Cara Menulis Artikel dan Contohnya di Blogger

Cara menulis artikel dan contohnya di blogger untuk pemula adalah langkah utama membangun sebuah blog. Tantangan penulis di sini adalah memberikan penjelasan sederhana, padat sekaligus mudah dipahami oleh blogger pemula tentang cara menulis artikel yang baik. Kita awali dari cara menulis artikel di blogger terlebih dahulu.

Pada umumnya, orang-orang akan mengajarkan teknik dasar menulis artikel menggunakan gambar dasbor blogger dan panduan yang kompleks. Bagi penulis, itu tidak terlalu efektif, justru blogger pemula membutuhkan sesuatu yang sangat sederhana.

Jika si pemula di ajarkan bagaimana cara menempatkan sub judul, tulisan miring, tulisan tebal dan fungsi lain yang ada di halaman posting artikel, maka si pemula akan mengalami kebingungan.

Mengapa kebingungan? Karena pemula dominan berpikir tentang sesuatu (cara) yang sangat mendasar dan sederhana agar mantap melangkah.

Cara mudah menulis artikel di blogger

  • Masuk ke blogger
  • Klik entri baru
  • Klik judul pos dan isi secukupnya
  • Tulis artikel
  • Klik label dan isi sesuai topik
  • Masukkan gambar pendukung
  • Setelah selesai, publikasikan


1. Masuk ke blogger dari mesin pencari Google menggunakan kata kunci "blogger".

Cara Menulis Artikel dan Contohnya


2. Setelah masuk di halaman dashboard blogger, klik Entri baru agar kita bisa masuk ke halaman posting artikel.

Cara Menulis Artikel dan Contohnya


3. Di halaman posting artikel ada kolom judul pos (artikel), label dan fitur pendukung lainnya. Misalkan kita ingin menulis artikel tentang cara menulis artikel dan kita juga ingin memberikan contohnya, maka kita bisa isi judul cara menulis artikel dan contohnya di blogger.

4. Isi artikel sebaik mungkin dan usahakan tidak keluar dari topik agar artikel relevan dengan judul artikel yang sudah kita buat.
Catatan: Judul artikel usahakan tak lebih dari 7 kata dan tak kurang dari 2 kata. Untuk blogger pemula saya sarankan membuat judul artikel tak lebih dari 5 kata.
5. Pada bagian label sebaiknya isi satu label sesuai pembahasan (topik). Label bisa kita tulis tips blogging. Karena isi artikel kita tentang tutorial blogging.

Cara Menulis Artikel dan Contohnya

Catatan: Menulis artikel tidak harus tentang blogging atau pun blogger. Tujuannya agar konten artikel lebih berharga di mata pengunjung.
Sebaiknya cari topik atau pembahasan lain yang jarang dibahas oleh penulis di blog mereka, tujuannya tak lain untuk membuat konten unik dan berharga.

Kita asumsi kan judul artikel pilihan kita adalah cara menulis artikel dan contohnya di blogger. Ini sudah maksimal 7 kata.

Artikel yang kita rancang di usahakan semaksimal mungkin tidak sampai keluar dari topik atau pembahasan. Mengapa? Alasannya ada pada point 4 di atas! Setelah selesai menulis artikel, periksa ejaan artikel dengan cara membaca kembali artikel.
Catatan: Berikan paragraf pada artikel. Tujuan paragraf adalah agar mata pembaca tidak pegal dan pembaca merasa lebih nyaman. Metode memisahkan tulisan dengan paragraf ini bisa kita sesuaikan.
Selanjutnya di bagian tanda baca, gunakan seperlunya dan tempat kan pada tempatnya. Tanda baca seperti titik, koma dan lain sebagainya sangat diperlukan agar pembaca tak kesulitan memahami tulisan kita.

Kita juga jangan lupa melengkapi artikel dengan gambar. Gambar pendukung artikel difungsikan sebagai ilustrasi isi artikel.

6. Usahakan gambar ilustrasi di ambil dari hasil jepretan kamera smartphone kita sendiri, bukan gambar yang di ambil sembarangan dari internet. Tapi jika tidak ada, kita bisa ambil gambar dari situs penyedia gambar gratis.

Situs penyedia gambar gratis salah satunya adalah Pixabay. Agar lebih mudah mengunjungi Pixabay, kita ke Google pencarian dan pada kolom pencarian ketik Pixabay. Di website Pixabay kita bisa download gambar bebas hak cipta secara gratis.

Cara Menulis Artikel dan Contohnya

Catatan: Sebaiknya gambar artikel kita pasang di bawah paragraf pertama.
Cara upload gambar ke blogger juga mudah. Penulis yakin tanpa contoh gambar teman-teman bisa melakukan nya. Pada halaman posting ada icon gambar yang terletak tepat di samping tulisan Link.

Cara Menulis Artikel dan Contohnya


Jika kita sorot dengan pointer maka icon tersebut memberikan keterangan Insert Image. Klik icon gambar dan pilih file gambar yang ingin di upload ke blogger.

Setelah gambar berhasil di upload, pilih dan tambah. Langkah akhir adalah klik publikasikan. Selesai deh! Selamat mencoba guys.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

16 Responses to "Cara Menulis Artikel dan Contohnya di Blogger"

  1. Lengkap sekali tutorialnya..
    Kalau seperti ini nanti banyak yang pintar tulis artikel he..he.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, bagus kalau gitu, berarti penulis Indonesia semakin maju, itu harapan saya juga mas. Soalnya saya agak miris, banyak Blogger yang sebetulnya ngasih ide bagus dari tulisannya, tapi tulisannya tidak ditempatkan pada tempatnya dan sulit dipahami. Mereka malah nulis di forum dan media sosial, padahal kalau di tulis di blog bisa abadi karya tulis nya. Hehe.. Oh iya terima kasih mas Indra sudah mau mampir. :)

      Delete
  2. Terimakasih atas info bermanfaatnya
    jangan lupa kunjungan balik gan

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas inspirasinya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas, semoga apa yang disampaikan tersebut dapat memberikan ide segar.

      Delete
  4. wah tutor yang sangat bermanfaat mas nino, bagi blogger pemula pembahasan seperti ini yang dicari cari agar bisa membuat artikel yang bermanfaat dan berguna terima kasih mas salam selalu semoga sukses kedepannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Eko, tutorial yang baik hendaknya disesuaikan dengan target pembaca. Mulai dari gaya bahasa, pola penjelasan sampai ke template.

      Terima kasih kembali dan ayo sukses bersama. Aamiin... :)

      Delete
  5. Replies
    1. Bukan pak de, untuk saat ini saya masih independen.:)

      Delete
  6. Sangat menarik mas nino. Selain memudahkan pemula, dari sisi peletakan posisi gambar pun pas. Hal ini mendukung saat mendaftar adsense ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga mas. Gambar pendukung sebetulnya bisa di pasang dimana saja, tetapi yang paling tepat ada di antara paragraf 1-5 dengan ketentuan saat konten artikel memiliki satu gambar ilustrasi, dan bukan sebagai gambar petunjuk (konten tutorial bergambar). Semoga bisa dipahami. Hehe..

      Delete
  7. Terima kasih informasinya kang nino sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas atas kunjungannya, semoga menjadi daftar rujukan terbaik. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.