8 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Cara mendapatkan uang dari internet adalah alternatif atau pilihan yang paling banyak dilakukan orang-orang di era ini. Bahkan ada yang menduga cara mencari uang di internet adalah jalan cepat mendapatkan penghasilan online. Fakta nya tidak semudah yang dibayangkan. Semua butuh proses, Pada dasarnya baik kerja online atau pun offline membutuhkan usaha ekstra. Usaha sukses melalui internet tidak dibangun dalam semalam. Perlu strategi yang cukup kompleks!

Banyak hal dipertaruhkan untuk mendapatkan uang dari internet. Mulai dari waktu, tenaga, pikiran, perasaan sampai ke uang. Namun jangan kecil hati, untuk anda yang memiliki tekat dan komitmen yang kuat, hal tersebut bukan menjadi masalah yang berarti, mengingat peluang untuk mendapatkan uang dari internet memiliki prospek yang cukup jelas.

Era teknologi informasi adalah era dimana semua orang mulai melek internet. Peluang terbuka lebar dan masih banyak lahan yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan online. Yang perlu kita ingat adalah menyesuaikan dengan bakat dah minat. Berikut ini, ada beberapa pilihan terbaik bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari internet.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet


8 tips mendapatkan uang dari internet

1. Jualan produk. Berjualan online bisa dijalankan dengan memanfaatkan situs pasar online (marketplace) yang sudah mapan. Walaupun anda menumpang, ini tak bisa dianggap remeh. Anda bisa berjualan apapun sesuai dengan syarat dan ketentuan situs e-commerce. Inilah konsep marketplace. Anda tidak perlu memikirkan perkembangan situs, biaya situs dan praktik-praktik rumit lainnya.

Tanpa itu semua, anda bisa melakukan penjualan secara gratis. Poin penting yang penulis sampaikan adalah mendapatkan lahan yang lebih strategis dengan situs pasar online yang populer dan tepercaya. Contoh, OLX, Kaskus FJB, Tokopedia, Lazada dan lain-lain.

Beberapa situs yang penulis sebutkan hanya segelintir dari sekian banyak situs pasar online yang mapan dan populer. Jualan online memang tidak selalu dari situs pasar online besar yang memiliki batas waktu iklan dan persyaratan yang cukup ketat. Anda sendiri bisa membuat lahan di grup Facebook, Google+, Twitter dan lain sebagainya.
Baca juga: 3 Cara Ampuh Pasang Iklan di Internet.
Perlu di ingat, membuat lahan pasar online secara mandiri memerlukan proses panjang, mulai dari branding, kredibilitas dan lain sebagainya. Setelah semuanya terbangun dengan baik, calon pembeli bisa di arahkan ke kontak ponsel, email, bbm dan lain-lain. Untuk yang satu ini disesuaikan saja dengan kenyamanan anda sebagai pengelola usaha/bisnis.

2. Jualan jasa/layanan. Menawarkan jasa/layanan adalah bagian dari penjualan keahlian atau daya yang anda miliki untuk konsumen. Memasarkan jasa/layanan umumnya dilakukan oleh orang yang sudah memiliki keterampilan. Jasa/layanan yang dapat dilakukan adalah jasa membuat website/blog, jasa custom domain, jasa penulis artikel, jasa download file, dan jasa-jasa lainnya.

Jika anda tidak memiliki keterampilan sama sekali, anda bisa menawarkan jasa pihak pertama. Artinya anda harus bersedia menjadi pihak kedua. Carilah orang terdekat yang bisa dipercaya. Misal, kerabat, teman, atau mungkin orang sekitar yang anda anggap memiliki keterampilan.

Setelah anda mendapatkan orang yang tepat, lakukan negosiasi untuk suatu kesepakatan sistem atau pembagian hasil kerja yang menguntungkan kedua belah pihak. Dengan cara ini, anda bisa menjual jasa orang lain diluar keahlian/keterampilan yang anda miliki.

Lalu, bagaimana jika waktu anda terbatas tetapi anda tetap menginginkan calon konsumen produk dan jasa milik anda hadir? Keluarkan sedikit modal agar produk dan jasa anda berada pada website/blog profesional.

Memasang iklan secara mandiri adalah pilihan yang cukup efektif. Secara umum, blog personal yang cukup populer akan mengenakan biaya bulanan untuk jenis space iklan berbagai bentuk atau konten artikel.

Situs yang sudah cukup populer akan menampilkan iklan anda selama anda membayar biaya sewa iklan. Ada yang minimal 3 bulan dan ada yang 1 bulan, setelah habis masa iklan, anda bisa memperpanjang kotrak atau tergantung keinginan.

