Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal

Jenis ikan cupang aduan dan ikan hias termahal - Ikan cupang/cupan adalah jenis ikan air tawar yang habitatnya berasal dari beberapa negara di asia tenggara, antara lain yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan cupang mempunyai bentuk dan karakter yang sangat unik dan juga cenderung sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Di kalangan para penggemar ikan cupang, mereka memberikan keterangan bahwa ikan cupang terbagi menjadi tiga golongan, apa sajakah? Cupang hias, cupang aduan, dan yang terakhir adalah cupang liar. Tahukah anda, di Indonesia memiliki varian cupang? Salah satu ikan cupang terkenal asli Indonesia adalah Betta Channoides yang di temukan di daerah Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah jenis ikan yang sangat kuat untuk bertahan hidup dan dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama, sekali pun kita menempatkan ikan cupan tersebut di dalam wadah dengan volume air yang sedikit dan juga tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan cupang akan tetap bertahan hidup. Luar biasa bukan?! Beberapa ikan cupang yang terkenal dan cukup di kenal, antara lain sbb:


1. Betta taeniata (Banned Betta)
2. Betta foerschi (Purple Saphire Betta)
3. Betta unimaculata (Golden Slender)
4. Betta picta (Painted Betta)
5. Betta pugnax (Forest Betta)
6. Betta anabantoides (Pearly Betta)
7. Betta macrostoma (Bruney Beauty)
8. Betta edithae (Betta Brederi)

Jenis-jenis ikan cupang di atas di kenal sebagai mouth breeder, yaitu ikan cupang yang mengerami telur nya di dalam mulut. Selanjutnya ikan cupang yang
 membangun sarangnya dengan busa atau bublle nest.

1. Betta akarensis (Sarawak Betta)
2. Betta coccina (Clorat's Betta)
3. Betta bellica (Standard's Betta)
4. Betta tesyae (Peaceful Betta)
5. Betta smaragdina (Emerald Betta)
6. Betta imbelis (Slugger's Betta)
7. Betta splendens (Siamese Fighting Fish)

Ikan cupang hias lalu di bagi lagi menjadi beberapa golongan yakni sbb:
  • Halfmoon atau setengah bulan. Cupang jenis ini mempunyai sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Nah jenis cupang Halfmoon ini pertama kali di budidayakan di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982 
  • Crowntail atau ekor mahkota (serit) 
  • Double tail atau ekor ganda 
  • Plakat Halfmoon Giant atau cupang raksasa. Jenis cupang ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, dan cupang jenis ini memiliki ukuran yang bisa mencapai 12 cm

Ikan cupang aduan dan ikan hias termahal

Jenis ikan cupan aduan dan ikan hias termahal saya awali dengan ikan albino. Albino bisa kita sebut sebagai ikan cupang langka, ikan ini lumayan sulit kita temukan, karena kalaupun ada maka harga ikan cupang jenis ini bisa selangit harganya. Contohnya, ikan cupang milik peternak asal Bangkok Thailand di lelang dengan pembukaan dua ratus lima puluh dollar.

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal


Ikan cupang jenis Giant, oleh peternak nya diberi nama Ivory Giant Dumbo Betta ini saat masuk pelelangan sudah berumur sekitar 3,5 bulan dengan panjang tubuh 2 inchs. Tetapi menurut peternak ikan Ivory Giant Dumbo Betta, ikan tersebut masih dapat tumbuh hingga 2,5-3 inchs di umur 4-6 bulanan. Kondisi ikan cupang itupun sudah memiliki jaminan dalam keadaan sehat walafiat.


Jenis Ikan Cupang Petarung

Ikan cupang plakat berasal dari istilah di Negara Thailand yang makna nya adalah tarung atau laga. Sesuai dengan nama ikan, jenis ikan cupang ini bisa kita fungsikan sebagai cupang aduan. Thailand memang memiliki tradisi adu cupang dan dari informasi yang saya kumpulkan, tradisi adu cupang di Thailand sudah melegenda loh.

