Cara Mengatasi Algoritma Google Fred Terbaru 2017

Cara mengatasi, menghindari atau menghadapi dampak buruk yang diakibatkan oleh algoritma Google Fred di artikel ini adalah konten artikel lanjutan dari posting sistem terbaru algoritma Fred Google. Di artikel sebelumnya, saya pernah berjanji untuk membagikan informasi atau tips untuk mengatasi algoritma google fred terbaru yang diluncurkan Maret 2017 lalu.

Bagaimana cara agar terhindar dari dampak buruk atau hukuman algoritma google fred? Caranya adalah dengan fokus pada peningkatan pengalaman pengguna (user experience) dan fokus mengikuti pedoman webmaster.

Jika kita fokus pada kedua hal tersebut, halaman situs web atau blog kita akan terhindar dari ganas nya algoritma google fred. Algoritma Google jenis Fred ini terkenal sebagai algoritma terbaru google yang membuat para penggiat SEO lebih berhati-hati mengelola situs, terlebih untuk jenis situs yang di monetisasi.
Cara Mengatasi Algoritma Google Fred Terbaru 2017
Cara Mengatasi Algoritma Google Fred Terbaru 2017
Tips: Naik perlahan lalu gapai puncak keinginan akan jauh lebih baik dan terhormat, dibandingkan cara cepat berada di dekat puncak keinginan namun setelah itu... Renungkan lah!

Apakah kita siap untuk berbenah? Bukankah kita lebih suka mencegah daripada mengobati? Jika sepakat, simak tutorial tentang tata cara mengatasi algoritma google fred terbaru berikut ini.

Melakukan Peningkatan Pengalaman Pengguna

Ketika kita mengoptimalkan situs web atau blog, pastikan prinsip dasar user experience/pengalaman pengguna ditempatkan pada posisi yang tepat. Beberapa kiat dan prinsip peningkatan pengalaman pengguna, akan membuat situs terhindar dari hukuman algoritma google fred.

Peningkatan user experience memiliki 4 prinsip mendasar dan menjadi bagian paling penting, yakni sebagai berikut:

1. Pahami situasi pengguna saat berkunjung. Ini mencakup bagaimana mereka memilih dan mengutamakan informasi yang mereka cari berdasarkan situasi. Sebaiknya libatkan sub judul pada konten halaman agar pengguna dapat memilih bagian terpenting pada situasi yang tengah dihadapi dan diminati oleh pengguna atau pengunjung situs.

Taruh point penting (intisari) konten berbasis berita atau informasi di awal-awal paragraf paro atas dan dilanjutkan dengan ulasan yang lebih detail.

Jadi, jangan terbalik! Karena point penting yang tak kita sajikan pada awal pembahasan, akan dianggap sebagai konten artikel yang terlalu bertele-tele di pikiran pengunjung atau pengguna situs berdasarkan situasi tertentu.

2. Batasi fitur tampilan versi desktop pada seluler di perangkat pengguna. Seperti yang kita tahu, umumnya konten halaman dengan fitur kompleks yang tampil di seluler justru membuat taktik terbaik melakukan peningkatan pengalaman pengguna (user experience) terabaikan.

Pisahkan fitur yang akan pengguna dapatkan saat berkunjung menggunakan perangkat seluler. Karena fitur situs yang terlalu kompleks pada tampilan seluler justru membuat pengguna frustrasi.

Fitur atau fasilitas yang tak sesuai akan memberikan hambatan serta keterbatasan saat situs di buka menggunakan perangkat seluler/mobile. Performa situs di seluler tak semudah saat menggunakan perangkat komputer/desktop.

3. Tingkatkan kecepatan loading situs. Loading situs halaman website atau blog bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience), namun loading halaman situs menjadi salah satu faktor dari beberapa faktor penting yang dibutuhkan pengguna situs.

Kecepatan loading situs dapat meningkatkan pengalaman pengguna mengingat tidak semua pengguna memiliki banyak waktu untuk menunggu loading halaman situs.

