Niche blogging untuk blogger pemula?

Niche blogging untuk blogger pemula (newbie) menurut saya kurang menguntungkan. Mengapa? Karena niche blogging adalah niche yang kurang tepat untuk seorang blogger pemula. Seorang blogger pemula lebih cocok dengan niche selain niche blogging. Lalu apa? Banyak brother, sepertinya saya akan memaparkan hal ini di lain kesempatan. Awalnya saya berpikir bahwa untuk blogger pemula yang memiliki blog dengan niche blog harus juga siap memiliki konsep market niche.

Walaupun saya tidak begitu memahami secara mendalam terkait market niche atau niche market, namun saya mampu menggambarkan hal tersebut terkait niche market. Blogger pemula yang memiliki niche blogging (spesifik tutorial blogging dan sebagainya) perlu memikirkan keinginan para pembaca atau pengunjung blog agar kita sebagai blogger pemula tak kalah bersaing dan dapat memenangkan persaingan di mesin pencari. Hal ini erat kaitannya dengan pendapatan kita. Tujuan harus jelas!

Niche blogging untuk blogger pemula?


Lebih spesifik bagaimana?

Lebih spesifik menurut saya perlu memanfaatkan celah yang ada agar blog kita dapat menggiring pembaca untuk mengikuti keinginan kita secara sadar. Artinya sama-sama menguntungkan. Misalnya, "apa sih yang diinginkan para pengunjung blog kita saat mereka mencari informasi tentang blogging".

Mereka kebanyakan menginginkan blog yang mereka kelola dapat menghasilkan sesuatu dan menguntungkan. Sesuatu yang sudah mereka bangun dengan susah payah tak mungkin tanpa tujuan. Itulah hal-hal yang umum mereka inginkan. Celah apa yang perlu kita manfaatkan? Menurut saya diantara celah terbaik adalah perlu membuat E-book tentang kiat-kiat sukses blogging, atau menyediakan template blog sebagai pendukung kesuksesan para blogger.

Apakah seorang newbie dapat menyediakan e-book dan sejenisnya atau menyediakan template guna menunjang penampilan blog? TIDAK! Itu yang saya maksud.

Kita perlu memikirkan apa yang akan mereka pikirkan. Jika kita tidak memiliki strategi khusus, maka secara otomatis kita hanya akan menjadi mesin pencari uang untuk blog-blog profesional diluar sana. Blog profesional ber-niche blogging di luaran sana sudah lebih dari cukup memiliki ketersediaan yang dibutuhkan oleh para pembaca atau blogger newbie seperti kita.

Secara garis besar, kita selalu menjadi pengikut blog-blog besar yang memiliki niche blogging. Ingat, pengikut selalu kalah bersaing, jadi jangan berharap penghasilan kita akan mengimbangi mereka, terkecuali bagi pengikut yang dapat menemukan celah (kreatif). Celah yang tak tersedia disana tentunya yang akan menjadi senjata pamungkas kita.

Misalkan kita adalah seorang pengikut beberapa blog yang memiliki niche blogging, blog tersebut mengulas lebih dalam tentang kiat-kiat menghasilkan uang dengan cara nge-blog atau dari blog. Beberapa blog tersebut memiliki target pembaca seluruh blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog tentunya.

Pada kasus tersebut berarti kita dapat menemukan celah yang ada, dimana para pengunjung atau pun calon pengunjung blog-blog profesional tersebut memiliki beberapa cabang pikiran dan keinginan untuk mewujudkan impiannya. Beberapa pikiran dari banyaknya cabang pikiran yang mereka pikirkan sebagai berikut.


Beberapa pola pikir blogger pemula

1. Bagaimana cara agar blog lebih SEO Friendly
2. Bagaimana cara agar blog menarik dan memiliki trafik tinggi
3. Bagaimana cara membuat template blog
4. Dimana saya bisa mendapatkan template blog yang bagus secara gratis atau pun berbayar
5. Dan lain-lain

Berarti kita perlu memiliki wadah untuk itu, jika kita belum mampu untuk memiliki wadah pikiran dari berbagai pikiran yang mereka pikirkan, maka kita hanya akan mendapatkan sebagian kecil dari sesuatu yang besar. Kenapa seperti itu? Karena blog/situs profesional yang memiliki niche blogging sulit disaingi oleh seorang pemula.

Alternatif nya adalah dengan cara menciptakan wadah untuk menampung pentalan dari blog-blog profesional tersebut. Kalau kita merasa belum mampu membuat wadah pentalan tersebut (istilah saya sendiri), Pertanyaan saya adalah apakah blog yang memiliki niche blogging dapat diandalkan bagi blogger pemula?

Ide dalam artikel ini di tulis bukan karena ide dadakan, tetapi saya sengaja membuat ide ini dengan cara mengajukan pernyataan-pertanyaan yang dapat menimbulkan diskusi interaktif di beberapa forum. Tujuan saya adalah merangsang ide yang sudah saya pikirkan jauh-jauh hari terkait niche blog, agar saya juga dapat sesegera mungkin menyusun artikel dan sesegera mungkin menerbitkan konten artikel di blog.

Apakah anda sudah menemukan esensi dari artikel ini?

Saya rasa anda dan saya memiliki kesamaan, yaitu seorang blogger pemula. Saya yakin anda dapat menemukan kesimpulan dari ulasan kita kali ini dan anda juga dapat menemukan jawaban atas permasalahan yang sedang atau mungkin akan kita alami sebagai blogger pemula di kemudian hari. Tulisan ini saya khususkan untuk para blogger pemula, karena saya adalah seorang blogger pemula. Sangat relevan bukan?


Niche Blog, Blog Niche, Niche Keyword

Setelah anda memahaminya, apakah blog yang memiliki niche blogging dapat diandalkan menurut anda? Ngeblog tidak harus isi blog nya tentang blogging! Jika anda siap, mungkin nge-blog juga tak harus isi blognya memiliki niche gado-gado. Blog gado-gado sebetulnya bukan masalah yang berarti bagi blogger pemula, dengan catatan kita sudah mampu untuk mempersiapkan apa yang seharusnya kita siapkan. misalnya memahami keyword, niche market dan lain sebagainya.

Blog saya diantara keduanya, pada awalnya saya belum siap untuk memiliki niche blog yang lebih spesifik, tidak heran jika teman-teman banyak menemukan konten blog milik saya yang cenderung campur aduk, tetapi saat ini saya sudah memiliki strategi khusus walaupun blog saya gado-gado, strategi tersebut yang membuat saya sedikit lebih lega.

Hanya ini yang bisa saya bagikan. Jika tulisan saya membingungkan atau memiliki banyak kekurangan mohon dimaklumi, mengingat saya saat ini sedang belajar untuk menjadi seorang penulis blog yang profesional.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Niche blogging untuk blogger pemula?"

  1. Hallo Mas Nino...
    Blog yang ber-niche, hanya mampu dilakukan oleh seorang yang mempunyai hobby, seperti salah satunya jalan-jalan dan mem-foto sebuah objek, lalu di buat artikel....
    Jika hal itu sejalan maka bisa diandalkan...
    Namun jika tidak, maka jalan keluarnya adalah harus membuat blog yang gado-gado...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D betul kang, tepat sekali. Itulah seninya blog yang memiliki pembahasan lebih sempit (mikro). Blog ini contohnya, blog gado-gado, karena mmg tidak mudah untuk menjadi konsisten di blog yang memiliki nice spesifik.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.