Urutan Versi Android 2016

Urutan Versi Android 2016 - Android dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open handset Alliance (OHA), yang telah merilis sejumlah pembaharuan sistem operasi ini sejak dirilis nya versi awal pada bulan April tahun 2009. Versi android di kembangkan dengan kode yang diberi nama berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut.

Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet loh, yakni cupcake one.5, Donut 1.6, Eclair 2.0 sampai 2.1, Froyo 2.2 sampai 2.2.3, gingerbread 2.3 sampai 2.3.7, Honeycomb 3.0 sampai 3.2.6, ice cream Sandwich 4.0 sampai 4.0.4, jelly bean 4.1 sampai 4.3, dan yang terakhir adalah KitKat 4.4.

Urutan Versi Android

Kitkat ini yang cukup cepat dikenal namanya daripada nama-nama versi Android yang lain nya. Android Kitkat versi 4.4 dirilis pada tanggal 3 di bulan Sep dan di tahun 2013. Google juga mengumumkan perihal perangkat seluler yang digunakan konsumen.

Google mengatakan bahwa lebih kurang sekitar 1 miliar perangkat seluler aktif di seluruh dunia telah menggunakan software (OS) Android. Pembaharuan utama terbaru versi Android adalah Lollipop 5.0 yang telah mereka rilis pada 3 November 2014.

Urutan Versi Android 2016

Urutan versi Android ini di urut kan secara kronologis berdasarkan level antarmuka pada pemrograman aplikasi (API). Menurut API urutan versi atau level pada Android ada 19 level.
  • Android 1.0 (API level 1)
  • Android 1.1 (API level 2)
  • Android 1.5 cake (API level 3)
  • Android 1.6 donut (API level 4)
  • Android 2.0 eclair (API level 5)
  • Android 2.0.1 eclair (API level 6)
  • Android 2.1 eclair (API level 7)
  • Android 2.2–2.2.3 Froyo (API level 8)
  • Android 2.3–2.3.2 gingerbread (API level 9)
  • Android 2.3.3–2.3.7 gingerbread (API level 10)
  • Android 3.0 Honeycomb (API level 11)
  • Android 3.1 Honeycomb (API level 12)
  • Android 3.2 Honeycomb (API level 13)
  • Android 4.0–4.0.2 ice cream Sandwich (API level 14)
  • Android 4.0.3–4.0.4 ice cream Sandwich (API level 15)
  • Android 4.1 jelly bean (API level one6)
  • Android 4.2 jelly bean (API level 17)
  • Android 4.3 jelly bean (API level 18)
  • Android 4.4 KitKat (API level 19)
  • Android 5.0 Lollipop (API level 21)

Sejarah versi Android

Android, Inc. didirikan di palo alto, CA pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin. Andy Rubin ini adalah pendiri Danger, sedangkan rich miner adalah pendiri wildfire Communications, Inc, dan Nick Sears adalah mantan VP T-Mobile, adenosine deaminase seorang lagi yang bernama Chris White, beliau adalah kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk mengembangkan "perangkat seluler pintar yg lebih sadar Akan lokasi dan preferensi penggunanya".

Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, tapi dengan berjalannya waktu kemudian hal ini disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar dan pengembangan Robot Hijau lalu dialihkan oleh mereka bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu).

Android INC awalnya dioperasikan secara diam-diam dan hanya di ungkap kan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler.

Masih pada tahun yang sama si Rubin kehabisan uang nih ceritanya. Nah Steve Perlman, seorang teman dekat Rubin rela meminjamkan uang kepada Rubin sebesar $10.000 tunai dan menolak tawaran saham di perusahaan. Google mengakuisisi Android INC pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Pendiri Android INC seperti Rubin, miner dan White tetap bekerja di perusahaan setelah di akuisisi oleh Google.

Setelah itu, tidak banyak yang diketahui tentang perkembangan Android INC, namun banyak anggapan yang menyatakan bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler dengan tindakan nya tersebut. Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel UNIX system. Lalu setelah itu Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbarui.

Google telah memilih beberapa Mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerjasama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.


HTC Dream, ponsel Robot Hijau pertama

Spekulasi tentang niat Google untuk memasuki pasar komunikasi seluler terus berkembang hingga bulan Desember 2006. Sampai BBC dan Wall Street Journal melaporkan bahwa Google sedang bekerja keras untuk menyertakan aplikasi dan mesin pencari nya di perangkat seluler. Berbagai media cetak dan media daring mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan merek Google.

Beberapa diantaranya ber-spekulasi bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknis nya, termasuk produsen telepon seluler dan operator jaringan. Pada bulan Desember 2007, InformationWeek melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler dan pada tanggal 5 Nov 2007 Open handset Alliance atau OHA didirikan.

Siapa OHA?

OHA adalah konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, produsen perangkat seluler seperti HTC, Sony dan Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, serta produsen chipset seperti Qualcomm dan TX Instruments. OHA sendiri bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler. Pada Saat itu, Robot Hijau diresmikan sebagai produk pertamanya.

Sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel UNIX system versi 2.6. Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan Sistem Operasi Robot Hijau adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada tanggal 22 bulan Oktober tahun 2008.

Pada tahun 2010 Google merilis seri Nexus. Nexus adalah perangkat telepon pintar dan Tablet dengan sistem operasi Robot Hijau yang diproduksi oleh Mitra produsen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung.

HTC bekerjasama dengan Google dalam merilis produk telepon pintar Nexus pertama, yakni Nexus One. Seri ini telah diperbarui dengan perangkat yang lebih baru, misalnya telepon pintar Nexus 4 dan tablet Nexus 10 yang diproduksi oleh LG dan Samsung.

Lalu pada 15 Oktober 2014, Google mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 yang diproduksi oleh Motorola dan HTC. Pada 13 Maret 2013, Larry Page mengumumkan dalam postingan blognya bahwa Andy Rubin telah pindah dari divisi android untuk mengerjakan proyek-proyek terbaru di Google.

Beliau digantikan oleh Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, yang mengembangkan Chrome OS sejak tahun 2008, Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Setiap versi utama yang di rilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau cemilan manis. Contoh nama-nama cemilan manis atau makanan pencuci mulut tersebut sudah saya uraikan di paragraf atas. Nah untuk saja yang bisa saya uraikan terkait urutan versi android 2016, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Urutan Versi Android 2016"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.