Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula

Bagaimana sih caranya menjadi seorang blogger? Kok beberapa teman dan orang-orang bisa sampai menghasilkan uang dari internet melalui media blog? Kalimat tersebut saya yakin pernah terselip di pikiran Anda. Selain kalimat itu, mungkin juga pernah terbesit kalimat "blogger itu maksudnya apa?".

Sebelum ke inti pembahasan, mari sedikit kita kupas mengenai "apa itu blogger" secara singkat. Blogger yang saya maksud di sini bukan platform, tapi sebuah istilah unik yang ditujukan untuk kelompok atau individu yang memiliki blog/website.

Menjadi seorang blogger mau tidak mau harus menyukai kegiatan tulis menulis konten artikel di blog/website dan tentunya melakukan perawatan blog atau website itu sendiri.
Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula
Ilustrasi: Tampilan Blog atau Website
Bagaimana langkah menjadi seorang blogger?! Untuk menjadi seorang blogger memerlukan modal dasar. Nah, kira-kira apa saja modal dasar nya. Beberapa modal dasar menjadi seorang blogger adalah sebagai berikut:
  • Memiliki blog atau situs web
  • Menentukan pembahasan/tema blog
  • Menentukan target pembaca blog
Dengan tiga modal dasar tersebut kita sudah bisa disebut sebagai seorang blogger, terlepas dari amatiran atau profesional.

Masih bingung dengan beberapa modal dasar untuk menjadi seorang blogger tersebut?! Tenang, saya akan jelaskan satu persatu. Berikut adalah beberapa modal dasar menjadi seorang blogger.


Memiliki blog atau website

Kita bisa membuat blog/website di layanan mana pun yang menyediakan pembuatan blog/web. Sudah banyak tersedia platform atau layanan gratis untuk membuat situs web. Blog yang sudah dibuat nantinya akan dijadikan wadah atau penampungan hasil karya tulis (konten artikel).

Menentukan pembahasan/tema blog

Blog yang memiliki pembahasan spesifik (blog micro niche) jauh lebih menarik di mata pengunjung dan mesin pencari. Namun, hal ini tak serta merta menjadi kewajiban membuat blog dengan niche spesifik.

Sebagai pemula, Anda bisa memilih tema/pembahasan campuran. Tujuan nya untuk mengetahui potensi, identifikasi kecenderungan, dan lain sebagainya, apalagi niat membuat blog/web untuk di monetisasi.

Saat potensi keahlian terlihat paling menonjol dibandingkan potensi kategori konten artikel yang lainnya, kita bisa membuat situs web/blog baru dengan kategori/topik potensial tersebut secara konsisten.

Topik/kategori (pembahasan) campuran (gado-gado) juga bisa kita definisikan sebagai pilihan pembahasan. Jadi, tentukan pilihan dan usahakan apa yang sudah kita pilih nantinya tak menyulitkan atau membebani kita sebagai seorang blogger dikemudian hari.

Menentukan target pembaca blog

Pembaca ‎yang ter-target menjadi harapan paling menggoda di kalangan para blogger pro. Tanpa adanya target pembaca yang tepat, blog/website akan kurang bernilai di mata manusia dan mesin pencari. Kurang bernilai konotasi nya berbeda dengan "tak bernilai" loh.

Dengan adanya konten artikel yang lebih spesifik, kita dapat dengan mudah menentukan dan menemukan target pembaca blog/website.

Pertanyaan; Saya blogger pemula mas. Kalau buat konten artikel nggak bisa spesifik, apakah buruk?

Jawaban; Tak masalah. Adanya blog/web dengan pembahasan/tema campuran, justeru akan lebih mudah melakukan pengelompokan potensi kategori yang ada. Tentunya dengan memahami pergerakan pengunjung situs web/blog menggunakan alat pelacakan.

Contoh blog dengan kategori campuran seperti apa? Contohnya seperti blog Nino Artikel. Kategori tulisan di blog ini campuran, ada blogging, wisata, gadget dan lain sebagainya.

Pertanyaan; Berarti kalau mau membuat blog mikro niche seputar blogging, kita masukan kategori SEO, Blogger, Template Blog dan pernak perniknya yang berhubungan dengan blogging? Bukan, itu pandangan yang keliru. Blog/website dengan konten spesifik bukan begitu, itu masih terlalu luas.

Kita sama-sama tahu, bahwa kategori blogging luas cakupan nya. Bisa SEO, Blogger, WordPress, Template Blog, dan lain-lain. Berarti kita ditugaskan memilih salah satunya saja, setelah niche blog ditentukan, ingat kedepankan konsistensi dalam pembuatan konten.

Pertanyaan; Misalnya saya membahas mengenai seluk beluk desa tempat tinggal di daerah saya, bolehkah sesekali saya memberikan ulasan mengenai desa lain yang ada di Indonesia mas? Lalu, apakah hal ini bisa dikatakan tetap menulis dengan kategori yang konsisten?! Tepat, apa yang Anda lakukan tetap konsisten berdasarkan kategori/tema/pembahasan.

Itulah beberapa cara dan langkah untuk menjadi seorang blogger. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa kirim pertanyaan di kolom komentar di bagian bawah posting artikel ini. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Cara Menjadi Seorang Blogger Untuk Pemula"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.