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal


Ekor dan juga sirip ikan cupang plakat biasanya pendek, karena pendek, sirip ikan itu terlihat gahar dan harga ikan tersebut saat ini berkisar lima ribu sampai tiga ratus ribu.

Ikan cupang Crown Tail atau Serit. Ini ikan kebanggaan kita, kenapa saya mengatakan kebanggaan? Karena ikan cupang serit ini di cetus kan oleh para hobies dari daerah Slipi, Jakarta. Ikan cupang serit dapat mendunia karena variasi pada keindahan ikan serit. Ikan serit tergolong ikan hias air tawar, atau disebut sebagai ikan crown tail.

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal


Ikan cupang serit tersebut memiliki bermacam-macam varian. Salah satu diantaranya varian serit tunggal dan ganda. Keindahan pada ikan cupang serit sudah di akui oleh dunia dan sudah juga di pertandingkan di International Betta Congress (IBC). Harga Ikan Cupang Crown Tail atau serit tersebut berkisar lima ribu sampai tiga ratus ribu.

Ikan Cupang Halfmoon atau bulan Sepotong, seperti namanya, jenis ikan cupang ini mempunyai sirip dan ekor yang terlihat seakan-akan menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping, pada sirip cupang halfmoon berbentuk bulan sebelah.

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal


Ikan cupang halfmoon di budidayakan karena keindahan ikan nya dan jenis ikan cupang tersebut juga memiliki varian warna yang cukup banyak. Harga untuk ikan cupang Halfmoon tersebut berkisar lima ribu sampai tiga ratus ribu. Ada kemungkinan harga cepat sekali berubah dan merangkak naik jika ikan tersebut memenangkan lomba atau kontes.

Ikan cupang Double Tail atau cagak, ikan cupang jenis ini disebut dobel tail atau doble tail karena pada bagian ekor nya terbelah menjadi dua bagian. Ikan cupang ini termasuk jenis ikan yang cukup sulit di budidayakan.

Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal


Karena susahnya ikan tersebut untuk dikembangkan, tak heran jika ikan jenis Doble Tail sulit kita temukan. Untuk harga ikan cupang double tail ini berkisar sepuluh ribu sampai dengan tiga ratus ribu.

Hanya itu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk teman-teman yang kebetulan memiliki hobi di cupang bisa meninggalkan jejak atau komentar di blog ini. Kebetulan saya menyediakan beberapa ikan cupang. Jika berminat, bisa hubungi saya langsung. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

6 Responses to "Jenis Ikan Cupang Aduan dan Ikan Hias Termahal"

  1. mantap gan, ane dulu juga penggemar cupang

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis cupang hias atau cupang aduan gan? Hehe

      Delete
    2. kalo ane mah lebih ke hias nya gan, lebih indah di mata, haha

      Delete
  2. Kalo dari sisi tampilan, saya suka Giant Betta soalnya berotot dan ukurannya gede banget untuk seukuran ikan laga.. tapi sayang, dia agak lemah.

    Kalo dari sisi kekuatan, beeuuhhh ikan laga jenis cupang plakat juaranya. Dulu punya beberapa, favorit saya waktu itu punya nama, saya beri nama John Travolta, warnanya biru, paling ganas diantara koleksi saya lainnya. Wkwkwkw

    Tapi sekarang sudah insyaf, soalnya berdosa hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha :>) iya kl kesitunya sih, tapi kl arahnya lebih ke kompetisi ngincer piala kan gpp sih mas bro. Wkwkwk mmg godaan utk kearah sana selalu ada.

      Delete
  3. dulu pernah punya ikan cupang serit merah, saya test diadu sama cupang lain, akibatnya ekornya robek jadi mirip double tail tapi ikan serit. haha akhirnya saya beri air garam biar cepet pulih, entahlah itu berefek atau ga. Tapi begitu sembuh agak nyesel juga karena ekornya seperti terlipat. haha :v

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.