5 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas

Ciri-ciri blog yang menarik dan berkualitas apakah dapat di ukur secara spesifik, mengingat tolak ukur atau penilaian tiap orang berbeda-beda. Blog yang menarik dan berkualitas berhubungan dengan pengalaman pengguna yang baik melalui konten dan desain situs. Mulai dari kecepatan loading situs, navigasi situs, sampai ke perpaduan warna template/tema situs.

Catatan: Saat ini situs ninoartikel dot com dalam tahap pengembangan agar lebih menarik dan berkualitas sesuai dengan target audiens. Artinya saya pun sedang memaksimalkan hal tersebut.

Ulasan ini meniti beratkan pada pembelajaran bersama, agar kita sebagai owner situs dapat secara maksimal mengelola, membangun atau mengembangkan situs menjadi lebih baik, menarik dan berkualitas.
5 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas
5 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas
Parameter situs yang menarik dan berkualitas sangat relatif, oleh sebab itu tergantung feedback yang kita terima dari audiens. Namun secara umum, ditengah kerelatifan yang tak menentu tersebut, kita dapat mendeteksi beberapa tanda situs yang memikat, menarik dan berkualitas.

5 Ciri-ciri Situs yang Menarik dan Berkualitas

  1. Konten memiliki data yang valid.
  2. Fokus pada informasi.
  3. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami.
  4. Konten original hasil menulis manual.
  5. Desain situs tidak membingungkan pengguna.
Situs web/blog yang tidak memiliki 5 point tersebut bisa dikatakan bernilai rendah dan kurang menarik. Rincian dari 5 point penting di atas adalah sebagai berikut:

Konten memiliki data yang valid

Konten situs yang menarik dan berkualitas umumnya memiliki fakta dan data yang valid. Data valid berkaitan dengan cara terbaik menembus faktor kritis pikiran manusia saat menerima informasi, seperti saran, ide atau gagasan.

Contohnya konten hoax yang tidak memiliki data valid, tidak terverifikasi, dan asal membuat opini. Mengapa selalu ada saja orang yang percaya dan menjadi korban informasi palsu (hoax)? Karena, konten hoax dicerna oleh target pembaca yang tepat, itu lah pentingnya target pembaca atau audiens.

Jika kita belum bisa membuat konten dengan data-data yang valid secara mandiri, sertakan outbound link. Apakah dampak outbound link untuk situs negatif? Tidak. Justru akan berdampak positif dengan beberapa catatan yang sebelumnya pernah saya ulas.

Merasa keberatan untuk menerapkan skema link keluar (outbound link) itu bukan masalah, asalkan kita tidak "merasa paling tahu" saat kita sedang mengutarakan atau menyampaikan sesuatu hal yang belum terlalu kita kuasai, baik berbentuk opini atau pun asumsi pribadi.

Tips: Hindari melakukan kesalahan berulang. Semakin sering kita membuat kesalahan, target pembaca (audiens) akan semakin meremehkan kita disertai pernyataan sentimen seperti "ah modus, ah teori,".

Sebagai gambaran, bagaimana mungkin konten/topik pembicaraan tentang praktik SEO terbaik akan membuat pembaca yang notabene penggiat SEO website menjadi yakin, tanpa dibarengi dengan data pendukung yang valid?! Data itu penting, saking penting nya, sampai ada yang memalsukan.

Contoh opini yang memerlukan data valid itu seperti apa mas? Misalnya, saya mengatakan traffic organik blog saya meningkat tajam dalam waktu kurang dari 1 hari. Faktor kritis pikiran pembaca akan memiliki beberapa pertanyaan bahkan pertentangan. Ingat, pernyataan selalu memiliki pertanyaan!

Pertanyaan itu kurang lebih seperti ini: Buktinya mana, ada data dari Google Analytics atau alat pelacak situs yang kredibel? Jangan mengatakan traffic organik blog meningkat tajam tanpa dibarengi dengan bukti atau data yang valid.

Opini tanpa dibarengi dengan data adalah subjektif. Artinya sebaik apapun opini yang kita susun untuk meyakinkan audiens atau target pembaca, akan menjadi pepesan kosong (hoax) belaka di pikiran mereka.

Selain itu berdampak negatif pada kredibilitas situs. Nilai keyakinan dan kepentingan situs akan dipertaruhkan untuk hal-hal yang remeh temeh seperti itu. Huft, repot ya?!

Fokus pada informasi

Apa lagi nih, kok ambigu? Saya tidak pernah menggunakan taktik terselubung mas. Stop! Jujur pada diri sendiri. Niat membuat konten untuk apa? Yakin fokus berbagi dan memberikan manfaat? Jangan-jangan hanya untuk iklan, uang atau jenis bisnis lainnya.

