Dampak Outbound Link Bagi Situs Web atau Blog

Dampak outbound link - Outbound link adalah link dari website atau situs milik anda yang di arahkan ke situs atau web milik orang lain. Kesimpulannya adalah, kita memberikan backlink gratis untuk situs lain dengan cara memasang link ke website lain di dalam posting artikel blog milik kita. Apakah hal itu baik untuk website atau blog anda? Apakah Outbound Link berdampak positif pada SEO? Apakah Pengaruh Outbound Link terhadap Pagerank?

Kali ini saya akan membahas mengenai outbound link dan dampaknya secara singkat. Website atau blog anda adalah jantung dari bisnis yang sudah anda bangun, saya katakan seperti ini karena memang pada umumnya situs web atau blog selalu dijadikan basis bisnis. Anda juga bekerja sangat keras untuk menarik lalu lintas dari akun media sosial dan tempat-tempat anda ke website atau blog anda.
Dampak Outbound Link
Outbound Link Pada Blog
Situs anda adalah salah satu tempat dimana anda dapat benar-benar menjual produk atau jasa kepada orang-orang. Jadi, anda tidak ingin mendorong orang-orang dari situs anda dan mengarahkan banyak lalu lintas ke situs lain. Tapi tunggu dulu, simak beberapa ulasan berikut ini.

Link keluar Justru berdampak Positif

Nah ironinya, konten milik kita akan dianggap baik oleh mesin pencari jika kita membuat outbound link ke situs lain yang relevan dan memiliki reputasi baik juga tentunya, itulah sebabnya mengapa link keluar bisa menjadi sinyal baik untuk situs milik anda.

Mesin pencari tidak hanya menggunakan kata kunci yang telah anda sebar pada konten artikel milik anda sendiri. Mesin pencari menggunakan berbagai macam kriteria lain untuk hasil kueri pencarian.

Mesin pencari selalu mencari cara terbaik untuk memberikan hasil pencarian yang berkualitas bagi orang-orang yang menggunakan mesin pencari. Ini adalah bagaimana search engine atau mesin pencari tetap mendukung bisnis milik anda.

Salah satu kriteria terbaik perusahaan internet raksasa mesin pencari adalah memberikan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan robot mesin pencari nya memberikan saran terbaik bagi pengguna.

Robot akan benar-benar melihat tautan tersebut pada waktu mesin pencari melakukan perayapan ke situs milik anda. Spiderbot akan benar-benar menampilkan konten artikel di halaman terbaik jika halaman pada situs anda memiliki link keluar yang berkualitas tinggi dan memiliki reputasi baik.

Hal ini senada dengan informasi yang saya dapatkan di situs PanduanIM tentang fenomena beberapa blogger yang takut memasang link ke website atau blog. Artikel tersebut bisa anda baca di tautan link berikut ini: Dampak Outbound Link.

Jika anda menghubungkan outbound link untuk beberapa situs Spammy, anda justru akan menyakiti situs milik anda sendiri dan hal ini sama sekali tidak membantu situs milik anda di mata mesin pencari sekelas Google, Bing dan Yahoo.

Mengapa? Karena hal seperti itu justru akan memperburuk kualitas situs milik anda di mata mesin pencari.

Tetapi jika anda menghubungkan nya untuk sebuah situs terkemuka yang merupakan situs besar atau situs yang memiliki banyak lalu lintas, memberikan informasi yang baik dan informasi-informasi yang berguna (relevan) dengan pembahasan situs milik anda, maka mesin pencari akan menganggap baik situs milik anda.

Dengan menghubungkan ke situs-situs terkait dan relevan yang sudah memiliki reputasi baik, situs anda memberitahu mesin pencari bahwa itu bermanfaat dan berguna untuk pengunjung situs. Artinya menunjukkan bahwa anda terhubung ke sumber, referensi dan informasi yang memiliki latar belakang lebih jelas dan memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Mengapa bisa memberikan nilai tambah bagi pengunjung?

Loh ya tentu sangat bermanfaat untuk pembaca yang berkunjung ke situs milik anda. Apa pun yang anda lakukan untuk membantu para pembaca di website atau blog anda, posting artikel bermanfaat tersebut akan diberi peringkat lebih tinggi pada search engine walau pun dengan ilmu SEO yang minim.

Sebaiknya anda melakukan metode outbound link ke situs lain dengan cara membuat link keluar terbuka di halaman baru saat tautan di klik. Dengan cara ini, saat orang melakukan klik kalimat yang telah ditautkan dengan link situs lain, maka tab baru akan terbuka secara otomatis, dan halaman anda tetap terbuka di browser pengunjung.

Anda tidak sepenuhnya kehilangan mereka, mereka (pengunjung) masih bisa datang kembali atau membaca kembali artikel yang ada di situs anda. Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat situs atau blog milik anda adalah dengan cara memberi link keluar (outbound link).

Outbound link dapat membantu memperbaiki reputasi situs web/blog milik anda dengan cara memberikan rujukan berkualitas bagi banyak orang lain atau calon pelanggan (pengunjung) dari situs anda menuju ke situs lain.

Selalu periksa link keluar dari situs milik anda yang terhubung keluar situs. Karena yang dikhawatirkan, situs tujuan memiliki reputasi yang buruk. Situs buruk dalam hal ini seperti situs spammy. Situs seperti itu dapat membahayakan dan memperburuk reputasi situs dan bisnis milik anda.

