Google Pencarian Butuh Konten Unik dan Berharga - Nino Artikel

Google Pencarian Butuh Konten Unik dan Berharga

Konten unik dan berharga adalah sesuatu yang berbeda. Googlebot mendefinisikan konten artikel unik yang merujuk pada satu pengertian mutlak tentang konten tanpa duplikasi. Pertanyaan kita sekarang, apakah konten artikel yang unik atau orisinal bisa berharga dan bernilai tinggi? Apakah juga konten yang berharga dan bernilai tinggi tersebut bisa dikatakan unik?!

Saya akan mengulas tentang kedua pengertian tersebut secara singkat dan mudah-mudahan dapat dipahami.
Google Pencarian Butuh Konten Unik dan Berharga
Google Pencarian

Konten unik

Pada dasarnya ada banyak Blogger dan YouTubers yang mengajarkan teknik penulisan ulang atau rewrite artikel. Banyak tutorial yang bisa anda praktekkan!

Di youtube anda akan menemukan banyak tutorial membuat konten unik tanpa perlu pusing memikirkan apa yang perlu anda tulis atau tanpa perlu bingung memutuskan mulai menulis darimana. Mereka akan menunjukkan cara membuat konten artikel yang unik tiap langkah demi langkah agar lulus duplikasi.

Apakah yang ditayangkan pada Channel YouTube tentang cara rewrite artikel itu unik? Tentu sangat unik, karena mereka menjelaskan dengan cara dan sudut pandang mereka masing-masing. Lalu, apakah berharga? Jawabannya adalah relatif.

Kenapa relatif? Jika kita berbicara mengenai penilaian, artinya kita berbicara tentang individu, pola pikir, sudut pandang, selera dan banyak faktor lainnya.

Konten berharga

Konten yang berharga atau konten bernilai tinggi adalah sesuatu yang masih baru (langka). Walaupun anda membuat konten artikel sendiri tentang cara membuat blog, bukan berarti berharga. Karena, sudah banyak orang yang mengetahui cara membuat blog dan sudah banyak penulis yang membagikan cara tersebut.

Apakah itu artinya ide yang sama tak boleh di kelola atau di informasikan kembali dengan format dan metode yang berbeda mas? Tentu saja boleh, selama artikel yang anda buat lebih lengkap, ringkas, enak dibaca, serta mudah dipahami oleh pembaca.

Lalu bagaimana jika cara membuat blog sudah berbeda dengan cara membuat blog yang banyak orang lain tulis tempo dulu? Segera menulis, karena itu adalah waktu yang tepat untuk membuat konten yang berharaga dan bernilai tinggi.

Konten yang unik belum tentu berharga untuk sebagian atau kebanyakan orang, tetapi konten yang berharga sudah pasti unik (kecuali copas) dan disukai mesin pencari Google.

Mengapa Google pencarian membutuhkan konten unik dan berharga? Seperti yang kita ketahui bersama, konten unik sangat dibutuhkan oleh mesin pencari, tetapi konten yang berharga atau bernilai tinggi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pembaca (manusia).

Apakah mesin pencari mampu mengetahui konten artikel yang berharga? Google pencarian dan mesin pencari lain memiliki algoritma yang canggih. Bukan hanya duplikat konten yang bisa di deteksi, tetapi juga konten yang berharga.

Mungkin anda mengenal istilah User Experience. Istilah ini banyak dikenal kalangan blogger sebagai Faktor Ux. Salah satu sistem Algoritma Faktor Ux mampu merekam kenyamanan pengunjung dari durasi rata-rata pengunjung menghabiskan satu artikel di halaman situs.

Para penulis khususnya blogger, harus hati-hati membuat artikel panjang, jangan asal panjang. Karena durasi yang tak sesuai dengan jumlah kata pada artikel akan membuat algoritma mesin pencari menurunkan posisi konten artikel tersebut.

Kesimpulan

Menjadi seorang penulis artikel di website atau blog bukan perkara hanya memikirkan unik atau tidak unik, tetapi bagaimana cara dan tugas kita menjadikan konten artikel lebih unik sekaligus berharga.

Membuat konten artikel yang unik dan berharga dilakukan agar pengunjung (pemirsa atau audiens) mau kembali lagi dan menjadi pembaca setia. Itu lah pembahasan singkat tentang konten unik dan berharga yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

12 Responses to "Google Pencarian Butuh Konten Unik dan Berharga"

  1. Makasih mas nino sharing nya...
    Bermanfaat buat newbie kaya saya ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, kembali kasih untuk kunjungan dan jejak komentarnya. Mari kita belajar membuat konten artikel unik dan bernilai. :)

      Hapus
  2. Yang aneh nya artikel saya kan unik' sampe pada ga mau cop cas tapi kenapa masih lemah visitor ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan isi artikel saya di atas mas Kojek, coba dibaca kembali secara perlahan. Di sana saya menulis yang isinya kurang lebih adalah "konten unik belum tentu berharga, sedangkan konten yang berharga belum tentu unik. Paradoks!