Taktik terselubung pada konten situs umum nya digunakan untuk merebut posisi terbaik di mesin pencari. Fokus untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari sah-sah saja, asalkan porsi nya disesuaikan agar konten situs tetap menarik dan berkualitas bagi pembaca.

Over optimasi justru akan mencederai pengalaman pengguna dan merusak skema keterbacaan (readabelity). Fokus memberikan informasi untuk audiens porsi nya harus lebih banyak dibandingkan dengan porsi untuk mesin pencari.

Apakah ada data nya mas? Ada. Silakan baca artikel tentang langkah atau cara mengatasi algoritma google fred. Opini di artikel tersebut sudah disertai dengan data yang valid dari sumber terpercaya.

Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Pernah dengar atau baca istilah niche market? Bagaimana jika istilah niche market saya ganti menjadi pembaca yang tertarget (target pasar tulisan)? Walaupun makna nya sedikit berbeda, tentu akan jauh lebih mudah untuk dipahami. Target pembaca bisa kita ketahui secara mendalam menggunakan bantuan alat pelacak Google Analytics.

Alat atau tool Google Analytics dapat melacak minat pengguna situs, tingkat pendidikan, daerah/lokasi, browser yang digunakan, pola kunjungan, demografi meliputi jenis kelamin, usia dan sebagainya.

Dengan alat tersebut, kita dapat melakukan analisa untuk menentukan gaya bahasa yang mudah dipahami, jenis konten yang dibagikan dan lain-lain. Gaya bahasa yang mudah dipahami juga bersifat relatif, oleh sebab itu kita perlu mempelajari secara mendalam pengguna situs menggunakan alat pelacak Google Analytics.

Apakah ada alat pelacak lain selain Google Analytics? Ada. Banyak alat pelacak pengguna situs, namun saya lebih merekomendasikan Google Analytics.

Google Analytics memiliki versi gratis. Alat tersebut juga dikembangkan oleh perusahaan raksasa internet Google. Jadi tak perlu diragukan lagi efektivitas alat tersebut, terlebih target audiens adalah pengguna situs yang dominan berkunjung melalui mesin pencari Google.

Bagaimana cara menggunakan Google Analytics? Berhubung saya belum sempat membuat artikel tentang itu, silakan anda searching. Di hasil pencari google misalnya, anda akan menemukan banyak tutorial. Pilih tutorial yang menurut anda paling sesuai dan paling mudah dipahami.

Konten original hasil menulis manual

Konten artikel original atau asli hasil dari menulis manual tidak harus di buat sendiri. Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel lepas, namun pastikan penjual artikel memberikan tulisan dari hasil menulis secara manual. Karena karya tulis adalah seni, menulis manual adalah seni yang sesungguhnya.

Pada umumnya karya tulis dirancang dengan rasa, wawasan serta bantuan jari-jemari yang dituntun oleh intuisi. Sebelum anda memutuskan untuk membeli artikel dari penyedia jasa penulis artikel lepas, sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri penulis artikel yang baik.

Perhatian: Hindari praktik pemindahan karya berhak cipta dengan cara apapun tanpa batasan yang jelas dan tanpa memberikan nilai tambah bagi pengguna situs.

Terlalu banyak mengutip konten di situs lain adalah fatal. Walaupun menyertakan sumber, tetap saja kredibilitas situs dipertaruhkan, terlebih saat mengutip tanpa memberikan sumber kutipan, sangat mungkin nilai kepentingan situs akan menurun di pikiran pembaca.

Apakah ada cara agar tidak ketahuan copy paste mas? Tidak ada. Cara terbaik adalah menggunakan teknik rewrite artikel, namun pastikan anda tetap memberikan sumber konten.

Cek posting saya yang sebelumnya tentang kekurangan menggunakan artikel spinner, setelah itu agar tidak gagal paham, baca juga posting tentang konten unik dan berharga sebagai bahan pembelajaran kita semua.

Ide atau gagasan orang lain yang kita ambil apakah juga termasuk tindakan plagiarisme dan pelaku bisa disebut sebagai plagiator mas? Tergantung, rewrite artikel dengan cara mengubah kalimat atau frasa misalnya, menjadi pengecualian atau tidak termasuk dalam skema plagiat, dengan beberapa catatan.

Dikutip dari Wikipedia, hal-hal yang bukan termasuk plagiarisme adalah sebagai berikut:
  • Konten yang mengandung fakta umum.
  • Menulis ulang (rewrite) karya orang lain dengan cara mengubah kata, kalimat atau parafrase namun tetap dibarengi dengan sumber yang jelas.
  • Mengutip karya orang lain secukupnya, tidak berlebihan dan tetap memberikan batasan yang jelas bagian mana yang mengutip dan tetap memberikan sumber.
Detail kutipan informasi tersebut bisa anda baca di https://id.m.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme.