Apa itu situs spammy?

Situs spammy (spam) ini seperti situs yang memiliki duplikat konten dan tidak memperbaiki permasalahan tersebut dalam jangka waktu yang lama sehingga mesin pencari menganggap dan memberikan label situs tersebut sebagai situs Spammy.

Jika hal tersebut menimpa para copaser (tukang copy paste artikel dan blog AGC) maka sudah bisa dipastikan dampak dari semua tindakan tersebut tidak akan menolong dan akhirnya situs secara permanen akan di anggap sebagai situs spam.

Penutup

Demikian artikel singkat yang bisa saya bagikan untuk anda. Apakah anda masih merasa takut atau ragu untuk memasang link keluar ke situs lain di blog anda? Sepertinya anda tidak perlu khawatir lagi selama anda mempertimbangkan outbound link ke halaman lain yang relevan dan berkualitas.

Bukan hanya itu, anda juga perlu mempertimbangkan antara link yang masuk dan link yang keluar pada situs milik anda. Dengan kata lain, anda perlu memberikan porsi yang sesuai atau porsi yang semestinya (tidak berlebihan/seimbang).

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

20 Responses to "Dampak Outbound Link Bagi Situs Web atau Blog"

  1. ini yang saya magsud kan artikel yang berkualitas hahahha

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah, pagi ini saya dapat satu ilmu, yang tanpa saya sangka sudah saya terapkan pagi tadi. terimakasih kang. tapi ada yang ingin saya tanyakan, pakai atribut apa kang? dofollow apa nofollow kalau buat link keluar?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih kang. Saya kasih atribut Dofollow utk internal link dan eksternal link yg sengaja saya buat (ketentuan relevan). Kalau kita kasih link yg mengarah ke halaman tidak relevan, kasih aja atribut Nofollow. :)

    ReplyDelete
  4. Iya kang teryata masang link di website yang berbeda sangat berpengaruh juga ya kang saya pernah mencoba ke website saya yang satunya lagi eh ternyata langsung terasa efeknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang, selamanya link keluarnya relevan dengan pembahasan posting blog kita, efek baik bagi post artikel pasti terasa. Hehe..

      Delete
  5. sangat sangat membantu saya memahami outbond link ini kang

    ReplyDelete
  6. Dapat ilmu baru lagi saya! thanks ilmu nya mas Nino

    ReplyDelete
  7. saya kasih atribut nofollow untuk semua link keluar mas..

    ReplyDelete
  8. Kang Nurul Iman : betul kang, selamanya link keluarnya relevan dengan pembahasan posting blog kita, efek baik bagi post artikel pasti terasa. Hehe..

    Kang Oim : Sip kang, dengan adanya outbond link yang relevan dapat memberikan signal positik ke posting blog kita

    Syafriansah Viola : Iya mas, sama-sama. Mudah-mudahan penerapannya akan memberikan dampak baik

    el- fadli : Sebetulnya link keluar yang relevan dengan posting blog kita tidak perlu diberi atribut nofollow, supaya spiderbot ngecap posting blog kita relevan.

    ReplyDelete
  9. Takutnya kalo pas daftar Ga. Ada link kesitus lain katanyA ga boleh mas nino

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ragu jangan mas, sebetulnya itu bukan kepastian, artinya masih relatif. AdSense memang teka teki bergambar di tahun 2016 ini. :)

      Delete
  10. wah ini artikel membuka mata kita yang selama ini justru beranggapan terbalik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga beranggapan bahwa link keluar justru memperburuk kondisi web/blog, ternyata salah mas. Bahkan ada salah satu plugin di WP justru merekomendasikan link keluar yang relevan. Intinya kalau link keluarnya kurang relevan di beriki perintah Nofollow mas. Persoalannya beda lagi kalau link masuk atau internal link yang kita buat sendiri, kalau tautan dari blog kita sendiri kurang relevan, kita tidak perlu kasih akses Nofollow, tapi kita arahkan ke home page blog (beranda) aja.

      Delete
  11. Replies
    1. Sip mas bro, Silahkan diterapkan. (y)

      Delete
  12. Gan... Bagaimana caranya mengetahui bahwa situs/blog orang lain berupa Spam atau bukan(original)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan nya bagus mas. Kalau kita merujuk pada sistem algoritme Google atau spiderbot, blog/ web spam memiliki ciri khas adanya widget di sidebar yang di arahkan ke laman landas situs lain, pemilik situs tukang copy paste, tabur kata kunci, judul blog dengan isi konten banyak yang nggak relevan, blog AGC dan satu lagi isi komentar di Web/ Blog penuh dengan link aktif.

      Cuma beberapa itu aja sih sebetulnya dan memang secara umum Googlebot menganggap situs seperti yang sudah saya sebutkan sebagai situs/ web spam.

      Delete
  13. makin mantep deh, terkadang saya agak ragu ragu kalo pasang link aktif di dalam artikel..

    tapi harus dengan catatn berstatus nofollow ya link nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya mmg nofollow, bukan DoFollow. Berikan akses link keluar dengan keterangan DoFollow untuk halaman terpercaya dan situs/halaman website milik perusahaan raksasa.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.