Nah pertanyaan nya adalah, apa bisa sekali bayar tapi iklan anda selamanya bisa berada di situs populer? Jawabannya adalah sangat bisa. Kebetulan penulis memiliki patner kerja yang sudah memiliki situs populer dengan trafik cukup tinggi setiap harinya (hubungi saya untuk info lebih lanjut).

3. Jasa penulis artikel. Jasa menulis artikel adalah cara terbaik untuk berbagi ide atau gagasan. Saat kegiatan ini jadi bagian hobi anda, maka anda tidak akan merasa sulit untuk membuat artikel yang berkualitas. Hasil tulisan anda bisa anda tawarkan ke orang lain, karena saat ini banyak sekali website/blog yang membutuhkan penulis artikel.

Lakukan promosi dan jual hasil karya tulis milik anda dengan harga yang sesuai atau wajar. Anda bisa melakukan negosiasi harga tulisan atau jasa penulisan ke orang-orang yang membutuhkan. Bagi anda yang baru pertama kali menjual jasa penulis artikel, berikan harga termurah anda atau ikuti aturan main agen artikel.

Jika kualitas tulisan anda meningkat, maka agen artikel akan membantu anda meningkatkan harga jual atau jasa tulisan anda. Agen artikel akan membantu para pemula untuk meningkatkan besaran nominal yang sesuai dengan kualitas konten artikel nya.

4. Jasa membuat blog/website. Jasa membuat blog/website umumnya bisa dikerjakan siapa saja, tetapi untuk kualitas sebuah blog, tidak semua orang bisa membuat. Fakta ini sekaligus membuka peluang untuk anda lebih luas lagi! Tawarkan jasa membuat blog/website ke orang lain yang membutuhkan. Ini adalah alternatif mendapatkan uang dari internet yang tak bisa di anggap remeh.

5. Jasa download file. Jasa download adalah jasa untuk aktivitas download apapun sesuai dengan syarat dan ketentuan yang anda buat. Anda bisa membuka jasa ini dengan harga yang bersaing tentunya. Secara umum, orang yang menyediakan jasa download file akan menentukan harga berdasarkan besaran file. Jasa download bisa berbentuk DVD/CD. Sesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang anda buat.

Cara mendapatkan uang dari jasa download ini cukup bagus, mengingat tidak semua orang mau mendownload file berukuran besar, seperti game, film, software, dan lain sebagainya. Agar proses transaksi berjalan dengan baik, anda perlu membuat syarat dan ketentuan.

Misalnya, proses berjalan jika pemesan memberikan uang muka (DP) terlebih dahulu dan mengirimkan alamat/link download yang sudah ditentukan pihak pemesan.

6. Dropshipper. Dropship adalah sistem dimana anda sebagai pelaksana, menjual produk ke konsumen. Jadi anda tidak perlu memiliki stok produk/barang. Kelebihan dari sistem dropship adalah mempermudah. Mulai dari pengemasan barang, jasa pengiriman, semua ditanggung oleh supplier

Data yang tertera saat barang dikirim ke konsumen anda adalah data milik anda sebagai dropshipper. Dimanapun lokasi supplier, mereka tetap akan mencantumkan data anda, dan konsumen akan tetap menganggap anda sebagai supplier. Asik disangka bos. Hehe..

Banyak supplier/seller menggunakan sistem dropshipper. Tugas anda adalah mencari supplier/seller yang tepercaya, agar anda tak dirugikan. Produk yang dapat dijual biasanya tas, jaket, kaos, kemeja, sepatu, alat kecantikan dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu fokus pada penjualan. Pihak supplier akan memfasilitasi anda dengan gambar dan deskripsi produk yang akan dipasarkan. Anda bisa promosi melalui media sosial agar produk dari supplier tersebut laku atau terjual.

7. Program periklanan. Secara ringkas program advertising berasal dari agen pengiklan. Agen periklanan adalah pihak kedua dan tidak menutup kemungkinan menjadi pihak pertama. Jenis iklan mandiri misalnya, adalah jenis iklan tanpa agen periklanan.

Sering lihat iklan di televisi? Media elektronik tersebut adalah pihak ketiga sebagai pengiklan, karena biasanya pihak pertama (pemilik iklan) memberikan hak pengelolaan kepada advertiser (agen periklanan). Oke sampai disini bisa dipahami?

Jika anda menjadi pengiklan maka anda adalah pihak ketiga (publisher iklan), semua syarat dan ketentuan sudah di atur oleh agen periklanan. Ada dua kemungkinan, ditawarkan menjadi publisher iklan oleh agen periklanan atau anda yang mengajukan permohonan kerja sama pada agen periklanan.