4. Memahami kesalahan pengguna. Setiap pengguna atau pengunjung situs web/blog memiliki latar belakang yang berbeda, mulai dari tingkat wawasan dan pendidikan sampai ke faktor lainnya. Dengan cara menyediakan kemudahan, kita telah memberikan peningkatan pengalaman pengguna (user experience).

Beberapa kesalahan yang mungkin dibuat dan dilakukan oleh pengguna situs adalah salah klik/ketuk dan kebingungan menentukan arah penjelajahan pada situs.

Catatan: Hindari memberikan ukuran font atau jenis font yang kurang tepat, misalnya teks terlalu kecil. Sediakan navigasi yang jelas bagi pengguna agar dapat menentukan arah yang sesuai dengan keinginan mereka saat menelusuri tiap bagian konten di halaman situs.

Mengikuti Pedoman Webmaster Google

Bagian yang tak kalah penting dan fatal jika diabaikan adalah bagian pedoman webmaster. Pedoman webmaster google ada 4, yakni pedoman umum, pedoman kualitas, prinsip dasar, dan pedoman spesifik. Berikut beberapa penjelasan nya.

1. Pedoman umum webmaster google mempunyai fokus dasar menemukan, memahami dan meningkatkan pengalaman pengguna atau faktor user experience halaman, untuk membantu pengunjung menggunakan halaman situs web atau blog.

Tanpa pedoman umum ini atau abai terhadap praktik pedoman umum yang disarankan, sangat mungkin penerapan bot pada algoritma google fred akan menindak dengan berbagai variasi hukuman.

2. Pedoman kualitas memiliki titik fokus untuk semua aspek peningkatan situs dengan cara yang semestinya atau terarah tanpa memanfaatkan cela yang ada sekalipun praktik tersebut tidak disebutkan di halaman pedoman webmaster google.

Penegasan ini memberikan isyarat, bahwa praktik SEO jenis apapun yang memanfaatkan kelemahan atau cela googlebot untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok terkait peringkat terbaik di hasil penelusuran google, akan di tindak oleh algoritma google fred.

3. Prinsip dasar pedoman webmaster adalah membangun ekosistem yang berkualitas untuk pengguna bukan untuk mesin pencari. Fokus pada pengguna mesin pencari pada point ini jangan sampai di salah artikan.

Prinsip dasar pedoman webmaster erat kaitannya dengan taktik terbaik membuat situs mudah ditemukan dan dipahami oleh mesin pencari, hal ini merujuk pada point pertama tentang pedoman umum webmaster google.

Tips: Pastikan langkah-langkah yang kita gunakan tidak melanggar pedoman kualitas webmaster.

Dengan cara tetap menggunakan praktik SEO natural, akan jauh lebih baik untuk menciptakan keuntungan jangka panjang dibandingkan dengan praktik dan taktik curang yang selalu mencari cela atau bugs yang ada.

Sebaiknya kita renungkan. Apakah strategi serta langkah-langkah yang kita bangun dan sajikan itu dapat berguna bagi pengunjung atau pengguna situs? Apa perbedaan dan kelebihan yang menonjol di situs kita dibandingkan dengan situs lain yang serupa?

Beberapa point penting yang paling di sorot pada prinsip dasar pedoman webmaster google adalah sebagai berikut:

  • Hindari membuat halaman situs yang ditujukan hanya untuk mesin pencari
  • Hindari taktik apa pun yang membuat pengguna situs merasa tertipu
  • Hindari taktik curang untuk meraih peringkat terbaik di mesin pencari

4. Pedoman spesifik adalah point dari keseluruhan pedoman webmaster. Bisa kita istilahkan sebagai bagian dari pondasi di tiap-tiap bagian terpenting pada keseluruhan pedoman webmaster google.

Tips: Hindari teknik atau praktik yang dimaksud agar algoritma google fred dapat bersahabat dengan halaman situs kita dan pada akhirnya kita akan terhindar dari dampak negatif algoritma google fred.

