hehe.. Saya sepakat, blogwalking gak harus karena ada niat memasang link aktif di komentar blog, karena pada dasarnya Blogwalking adalah tentang bagaimana seorang blogger mampu membangun hubungan baik antara sesama blogger, networking dan brand image tentunya.

      Delete
  2. Pada akhirnya, dunia maya pun secara alamiah akan menegakkan tatakrama. Dalam jangka pendek, mungkin yang negatif bisa mendapat keuntungan tertentu. Tapi, saya percaya, cepat atau lambat yang negatif akan tersingkir dari percaturan blogger yang memiliki komitmen untuk mencari kebaikan bersama. Sebagai blogger pemula, dengan performa yang masih sangat minim, saya akan tetap berusaha untuk tidak menempuh jalan pintas yang hasilnya tidak bakal sustainable. Bagaimanapun, networking yang lebih berkualitas dengan dasar mutual trust (walaupun tumbuh lambat) akan lebih abadi. Salam hormat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat. Pola yang lebih alami dari zaman purbakala lebih bagus walaupun jarang diminati, itu point penting yang ada di pikiran saya. Jika kita tilik dari sisi bisnis, maka apapun jenis praktik bisnis yang dilakukan harus sesuai dengan profil resiko, mengingat antara satu dengan lain seorang pelaku bisnis tak pernah sama.

      Pekerjaan paling kompleks seorang blogger adalah mengenali dan menggali potensi diri sendiri (profil resiko) agar segala dampak yang terjadi selalu saja ada nilai tambah. Berhubung profil resiko kita hampir sama, cara alami yang saya lakukan sepertinya cocok juga untuk pak Yanto. Salam hormat juga pak.

      Delete
  3. Selamat malam bng nino, salam blogger . terima kasih untuk artikelnya sangat berguna. saya coba memakai cara anda untuk artikel : Cara Membuat Link Aktif di Komentar Blog Secara Efektif dan benar sekali petunjuk yang di sampaikan dalam artikel ini. Saya coba dan BERHASIL! terima kasih atas karya anda yang sangat berguna buat saya yang masih belajar membuat blog. Salam semoga blog anda terus membuat artikel yang sangat berguna buat kami yang awam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam kembali mas. Terima kasih sudah memberikan nilai positif untuk penjelasan di postingan artikel ini, dan happy blogging. :)

      Delete
  4. terima kasih untuk postingan yang sangat membantu :)

    http://stkipabdi.ac.id/

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.