      Lalu apa hubungannya? Konten unik belum tentu jadinya bagus, pernah tau tentang teks dummy? Search di Google pencarian menggunakan kata kunci (kalimat) Text Dummy.

      Text Dummy digolongkan pada konten teks yang unik tapi semrawut, karena kalau kita baca aneh banget kya bahasa alien.

      Pernah baca tulisan Loripsum gitu? Nah itu Text dummy.

      Unik itu kudu, supaya mesin pencari lebih respek, tapi berharga juga perlu supaya ada respek dari pembaca (manusia).

      Sampe disini mungkin sudah bisa dipahami kan? Hehe..

      Unik saja tidak cukup, karena kita perlu juga mempelajari praktik search engine optimization untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

      Bicara tentang "optimasi mesin pencari", berarti kita bicara tentang konten artikel yang berkualitas.

      Konten artikel berkualitas itu bukan hanya butuh keunikan, tapi juga dibutuhkan menjadi berharga atau bernilai.

      Bagaimana Google bot atau spiderbot mengetahui konten artikel kita bernilai/berharga? Bot Google menggunakan sistem "User Experience".

      Faktor UX ini meliputi semuanya, mulai dari konten artikel yang unik, berharga, sampai pada total durasi atau waktu yang dihabiskan pembaca.

      Semakin betah pengunjung saat mereka membaca atau mengunjungi halaman artikel di blog atau website kita, semakin baik penilaian algoritma Google. 😃

      Hapus
  3. Betul..
    Konten unik bisa menambah perbendaharaan kata di search engine. Dan tentunya sangat diperhatikan oleh Google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 buat mas Indra. Google pencarian sangat menyukai data baru, mulai dari konten gambar sampai dengan konten artikel. Unik itu beda, walaupun beda belum tentu berharga. Nah tugas Blogger bikin seunik mungkin dan seberharga mungkin agar artikel dapat bertahan lama di halaman pertama Google pencarian.

      Hapus
  4. kalau kita bikin artikel kebetulan sebagian kata katanya ada yang sama dengan artikel blog lain yang membahas topik yang sama apa artikel kita termasuk artikel copas om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sama nya bagaimana, kalau dominan sama itu artinya duplikat dan google bot tidak begitu respek pada konten artikel yang ada di website atau blog tersebut.

      Hapus
  5. Mas nino bgm cara tawarkan artikel pada blog....pemula nih serba bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, maksudnya dari pertanyaan cara menawarkan artikel pada blog itu bisa lebih diperjelas dan contohnya seperti apa mas? Apakah yang di maksud cara agar blog dapat menghasilkan uang dari Google? Atau Cara agar situs web/blog menghasilkan uang dari iklan? Cara agar blog dapat menghasilkan uang itu banyak pilihannya, yang paling umum itu dari iklan. Nah, untuk referensi saya sarankan mas Topan baca lebih dulu artikel saya yang berjudul 8 cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Setelah artikel itu di baca dan di pahami, nanti mas Topan nggak akan bingung lagi dan bisa menjelaskan secara spesifik apa yang mas Topan mau. Semoga membantu. :)

      Hapus
  6. Bang Nino saya mau tanya poin "langkah demi langkah penulisan artikel supaya lulus duplikasi" di situ saya sedikit kawatir..
    secara tidak disengaja sebelum saya masuk ke artikel Bang Nino ini.. saya sempat coba2 mencari artikel saya yang berjudul "Gobak Sodor" (saya ketik judulnya saja),, ternyata judul tersebut/artikel saya tidak muncul.. sampai saya coba dengan pencarian "Gambar".. gambar artikel saya pun tidak muncul...
    Memang banyak sekali artikel orang lain tentang "Gobak Sodor" yang muncul di situ.. saya coba untuk mencoba buka artikel orang lain tersebut (dengan judul yang sama) eh ternyata tanggal pembuatannya setelah tanggal pembuatan artikel saya (Gobak Sodor)... ditambah lagi web orang tersebut atribut seperti (Pripacy policy, TOS, About) tidak diterapkan...kalimatnyapun begitu singkat (jumlah katanya cuma sedikit)..
    Munkinkah artikel saya tidak lulus duplikasi? Meski proses pembuatannya lebih tua dari artikel orang tersebut (baru tahu juga saya tentang informasi rewrite).. atau ada alasan yang lain tentang trik2 bloging supaya artikelnya berada di puncak pencarian?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhananya, konten artikel yang unik, belum tentu isi konten nya langka atau hanya satu-satunya. Maksudnya, kalau kita nulis artikel tentang "gobak sodor" misalnya, konten tetap akan unik selama di tulis sendiri (bukan jiplak) walaupun setelah atau sebelumnya ada konten artikel dengan pembahasan tentang "gobak sodor.

      Konten artikel yang berada di puncak hasil pencarian google, ada banyak faktor penentunya.

      Ada lebih dari 200 faktor penentu peringkat artikel di SERPs. Diantaranya adalah konten artikel unik, berharga, enak dibaca, lengkap, mengikuti pedoman webmaster Google, dll.

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.