Strategi Rahasia: Cara Mengisi Artikel di Blog Setiap Hari

Bagaimana caranya mengisi artikel di blog setiap hari seorang diri, apa tak melelahkan, lalu kualitas artikel akan seperti apa, sedangkan saya tidak full-time blogger?! Itu lah rangkaian kalimat yang mungkin ada dalam pikiran anda. Sebelumnya penulis juga pernah menulis 12 cara membuat artikel yang berkualitas. Lalu apa hubungannya dengan cara mengisi artikel di blog setiap hari?

Tunggu dulu, beberapa tips rahasia mengenai cara mengisi artikel di blog setiap hari akan di ulas setelah penulis menjelaskan terlebih dahulu tentang beberapa dampak buruk atau hal terburuk yang akan anda alami jika tak menggunakan strategi rahasia mengisi artikel di blog yang akan penulis bagikan nanti.

Cara Mengisi Artikel di Blog Setiap Hari

Beberapa dampak buruk atau hal buruk jika anda mengisi artikel di blog setiap hari seorang diri tanpa strategi rahasia adalah sebagai berikut:
  • Mengalami kelelahan 
  • Hasil artikel tidak maksimal 
  • Bekerja dua kali lipat

#1. Mengalami kelelahan

Bagaimana tak mengalami kelelahan, selain anda harus membuat artikel setiap hari, anda juga memiliki tanggung jawab lain yang tak bisa ditinggalkan seenaknya sendiri. Selain fisik, anda juga akan mengalami kelelahan secara mental karena tertekan tanggung jawab yang dapat mengakibatkan depresi.

Anda di tuntut untuk menerbitkan artikel di blog setiap hari, sedangkan anda juga memiliki tanggung jawab lain, mungkin awal-awal anda sanggup dan lancar, namun semakin lama semangat anda akan semakin melemah karena kelelahan secara fisik dan psikis.

#2. Hasil artikel tidak maksimal

Konten artikel yang maksimal adalah konten artikel yang melalui tahap penelitian, mulai dari referensi bacaan guna melengkapi konten artikel itu sendiri, research keyword, pembuatan gambar pendukung, konsep pembentukan kerangka artikel, dan lain sebagainya. Alih-alih ingin selalu update artikel di blog setiap hari secara rutin, anda justru membuat kesalahan fatal.

Salah satu kesalahan fatal yang sangat mungkin terjadi seperti tanpa sadar menerbitkan artikel yang sudah tidak relevan, bahkan mengutip artikel hoax dari situs lain untuk dijadikan pembahasan dalam karya tulis.

Jika kesalahan-kesalahan tersebut sering kali terjadi, maka akibatnya bisa fatal. Mengapa demikian? Karena nilai kepercayaan atau kepentingan situs di mata pengunjung blog akan menurun bahkan hilang.

#3. Bekerja dua kali lipat

Segala sesuatu yang dikerjakan secara terburu-buru banyak meninggalkan kesalahan, seperti salah ejaan, kosakata berantakan, kerangka artikel sulit dipahami (mbulet bin ruwet) dan bahkan banyak membuat tugas-tugas perbaikan, ini benar-benar seperti bom waktu! Tahukah anda, artikel yang dibuat secara tergesah-gesah jarang ada yang mampu menempati posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari.

Walaupun menempati posisi terbaik di halaman pertama mesin pencari, sebagian besar terjadi secara kebetulan dan sebagian lagi terjadi karena nilai persaingan kata kunci yang rendah.

Setelah anda mengetahui beberapa point terkait dampak buruk mengisi artikel di blog setiap hari tanpa strategi rahasia, penulis akan membagikan beberapa point dampak baik (keuntungan) atau manfaat yang akan anda dapatkan jika anda mengetahui dan menggunakan strategi rahasia mengisi artikel di blog setiap hari hanya seorang diri. Beberapa manfaat yang anda dapatkan adalah sebagai berikut:
  • Hemat energi 
  • Hasil artikel lebih maksimal 
  • Tidak perlu membeli artikel 
  • Hemat waktu

#1. Hemat energi

Energi yang dimaksud adalah tenaga meliputi pikiran. Daripada anda memaksakan diri membuat artikel setiap hari, ada baiknya anda mempertimbangkan hal tersebut untuk hal lain yang lebih memberdayakan dan membangun. Contohnya seperti melakukan pendekatan pada kerumunan di media sosial atau bisa juga membuat skema promosi dan bersosialisasi baik di dunia nyata atau pun di dunia maya.