Agen periklanan yang bonafit biasanya menunggu pihak pelamar atau orang yang mengajukan permohonan kerja sama. Setelah permohonan disetujui secara penuh, maka anda resmi menjadi pihak ketiga dan sekaligus menjadi publisher iklan.

Untuk menjadi publisher iklan tanpa adanya agen periklanan, anda perlu memiliki website/blog dengan trafik yang cukup tinggi. Pihak advertiser akan tertarik jika situs sudah memiliki pengunjung atau trafik yang cukup. Misal sekitar 1.500-5000 unik visitor per hari.

Pada dasarnya, pihak iklan mandiri memiliki persyaratan dan ketentuan khusus, mulai dari trafik, loading blog, penampilan blog, popularitas blog dan tentunya memiliki domain sendiri. Untuk itu anda perlu menyediakan space iklan di website/blog anda atau panduan khusus terkait pemasangan iklan.

Memang agak sulit untuk mendapatkan iklan mandiri. Mereka yang belum berminat bukan berarti melupakan keampuhan melakukan promosi dalam bentuk iklan, namun mengingat ada biaya yang perlu diperhitungkan dan hal tersebut perlu adanya strategi yang cukup tepat agar tak merugi.

Hal-hal seperti itu wajar terjadi, mengingat keterbatasan sistem yang mereka miliki, jauh berbeda dengan fasilitas dan sistem yang dimiliki oleh agen periklanan yang bonafit. Agen periklanan Google AdSense misalnya. Ini agen besar dan bonafit.

Pihak AdSense dapat mengatur bagaimana cara agar pengiklan tak mengalami kerugian dan mendapatkan hasil kerja sama yang memuaskan, baik dari publisher iklan, pemilik iklan dan agen periklanan (adsense) itu sendiri.

Dengan cara menjadi Publisher AdSense, anda dapat menghasilkan uang dari internet. Bukan hal mudah menjadi publisher iklan di perusahaan ternama. Pasalnya, agen periklanan selalu memberikan syarat dan ketentuan yang rumit bahkan mengikat.

Google memiliki produk Google AdSense. Anda bisa menjadi pihak penayang iklan AdSense dengan syarat dan ketentuan yang cukup kompleks. Saya tidak akan membahas syarat dan ketentuan secara detail disini, mengingat pembahasan tersebut akan sangat panjang.

Memang, bukan hanya Google AdSense yang menjadi agen periklanan, masih banyak perusahaan periklanan lain. Namun, program periklanan lain saat ini belum bisa dikatakan adil, alangkah lebih baik jika penulis tidak membahasnya.

8. Afiliasi. Afiliasi adalah sistem yang memberikan opsi referensi suatu produk dan sebagainya. Cara kerja program ini menuntut anda untuk mereferensikan produk dan jasa ke konsumen dan anda akan mendapatkan imbalan jika konsumen melakukan tindakan yang diinginkan pemilik program afiliasi tersebut. Contoh, Blibli, Lazada, dan Bhineka adalah perusahaan yang menyediakan program afiliasi.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan yang dapat kita tentukan sesuai dengan keinginan. Ini hanya sebagian kecil saja! Cobalah salah satu pilihan yang anda rasa tepat/cocok, dan percayalah, tidak ada usaha yang sia-sia. Daripada anda hanya berangan-angan, lebih baik wujudkan impian dengan tindakan. Lakukan sekarang dan lupakan ketakutan dan keragu-raguan yang justru menghambat perkembangan.

Kita dan mereka menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik, selagi ada ruang untuk maju ke depan, maka bergegas lah, karena antrian sudah mulai ada saat artikel ini anda baca. Itu saja yang dapat penulis sampaikan tentang 8 cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

19 Responses to "8 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula"

  1. Sampai-sampai saya bingung mau pilih yang mana untuk mencari uang di internet selain Adsense, mantab artikelnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas, jangan bingung-bingung. Pilih salah satu yang paling mudah dulu mas. Hehe..

      Delete
  2. Replies
    1. Thanks mas bos, mudah-mudahan bisa diterapkan.

      Delete
  3. Mantap mas artikelnya, itu saja masih sedikit yang diulas dari cara mendapatkan uang melalui internet ya, bagaimana kalau dikupas tuntas? bisa jadi ebook juga tuh.

    Kalo menurut saya semua itu tergantung niat dan segala usahanya dalam mewujudkan apa yang diinginkan, yang penting pantang menyerah ketika kegagalan menghantam.

    Salam sukses selalu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, untuk beberapa pilihan mencari uang secara online memang tidak saya kupas tuntas. Karena saya ada rencana bikin strategi konten pilar.