Pedoman webmaster google secara spesifik yang wajib kita ketahui dan wajib kita hindari adalah sebagai berikut:

  • Hindari membuat konten situs yang dibuat secara otomatis
  • Hindari berpartisipasi dengan skema tautan
  • Hindari membuat situs yang memiliki banyak kutipan atau tanpa konten asli
  • Hindari penyelubungan
  • Hindari pengalihan tersembunyi atau teknik cloaking
  • Hindari teks dan tautan tersembunyi atau tak terlihat oleh pengunjung atau pengguna situs
  • Hindari situs dengan teknik doorway
  • Hindari membuat konten copy paste atau konten salinan
  • Hindari berpartisipasi pada program afiliasi tanpa nilai tambah yang memadai
  • Hindari membuat kata kunci yang tidak relevan pada konten
  • Hindari membuat halaman berbahaya, seperti halaman palsu atau phishing, virus, trojan, adware dan sejenisnya.
  • Hindari memanfaatkan cela pada markup cuplikan kaya
  • Hindari mengirimkan kueri otomatis ke database google

Penutup

Materi pemahaman tentang pedoman mutu webmaster begitu kompleks, sehingga tidak saya ulas secara terperinci. Apakah anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pedoman webmaster agar terhindar dari dampak buruk algoritma google fred? Silakan kunjungi halaman bantuan search console Pedoman Webmaster.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

30 Responses to "Cara Mengatasi Algoritma Google Fred Terbaru 2017"

  1. Mantap bermanfaat mas Nino 🙌😁 sekalian nitip cendol ahh.. xixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk kunjungan nya sob dan selamat praktik. Hehe..

      Delete
  2. Salah satu indikasi user experience yg baik itu adalah tingginya angka durasi sesi Rita ya om?
    Durasi sesi Rita blog saya rata2 diangka 5 sampai 10 menit.
    Apakah itu salah satu faktor yg membuat Alexa blog saya cepat rampingnya? Gimana menurut pendapat om Nino?

    ReplyDelete
  3. Teknik doorway itu maksudnya teknik yg bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknik Halaman Doorway dapat di istilahkan sebagai "pintu keluar masuk". Banyak macam taktik Doorway tersebut, mulai dari membangun banyak situs yang hanya mengarah ke satu situs (utama) saja. Tujuan tersebut agar vote suara di catat oleh spiderbot.

      Misalnya begini, kita buat blog, isi konten nya asal jadi, yang penting kita usahakan di dalam blog tersebut membuat lalulintas yang mengarahkan pengunjung ke situs utama, bisa berbentuk skema link keluar melalui menu navigasi atau pun di sidebar blog. Paling banyak ada di sitemap dan juga di sidebar blog. Nah itu bagian dari taktik Doorway.

      Contoh yang paling sederhana, mirip seperti makelar. Tau kan makelar itu ngapain aja kerjaan nya? Orang nyari barang misalnya, eh ketemu si makelar, padahal pembeli tau nya dia itu pemilik utama tanpa ada perantara.

      Setelah makelar menjanjikan sesuatu barang atau jasa, justru si makelar menawarkan jenis barang yang lain dan merekomendasikan untuk berdiskusi langsung dengan pemilik utama.

      Malahan banyak juga makelar yang cuma jadi fasilitator, dengan cara ngajak target pembeli ke pemilik asli. Ini hanya salah satu gambaran. Gimana, bisa dipahami sob? :)

      Delete
  4. Lagi belajar meningkatkan pengalaman pengguna ini, Om. Masih belom faham yang di mauin visitor saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di mau pengunjung biasanya mirip sama apa yang kita mau sewaktu berkunjung ke situs web atau blog orang lain kang. Sudah bisa ditangkap kan point penting nya kang? :)

      Delete
  5. Betul om, durasi waktu rata-rata yang cukup lama adalah indikasi bahwa situs dapat memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang berkualitas. Persentase durasi di konversi menjadi istilah bounce rate.

    Terkait ranking alexa, tingkat bouncing yang ramping adalah salah satu faktor dari banyaknya faktor yang membuat ranking alexa cepat meningkat.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Oke, terima kasih sudah berkunjung dan semoga ada manfaatnya mas.

      Delete
  7. menyimak...saya masih awam beginian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. Semoga informasi tersebut bisa memberikan nilai tambah terkait praktik belajar ilmu SEO tingkat dasar. Terima kasih sudah berkunjung bos.

