12 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi nya itu apa saja sih? Ternyata ada banyak manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh manusia. Pada tahun 2004, ilmuwan menyelidiki lebih dari 100 makanan untuk mengukur konsentrasi antioksidan per porsi.

Antioksidan adalah senyawa yang melawan penyakit. Ilmuwan yakin senyawa ini membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel tubuh. Buah apel juga penuh dengan serat yang disebut pektin.
12 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh
Buah Apel
Apel berukuran sedang mengandung serat sekitar 4 gram. Pektin digolongkan sebagai serat larut, dapat difermentasi dan kental, kombinasi ini memberinya daftar manfaat kesehatan yang sangat besar.


Inilah 12 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan


1. Gigi lebih Putih dan lebih Sehat

Menggigit atau mengunyah buah apel dapat merangsang produksi air liur di mulut sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri.

2. Terhindar dari Alzheimer

Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel dapat mencegah Alzheimer menjauh dan melawan efek penuaan pada otak.

Tikus yang diberi makanan yang disempurnakan dengan apel oleh para peneliti menunjukkan kadar asetilkolin neurotransmiter yang lebih tinggi dan lebih baik dalam tes labirin daripada diet reguler.

3. Terhindar dari Parkinson

Penelitian menunjukkan buah-buahan dan makanan yang memiliki kadar serat tinggi akan memberikan perlindungan tubuh terhadap Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan adanya gangguan sel-sel saraf yang memproduksi dopamin pada otak.

4. Terhindar dari Kanker

Ilmuwan dari American Association for Cancer Research antara lain sepakat bahwa apel kaya akan flavonol dan dapat mengurangi risiko terkena kanker pankreas.

Para ilmuan mengidentifikasi beberapa senyawa "triterpenoid" dalam kulit apel memiliki aktivitas anti pertumbuhan terhadap sel kanker pada hati, usus besar dan payudara.

Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari keseluruhan apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus.

Sementara itu, National Cancer Institute di Amerika Serikat telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari akan mendapatkan 28 persen lebih kecil kemungkinan terserang diabetes tipe 2 daripada mereka yang tidak makan atau mengkonsumsi buah apel, mengingat apel dipenuhi dengan serat larut yang dapat menumpulkan gula darah.

6. Mengurangi Kolesterol

Serat larut yang ditemukan di buah apel berikatan dengan lemak di usus, yang diterjemahkan ke dalam kadar kolesterol rendah dan lebih sehat bagi tubuh manusia.

7. Organ hati lebih Sehat

Penelitian telah menghubungkan asupan serat larut dapat dengan cepat mengurangi penumpukan plak di arteri secara lebih lambat.

Kulit apel juga memiliki senyawa fenolik yang dapat mencegah pemadatan kolesterol yang masuk ke sistem tubuh pada dinding arteri.

Saat plak terbentuk di dalam arteri, plak dapat mengurangi aliran darah ke jantung sehingga dapat menyebabkan penyakit arteri koroner.

8. Terhindar dari Wasir

Wasir adalah pembuluh darah yang membengkak di saluran anus. Secara umum penyakit ini tidak mengancam nyawa, namun karena pembuluh darah yang membengkak, hal ini bisa sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Wasir biasanya disebabkan oleh banyaknya tekanan di daerah pelvis dan rektum. Buah apel yang mengandung banyak serat tersebut dapat membantu meringankan penyakit wasir.

9. Dapat mengontrol berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih dapat menimbulkan banyak potensi penyakit. Diantaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan sleep apnea.

Untuk mengatur berat badan dan memperbaiki kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, dokter merekomendasikan untuk melakukan diet kaya serat.

10. Detoksifikasi Organ Hati

Kita terus-menerus mengkonsumsi toksin, entah itu dari minuman atau makanan. Oleh karena itu hati secara otomatis akan bertanggung jawab untuk membersihkan racun dari tubuh.

11. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Buah apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama saat sedang stres.

12. Dapat Mencegah Katarak

Buah yang mengandung antioksidan seperti apel ternyata diteliti dapat mencegah katarak sebanyak 10-15 persen.

Penulis : Rohman Faoji
Editor   : Admin

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "12 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. APEL memang buah ideal untuk kesehatan rasanya juga enak cuma sayangnya harganya lebih mahal dibandingkan buah lainnya misal pepaya atau pisang jadi hanya kalangan tertentu saja yg bisa rutun makan apel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa disiasati dengan cara membeli buah apel dalam bentuk jus. Kalau di daerah saya jus berbagai macam buah harganya saat komentar ini dibuat masih Rp 5.000, paling tinggi sekitar Rp 10.000 per jus nya mas. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.