Mau Pasang Iklan di Google? Pahami Produk Google AdWords

Google AdWords adalah produk periklanan milik Google yang berbasis Search Engine Marketing. Salah satu produk Google AdWords ini menjadi sumber utama atau pemasukan terbesar perusahaan Google. Secara sederhana, Google AdWords adalah satu dari sekian banyak produk unggulan Google di bidang Internet. Saat ini bukan hanya perusahaan besar saja yang ber-iklan di Google, namun juga dari berbagai kalangan dan latar belakang pengiklan mempercayakan kampanye mereka ke pihak Google, mengingat cara memasang iklan di google menggunakan AdWords tergolong mudah dan cepat.

Pembahasan Tentang Produk Google AdWords

Para pemilik iklan yang memasang iklan di Google menggunakan AdWords akan diberikan kebebasan memilih di mana iklan mereka akan ditampilkan. Pemilik iklan dapat memilih tipe area penayangan iklan nya sendiri untuk melakukan kampanye. Saat ini produk Google AdWords memiliki dua opsi, yakni search networks dan display networks.

Jika search network menampilkan iklan pada halaman pertama mesin pencari berdasarkan kata kunci di google maps, google image, google grups, google shoping dan mesin pencari partners Google AOL, maka display network akan menampilkan iklan anda di halaman partners Google seperti Blogger, YouTube dan Gmail.

Sistem Google AdWords

Google AdWords memiliki dua sistem, yakni pay per million (PPM) dan pay per click (PPC). Pay per million (PPM) adalah membayar berdasarkan tayangan atau impressions iklan. Sedangkan pay per click (PPC) adalah membayar berdasarkan klik iklan yang didapatkan.

Sebagai tambahan informasi mengenai PPC pada AdWords maksudnya adalah pengiklan hanya dikenai biaya saat iklan mendapatkan klik.

Strategi Google AdWords

Google AdWords memiliki strategi penargetan kata kunci (keyword) berdasarkan kata kunci pencarian di mesin pencari yang di ketik oleh pengguna mesin pencari. Kita sering menemukan situs web di halaman pertama mesin pencari Google dengan label iklan di bagian paling atas kan? Nah itu lah salah satu bentuk sistem penargetan kata kunci yang dimiliki Google AdWords.

Platform Google AdWords

Google AdWords memiliki dua opsi Platform dalam hal bagaimana iklan bisa di tampilkan atau ditayangkan oleh algoritma mesin pencari yang ter-integrasi dengan produk Google AdWords. Pada paragraf sebelum ini, penulis sudah menguraikan secara sederhana tentang opsi Search Network (google search) dan Display Network.

Adapun tambahan informasi terkait opsi search network adalah iklan akan tayang pada hasil penelusuran mesin pencari Google dalam bentuk teks iklan berdasarkan kata kunci yang di ketik atau di cari oleh pengguna mesin pencari.

Sedangkan pada bagian display network sendiri, iklan akan muncul atau tayang di situs Web/ Blog yang berada dalam jaringan tersebut. Umumnya partners Google sebagai penayang iklan disebut Publisher Google AdSense. Platform display network mencakup pada iklan berbentuk teks, gambar, flash dan video.

Selain itu google memberikan alat gratis agar para pengiklan di AdWords mudah mengetahui data berdasarkan jumlah dan hasil pencarian yang bisa diketahui tingkat persaingan melalui kata kunci (keyword). Tool tersebut bernama Keyword Planner.

Bagi yang berminat memasang iklan di Google menggunakan AdWords, selain memahami produk Google AdWords dari blog ini, sebaiknya kunjungi situs resmi AdWords yang beralamat di https://www.google.co.id/adwords untuk mengetahui detail informasi, biaya pasang iklan atau berlangganan, kontak support dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

6 Responses to "Mau Pasang Iklan di Google? Pahami Produk Google AdWords"

  1. Wah, kalau saya ndak dulu masang iklan adwords di jajanan uenak mas nino. Masih sedikit anggarannya alias belom banyak. Btw info nya bisa membantu bangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti pernah kepikiran masang iklan di AdWords kan mas? Hehe.. Terima kasih kembali sudah mampir mas, Alhamdulillah kalau informasi tentang produk Google AdWords ada manfaatnya. :)

      Delete
  2. berarti iklan-iklan yang biasa tampil di adsense di blog saya itu masuk kategori display network dari para pengiklan yang daftar ke adwords ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang Oim, si pemasang iklan dari Adword memilih yang jenis Display.

      Delete
  3. Sepertinya harus dicoba, untuk meningkatkan traffik pengunjung organik lebih cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas, nanti kalau saya sudah merasa perlu, saya juga mau pasang iklan di AdWords. Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.