Jenis Artikel Menurut Isi dan Pilarnya

Artikel adalah kerangka faktual yang di karang sedemikian rupa agar bisa di terbitkan melalui media cetak dan elektronik. Tujuan di bentuknya sebuah kerangka artikel adalah untuk memberikan ide atau gagasan secara lebih terperinci. Jenis artikel menurut isi dan pilar nya ini meliputi penulis artikel itu sendiri. Berikut penulis rangkum pilar-pilar yang ada pada jenis-jenis artikel.

Jenis Artikel Menurut Isi


5 jenis artikel

1. Persuasi. Jenis artikel persuasi adalah jenis komunikasi terselubung dan bertujuan menanamkan nilai-nilai tertentu atau menggiring tiap-tiap individu agar mengikuti keinginan atau tujuan penulis.

2. Argumentasi. Jenis artikel argumentasi di tulis berdasarkan objektivitas, dengan data serta alasan kuat yang mendukung tujuan dan ajakan penulis.

3. Eksposisi. Jenis artikel eksposisi jauh lebih singkat seperti panduan ringkas, tajam dan menuju langsung pada inti pembahasan menggunakan gambar, grafik atau statistik. Isi artikel eksposisi sering kita temukan di koran.

4. Narasi. Jenis artikel narasi adalah suatu skema kejadian yang beraturan (runut) dari awal hingga akhir. Narasi bisa berbentuk karya tulis fiksi dan non fiksi.

5. Deskripsi. Jenis artikel deskripsi memberikan peta khusus agar pembaca seolah-olah merasakan atau mengalami langsung melalui imajinasi dan memiliki gambaran kejadian yang di bentuk oleh penulis.

6 jenis penulis artikel

Penulis artikel adalah seseorang (individu) yang membuat kerangka tulisan agar sesuatu yang belum diketahui dapat diketahui dengan cara menyusun kata menjadi kalimat yang mudah dipahami atau dimengerti oleh pembaca. Tahukah anda, ada 6 jenis karakteristik penulis artikel.

1. Penulis artikel buku
2. Penulis artikel berita
3. Penulis artikel naskah
4. Penulis artikel narasi
5. Penulis artikel online
6. Penulis artikel marketing

5 jenis Isi artikel

Jenis artikel menurut isi yang kita baca bisa bermacam macam jenisnya. Secara umum terbagi menjadi 5 jenis isi artikel.

1. Tutorial. Jenis isi artikel tutorial mengacu pada bimbingan untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu tiap langkah demi langkah.

2. Hasil penelitian. Jenis isi artikel hasil penelitian mengacu pada daya dan upaya untuk melakukan pembuktian dan melakukan validasi teori.

3. Argumentasi. Jenis isi artikel argumentasi mengacu pada opini yang mengarahkan pembaca untuk melakukan dukungan atau pembenaran atas apa yang disampaikan penulis.

4. Petualangan. Jenis isi artikel petualangan mengacu pada pengalaman yang menantang bahkan tak lazim. Jenis isi artikel bisa saja tentang perjalanan unik, menarik dan seru.

5. Sejarah. Jenis isi artikel sejarah mengacu pada kejadian lampau atau peristiwa yang sudah sangat lama. Jenis isi artikel sejarah bisa juga berdasarkan mitologi dan fenomena yang di anggap kuno.

Penutup

Bagaimana, apakah anda seorang penulis artikel yang sudah mengenali diri sendiri atau, apakah setelah membaca jenis artikel menurut isi dan pilar nya ini anda menemukan titik temu?!

Karakteristik seorang penulis artikel sebaiknya di bentuk mulai dari sekarang dan jadilah penulis artikel yang memiliki karakter. Selamat berjuang.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

4 Responses to "Jenis Artikel Menurut Isi dan Pilarnya"

  1. blm pasang google adsense mas? padahal lumayan bagus nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Heriyanto. Sebetulnya sudah, cuma belum dapet amanah. Konten artikel di blog ini juga masih sangat sedikit dan konten tak memadai menjadi alasan penundaan amanah. Selain itu, Blog ini juga ada dalam tahap uji coba optimasi, jadi masih sering oprek template.

      Delete
    2. Kalau saya sering liat di SERP, bagus juga performanya ni template, mantap mas. Mudah2an cepet di approve jadi publisher GA.

      Delete
    3. Aamiin. Terima kasih mas Teguh, mudah-mudahan bisa ngikutin jejak blogger pendahulu yang sukses di approve GA blog nya.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.