Cara Belajar SEO Untuk Pemula Dengan Teknik Modern

Cara belajar SEO untuk pemula dengan teknik modern - Mari kita bahas secara sederhana dari sudut pandang yang lebih realistis. Menulis lah untuk di baca manusia, bukan hanya untuk robot. Inilah yang sebenarnya mengenai ilmu SEO terbaik bagi pemula dengan teknik modern. Mengapa? Karena mesin pencari menggunakan perilaku manusia untuk menentukan peringkat kueri di hasil pencarian atau search engine results page (SERP).
Cara Belajar SEO Untuk Pemula
Belajar SEO
Artikel ini saya tulis karena terjadi selisih paham antara saya dengan seseorang di forum yang saya ikuti tentang search engine optimization (SEO) VS kualitas konten artikel untuk blog/website. Mana yang lebih penting bagi blogger pemula, apakah hanya berpikir tentang SEO, ataukah fokus pada cara membuat tulisan yang berkualitas, enak di baca dan dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca???

Sebenarnya kegiatan blogging untuk menulis atau untuk SEO sih? Beberapa pakar mengatakan, blogging adalah tentang menulis, bukan tentang hitungan matematis. Belajar SEO secara ekstrim belum tentu membuat konten artikel anda menjadi berkualitas, namun jika anda belajar menulis artikel yang berkualitas, maka anda akan memiliki artikel yang SEO Friendly.

Diskusi di salah satu forum yang saya ikuti menjadi begitu memanas, karena respons yang saya dapatkan begitu mengejutkan. Saya di anggap takut bersaing dan memberikan pemahaman sesat terkait ideologi seorang pemula dalam membangun, mengelola dan mengembangkan traffic blog/website.

Mesin pencari (search engine) tidak hanya butuh kuantitas, tetapi juga membutuhkan kualitas. Menulis lah untuk manusia, bukan hanya untuk robot. Jika kita mampu, kualitas dan kuantitas konten di maksimal kan secara bersamaan.

Robot memahami konten yang ada di situs web atau blog dengan bahasa kode, itu artinya SEO lebih di khususkan untuk robot. Sedangkan teknik SEO modern adalah memadukan antara keduanya, baik manusia dan mesin pencari.


Strategi SEO adalah pendukung konten artikel

Blog atau situs website yang menggunakan taktik SEO secara berlebihan memang akan membuat konten artikel berada di halaman pertama mesin pencari. Namun, dengan berjalannya waktu hal tersebut berdampak buruk, karena konten artikel akan disingkirkan oleh spiderbot dari mesin pencari.

Penyebab konten artikel merosot secara terus menerus di mesin pencari paling umum diakibatkan kelalaian seorang penulis. Penulis abai terhadap keyword stuffing, keyword density, dan faktor lain yang dapat membuat blog di anggap spam dan berkualitas rendah.

spiderbot akan menunggu reaksi para pengunjung blog. Algoritma google akan membaca perilaku pengunjung, jika pengunjung situs merasa kurang nyaman dan tidak puas, maka mesin pencari akan tahu itu.

Algoritma mesin pencari diciptakan untuk melakukan deteksi perilaku manusia terhadap konten-konten artikel yang sudah diberi peringkat. Setelah algoritma memahami pola dan perilaku manusia, robot dapat menurunkan atau mengangkat konten artikel hanya dengan mendeteksi respons pengguna mesin pencari.

Mesin pencari dapat di manipulasi, tetapi manusia tidak dapat manipulasi. Mengapa?! Karena manusia dapat membedakan tulisan yang baik, bermanfaat, berkualitas, enak dibaca, dan relevan. Apakah anda setuju jika saya mengatakan teknik SEO paling modern terletak pada kepuasan pengguna mesin pencari?

Kualitas konten artikel bagian dari SEO modern

Menulis konten artikel dengan cara yang baik dan benar adalah bagian dari praktik belajar SEO itu sendiri. Bagi blogger pemula yang saat ini memiliki sedikit posting artikel, mari kita menulis dan lupakan sementara teknik SEO kuno.

Apa boleh pemula fokus untuk belajar SEO? Sangat boleh, kita bisa belajar SEO kuno setelah kita memahami dan mengerti cara membuat artikel yang berkualitas terlebih dahulu, karena membuat artikel berkualitas juga bagian dari praktik SEO loh.

Apakah metode SEO modern ini menyesatkan?

Saya tidak mengatakan belajar SEO untuk pemula tidak penting, karena konten artikel yang berkualitas juga bagian dari SEO On-Page. Konsep SEO On Page adalah benteng paling utama dan sangat mendasar yang harus kita pahami sebagai seorang blogger pemula yang baru saja terjun ke dunia blogging.

Praktik dan teknik SEO selalu berkembang

Beberapa pakar SEO dari kedua kubu (topi putih dan hitam) sepakat, bahwa teknik SEO untuk blog/website selalu mengalami perubahan. Pertanyaan nya, apakah ilmu menulis tidak berkembang dan berubah? Ilmu menulis juga berkembang, maka dari itu kita sebagai pemula perlu belajar membuat konten artikel yang baik dan berkualitas.

Konten artikel yang bermanfaat adalah konten artikel yang dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca dan memberikan solusi terbaik dari permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Tidak ada satu pun dasar yang kuat untuk mengatakan bahwa saya takut bersaing dan memberikan pemahaman sesat mengenai cara seorang pemula mengelola, membangun dan mendapatkan traffic blog atau website secara maksimal.