      Selain itu, saya juga menyesuaikan dengan judul artikel agar lebih relevan dan poin-poin di atas bisa dicerna para pembaca.

      Sebab yang saya tau, kalau terlalu banyak dikasih pilihan, calon pembisnis jadi bingung mau mulai dari yg mna dulu, saat mereka bimbang menentukan pilihan, ini yang bakalan bikin praktek terabaikan, walaupun tak terabaikan, dari pilihan yang banyak sering bikin pejuang nyerah ditengah jalan pas ada kendala. Bisa macet di tengah jalan karena program pikirannya memiliki keraguan saat apa yg dipilih menuai hambatan. Otomatis pikiran jadi kurang fokus dan kurang keseriusan.

      Bisa kurang serius karena memang pikiran memberikan perintah optional.

      Makanya ada istilah:

      Orang gagal adalah orang yg selalu dipenuhi dengan pikiran, bukan di penuhi oleh tindakan yang optimal.

      Salam sukses untuk kita semua.

      :)

      Delete
    2. Wah mantap nih. Jadi rencananya berseri ya artikelnya. Ide yang bagus.

      Iya juga sih kalau pemula dikasih opsi terlalu banyak jadi ga fokus akhirnya cuma coba sana sini. N ketika gagal malahan menjadi kapok ya.

      Nahh keknya tugas kita semua sebagai blogger nih buat ngasih referensi artikel yang mengedukasi.

      Delete
    3. betul banget mas, saya mau bikin beberapa bagian dari satu artikel panjang, artikel utama di bikin panjang tujuannya untuk pengembangan kata kunci dan artikel pecahannya dibikin artikel padat.

      Untuk masalah pilihan memang sebagai blogger dalam menekuni dunia blogging perlu memecah informasi yang sekiranya bisa di konsumsi para pemula. Kalau di gambung dan menjadi kompleks, mereka bakal bingung. Artinya mereka tidak dapat manfaat, kita sebagai blogger kan nggak bisa ego juga, kalau mentingin ego bisa aja sih, tujuannya cumu trafik kejaring. Blogger yang bijak tidak akan memikirkan dirinya sendiri.

      Delete
  4. Hmmm bener banget ini mas.
    Kalau dipikir zaman sekarang itu caro duit gampang ada kemauan dan kerja keras, terlebih anak-anak muda kreatif. bayangkan saja cuma didepan PC aja di bayar, trus siapa itu orang luar negri yang hobby main game trus di upload di youtube itu ? ngomong kasarnya itu kan main game aja dibayar.
    gdluck sobb dan salam kenal sobb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jaman sekarang diem dirumah bisa tetap menghasilkan tapi dengan catatan. Tahu strategi rahasinya dan jangan lupa lengkapi alat tempur. Salah satunya koneksi internet. Kalau orang yang pikirannya kuno pasti bingung. Orang bisa bingung karena belum tau rumus nya. Hehe.. Oke mas salam kenal kembali. :)

      Delete
  5. Banyak jalan ya untuk mendapatkan uang, para penulis pemula seperti saya juga kepingin nyicip tumpukan Dollar dari bekerja online.
    Tapi sedikit bingung juga sih mas! Soalnya dirumah sudah menanam pohon duit! 😂 Jadi sekarang kebingungan mau dibuangin kemana ya 😁

    ReplyDelete
  6. Ikut urun ide ya mas nino....
    Selain ide di atas ikut survey online juga bisa menghasilkan. Ditambah lagi jadi mistery shopper, juga ok.... Pengalaman pribadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga ide nya, pengalaman saya ikut survei online selain imbalan nggak sebanding, ngumpulin nya bisa lama, tapi nggak ada salahnya nyoba nyari duit dari internet dari survei online, karena memang beberapa orang pernah nyiapin uang sari isi survei.

      Saya pribadi malah belum pernah gajian dari program survei, kebanyakan program survei gak akan ngirim pertanyaan lagi pas mendekati masa ambang pembayaran dengan alasan belum ada yang pas untuk profil pengisi survei.

      Delete
    2. Kemaren uda perna 2x gajian dari survey online, lumayan dpt $100 sedang untuk mistery shopper jg menyenangkan... Kebetulan untuk resto siap saji, uda makan gratis di gaji pula....

      Delete
    3. Berapa bulan baru bisa dapet $100 dan dari penyedia mana ya kalau boleh tau mbak? Satu lagi pertanyaan, mysteri shopper itu mirip ghost shopper yak?

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Terimakasih mas artikelnya. Sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali dan selamat bereksperimen agar bisa memaksimalkan pendapatan uang dari usaha online nya mas.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.