Desain situs tidak membingungkan pengguna

Pengguna situs butuh rasa aman dan kemudahan. Sebaik apa pun penawaran yang kita berikan, tanpa pengalaman pengguna yang baik, target audiens akan berpikir tentang ketakutan dan kekhawatiran. Kredibilitas erat kaitannya dengan rasa aman dan nyaman.

Desain situs yang baik, mampu meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap penawaran meliputi ide atau gagasan. Dalami seluk beluk demografi target pembaca situs kita, agar penawaran terbaik tepat sasaran dan sesuai dengan harapan.

Apakah anda memiliki situs web toko online yang menjual berlian dan perhiasan seperti emas atau permata? Anda bisa menghubungi penyedia jasa pembuatan website dan desain situs web profesional agar bisnis online anda memiliki nilai konversi penjualan yang lebih tertarget.

Catatan: Sudut pandang dan cara berpikir pengguna situs tidak bisa disamakan. Sebaiknya anda sesuaikan konten dan desain situs dengan target audiens.

Penutup

Tugas kita sebagai owner situs adalah mengusahakan agar jangkauan audiens menjadi semakin luas namun tetap tertarget. Ciri-ciri blog yang menarik dan berkualitas di artikel ini adalah fakta umum. Semoga mudah dipahami. Cheers!

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

18 Responses to "5 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas"

  1. Enjoy banget baca tulisan mas nino, ilmu baru nih buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Fiza. Semoga karya tulis di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat.

      Delete
  2. penjabaran perihal blog yang menarik dan berkualiatas sangat membantu bagi ane pribadi karena jujur ane nulis segini banyak susah sepertinya butuh seharian atau bahkan beberapa hari.

    thx u sharingnya broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, terima kasih mas Bonadi. Susah itu saat pikiran sedang tidak fokus. Fokus dan mulai lah untuk menulis dari hati dan dengan hati-hati, Insya Allah akan membuahkan hasil tulisan dalam waktu yang relatif singkat.

      Delete
  3. bisa buat pedoman ngeblog :D masih awam bgt soalnya tentang blog jd masih ke sana sini cri info biar bisa jd penyaji yg baik.

    mksdh mas dh share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas Iram. Saya juga masih banyak belajar ngeblog dan suka cari informasi sana sini di blog lain :D. Hehe.. Setiap penulis adalah unik, nilai unik itu lah yang sangat berharga walaupun jauh dari istilah sempurna. Terima kasih sudah berkunjung dan salam persaudaraan untuk semua webmaster/blogger Indonesia.

      Delete
  4. Waduh.. tidak satupun dari yang ditulis di atas ada di blog yang saya kelola.. hikkss..

    Harus banyak belajar neh ...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu segera diperbaiki mas Anton, jangan kita tunda lagi. Menjadi penulis blog profesional memang bukan hal mudah, minimal kita masih mau introspeksi diri dan melakukan perbaikan. Sukses selalu mas. :)

      Delete
  5. Jadi ngerasa kesindir gini, ya? Haha... Saya sering nyuekin tentang kenyamanan pengguna di blog saya. Ya karena males otak-atik template gitu. Dan juga kadang artikel yang di tulis sangat miskin poin penting (informasi). Tapi salut sama mas Nino, semangat ngeblog nya tidak padam-padam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan merasa gitu ah, itu artikel kan termasuk untuk saya sendiri juga. Hehe.. Semangat mengelola blog gak boleh padam, harus tetap membara. :D

      Delete
  6. Sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali. Bagian tersulit dalam menulis, menurut saya pribadi adalah situasi dan kondisi. Berbeda dengan admin yang memang antara hati, pikiran dan jemari telah saling memahami. Hehe ... salam kenal Mas Nino��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kok, saya juga sering ngalamin gangguan karena situasi dan kondisi yang tak memungkinkan. Yang terpenting, kita dapat menekan supaya kendala tersebut tidak jadi dominan di pikiran. Terima kasih dan salam kenal kembali mas. :)

      Delete
  7. Sangat berguna sekali bagi saya untuk membuat blog saya lebih optimal dan berguna untuk para pengunjung blog saya sendiri. Saya sangat kagum dengan anda yang mempunyai wawasan seperti ini. Salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih AK News Site, semoga ciri blog yang menarik di artikel atas dapat menginspirasi kita bersama. :)

      Delete
  8. Gaya bahasa yang mudah dipahami memang yang jadi alasan saya untuk baca tulisan orang sampai selesai. Tekhnik tulisnya yang asyik juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mbak, semoga bermanfaat dan berkesan positif. :)

      Delete
  9. Bermanfaat sekali artikelnya mas Nino :)
    Nomor 2 dan 3 yg sedang saya pelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas Gani. Semoga hasil dari belajar nya maksimal. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.