      Delete
  8. Ternyata kedepan admin situs harus membuat pengunjung senyaman mungkin ya..!

    Dari atas sampai kebawah saya baca tidak ada kata-kata yang mengarah ke link dalam seperti
    -baca juga
    -artikel lainnya
    Yang saya perhatikan hanya ada 2 tulisan yang dibedakan berwarna merah, apakah ini merupakan strategi agar artikel terlihat natural..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, itu salah satu strategi saya. Tidak semua pengunjung suka di arahkan atau di saran kan, karena akan menimbulkan perspektif.

      Dengan strategi anchor teks atau teknik internal link senatural mungkin tanpa sedikit pun memberikan instruksi secara langsung seperti itu, pengguna atau pengunjung situs akan merasa lebih nyaman.

      Tanpa instruksi atau saran baca juga, mereka tahu dan bisa membedakan tautan yang dibuat oleh owner situs atau bukan, terlebih target pembaca pada posting ini adalah kalangan Blogger.

      Delete
  9. mantap artikelnya mas, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Ahmad. Happy blogging.

      Delete
  10. thanks infonya gan langsung tek hajar coba terapin di blog ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip kang, semoga traffic blog segera meningkat drastis. :D

      Delete
  11. Waduh, banyak sekali yang harus di hindari ya mas, salah-salah kita kena sangsi kalau melanggar, makanya saya terutama perlu banyak belajar, kalau mau sukses sebagai blogger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, hehe.. Kita sebagai seorang Blogger yang bernaung di Google (baik platform dan search engine google), siap gak siap harus siap berbenah, supaya algoritma google fred tidak jadi melakukan eksekusi yang dapat merugikan atau pun memperlambat perkembangan situs.

      Delete
  12. mastah juga nih admin:v, thank you. Mudah2an blog kita tambah bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa iya. Saya belum pantas dikategorikan sebagai masta/master kang. Saya menulis artikel sebetulnya untuk diri saya sendiri juga.

      Oh iya, yang terpenting memang dapat bermanfaat, nilai tertinggi dari segala nilai adalah tentang manfaat tanpa memanfaatkan. Semoga situs web atau blog kita menempatkan manfaat bagi pengguna di posisi pertama, setelah itu baru imbalan balik seperti uang dan popularitas. Dengan manfaat yang baik, saya yakin nilai tukar dalam bentuk uang dan popularitas juga akan sebanding dengan manfaat yang dirasakan dan didapatkan oleh pembaca. Aamiin.

      Delete
  13. wah baru tahu nech, sangat membantu sekali isi artikelnya om.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu segera berbenah bos, supaya algoritma google terbaru fred tetap bersahabat.

      Delete
  14. spertinya memang harus berhati-hati mengelola blog, klu salah dan gak disadari bisa tumbang nantinya. google terus update algoritma...

    ada saran gak mas klu sudah terkena Google Fred ?
    Perbaikin atau tingalkan dan ganti blog baru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah terkena algoritma google fred, perbaiki blog sesuai dengan keinginan tim Google yang sudah saya ulas di posting atas. Setelah itu segera terbitkan artikel yang baru. Gak perlu setiap hari, minimal seminggu sekali dan konten harus sesuai mau nya algoritma fred tersebut.

      Delete
  15. Queri otomatis ke database google itu yang gimana contohnya, Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kueri penelusuran otomatis yang dikirim ke Google itu kompleks. Sebagai gambaran, situs yang mengadopsi teknik AGK. Biasanya para Blogger gak asing dengan istilah AGC dan AGK (Auto Generated Keyword).

      Delete
  16. Qoutesnya keren "Naik perlahan lalu gapai puncak keinginan akan jauh lebih baik dan terhormat, dibandingkan cara cepat berada di dekat puncak keinginan namun setelah itu... Renungkan lah!" sebagai pengguna wordpress saya menggunakan alat bantu plugin AMP untuk mengatasinya, berharap bisa sedikit membantu. Selebihnya akan menggunakan tips dari Bang Nino.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Rudhy. Wah setingkat lebih baik dan profesional kalau sudah menggunakan platform wordpress untuk blogging. Sukses selalu untuk mas Rudhy Benjala. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.