Teknik SEO adalah pendukung

Teknik SEO sebaiknya kita gunakan sebagai pendukung atau boster untuk konten artikel yang kurang berkualitas agar menjadi lebih berkualitas. Konten yang sudah berkualitas menjadi lebih berkualitas dengan taktik SEO yang baik.

Jika penempatan kosakata tepat, tata bahasa tepat, maka konten artikel yang SEO friendly akan terbentuk dengan sendirinya.

Apakah konten artikel tentang cara belajar SEO untuk pemula ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi anda? Silakan berbagi pengalaman anda dengan saya melalui komentar.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

20 Responses to "Cara Belajar SEO Untuk Pemula Dengan Teknik Modern"

  1. Kalau buat saya sih, lebih baik belajar menulis untuk SEO, daripada belajar SEO untuk menulis. Sangat benar sekali, kita ini menulis untuk dibaca manusia bukan oleh robot. Tul ndak mas.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Haha.. oke mbak sip. Sukses selalu untuk mbak nya..

      Delete
  3. Sangat sependapat "rahasia seo terbesar ada pada user experience" dimana kepuasan pengguna lah nenjadi titik berat berhasil tdkny penerapan seo. Dan satu hal yg ingin sy sanpaikan "sy suka gaya bahasa di blog ini" ...sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang Matro. Berarti karakter saya sudah mulai muncul, akhirnya bisa punya identitas dan gaya penulisan sendiri. hihi

      Betul sekali bang, User Experience cukup penting karena sudah menjadi bagian dari pondasi SEO on-Page dan SEO off-Page.

      Blogger pemula seperti saya ini kalau di gambarkan seperti remaja yang sedang mencari jati diri.

      Akhirnya, ada yang bilang suka dengan gaya bahasa dan cara penyampaian saya, ini angin segar buat blog nino artikel kedepannya. Aamiin.

      Delete
  4. bagus ini materinya buat belajar.. keren mas nino.. (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. :)

      Delete
  5. aku suka aku suka.. hehe
    Saya juga masi belajar terus cara membuat kontent berkualitas mas, intinya konten yg bisa bikin pengunjung betah. masalah seo blum terlalu sya pikirkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan cara membuat konten artikel berkualitas agar pengunjung betah dan mendapatkan nilai tambah, sebetulnya itu juga bagian dari praktik on-page SEO, persoalannya sekarang banyak orang salah mengartikan dan saya berusaha menggeser sudut pandang tersebut perlahan-lahan.

      Menulis artikel yang baik dan benar sangat seleras dengan pemanfaatan user experience (UX) yang beberapa akhir digadang-gadang mampu membuat posisi artikel naik peringkat di SERP Google. Hehe..

      Belajar SEO sewajarnya gpp untuk kita yang merasa pemula, sebab alih-alih dapat traffic organik dari teknik SEO, justru yang terjadi bisa sebaliknya pada saat ada perubahan metrik di SERPs. :)

      Delete
    2. hehe iya mas, saya juga belum tau banget tentang seo. Nerapin seo juga paling cuma seadanya. :D sambil ngisi konten sambil belajar. hehe

      Delete
    3. Ayo kita belajar dan tuangkan hasil belajar atau pengalaman belajar SEO kita melalui posting artikel di blog. :D

      Delete
    4. Semangat hehe
      Jadi seneng nongkrong di blognya mas nino. :D

      Delete
    5. Terima kasih mas, saya jadi ikut senang. :D

      Delete
  6. Kepada Yth. Bos Nino Juragan Artikel, entah kenapa????,,,sejak saya ngeblog,,,ada sebagian Blogger pemula yang tanya tentang tips trik blogging kepada saya.

    Hmm, sepertinya mereka salah sangka,,yah aku dikira tau tentang ilmu SEO dan tetek bengeknya.

    Padahal...saya sendiri masih buta dengan pengertian SEO..apalagi dengan jurus jitunya.

    Selama ini, jurus ngeblog saya, rasanya hanya sering otak-atik artikel blog tanpa didasari ilmu SEO yang cukup.

    Tapiii,,,,mayoritas penanya belum percaya dengan kenyataan itu...

    Sebagian malah ada yang berpendapat kalau saya pelit ilmu,,,

    Akhirnya saya jawab begini "Saya hanya pakai SEO hati"

    Apa itu seo hati???,,,tolong didefinisikan ya mas Nino...

    Makasih


    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap pak. Hehe.. Tentang SEO hati, hemmm. Secara sederhana bisa di istilahkan sebagai percikan perasaan dari lubuk hati yang terdalam. Sulit di definisikan. Mungkin SEO-nya hati-hati ya pak? Haha.. :D

      Delete
  7. Saya juga buta terkait dengan SEO. Namun saya tetap semangat menulis yang baik dan benar. dan saya rasa dengan demikian, seo itu datang dengan sendirinya bila artikel yang kita tulis berkualitas mas. Intinya, walaupun blogger pemula awam dengan teknik seo, namun harus paham tujuan dari seo itu sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, mantap. Hehe.. Tujuan SEO itu sebetulnya untuk pengalaman pengguna. Tapi, dalam SEO modern, kita butuh keduanya, yakni meningkatkan pengalaman pengguna dan hal-hal yang disukai Spiderbot.

      Artikel asli dengan susunan kalimat hasil kreatifitas sendiri dsb adalah bagian dari hal yang paling diperhatikan spiderbot. Tanpa SEO, saya rasa sulit menggeser posisi ranking artikel Blogger lain yang lebih dulu eksis di halaman pertama mesin pencari, maka dari itu kita butuh teknik SEO modern agar kita bisa page one dengan kata kunci tinggi persaingan dan page one pun bukan karena tidak sengaja atau keberuntungan, tapi murni karena keahlian.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.