#2. Hasil artikel lebih maksimal

Kualitas artikel adalah tolak ukur kredibiltas suatu situs web atau blog. Bagaimana mungkin pembaca akan menganggap anda sebagai penulis artikel profesional jika anda sering kali membagikan konten artikel yang salah ketik, tidak valid atau bahkan sulit dipahami pembaca?!

Tugas seorang penulis artikel profesional bukan di ukur hanya dari seberapa banyak karya tulis yang dibagikan, tapi seberapa bermanfaat dan berkualitas karya tulis yang sudah dibagikan.

#3. Tidak perlu membeli artikel

Karena anda memiliki komitmen update artikel setiap hari di blog, biasanya baik blogger pemula atau pun master blogging terpaksa membeli artikel untuk memenuhi kebutuhan konten artikel di blog. Nah, nantinya dengan rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari, komitmen anda dapat terealisasi dengan baik.

Komitmen adalah bentuk lain dari tangguh nya pondasi bangunan situs web. Artinya komitmen adalah sesuatu yang sangat penting. Komitmen ini termasuk bagian dari penopang eksistensi situs web dan kredibiltas kita di internet sebagai penulis artikel atau owner situs web.

#4. Hemat waktu

Pernahkah mendengar istilah "waktu adalah uang"? Hubungannya adalah bagaimana cara kita menghemat waktu sebaik mungkin, karena kita tidak hanya dituntut untuk selalu bekerja keras, tetapi juga untuk bekerja cerdas, mengingat ide atau inspirasi membuat konten artikel tak datang setiap hari atau setiap saat.

Jika anda hari ini tidak memiliki ide membuat artikel, anda seharusnya tetap dapat menerbitkan satu artikel. Inilah pondasi yang kuat dan tentunya akan menghemat waktu kita lebih banyak lagi.

Bagaimana mungkin tanpa membuat artikel hari ini saya tetap dapat menerbitkan satu artikel mas? Sangat mungkin, jika anda mau menyimak rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari berikut ini.

Rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari

Mengisi artikel di blog setiap hari itu ada rumus dan strateginya, jika anda sudah membaca dan memahami tulisan sebelum paragraf ini (paragraf atas), maka untuk bagian pada paragraf yang selanjutnya anda akan jauh lebih mudah memahaminya.

Penulis sarankan, jangan ada paragraf yang dilewati atau dilompati saat anda membaca artikel pada paragraf sebelum ini. Beberapa strategi rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:
  • Membuat 20 artikel di awal 
  • Menggunakan sistem pakai dan ganti per satu artikel 
  • Membuat jadwal otomatis publish artikel di blog

#1. Membuat 20 artikel di awal

Rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari yang pertama adalah membuat sebanyak 20 konten artikel. Anda bisa simpan karya tulis di notepad atau di halaman blog sebagai konsep artikel! 20 artikel yang sudah anda buat tersebut difungsikan sebagai kebutuhan update artikel di blog selama 7 hari.

Jadi sisa 13 artikel lainnya bisa anda gunakan sebagai cadangan, mengingat situasi dan kondisi tak selamanya memungkinkan untuk membuat dan mengisi artikel di blog setiap hari.

Jika anda belum memiliki 20 konten artikel yang siap terbit (publish), penulis sarankan membuatnya terlebih dahulu. Dengan kata lain, tunda mengisi artikel di blog untuk sementara waktu sampai anda memiliki persediaan konten artikel sebanyak 20 buah.

#2. Menggunakan sistem pakai dan ganti per satu artikel

Rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari yang kedua adalah dengan sistem pakai satu ganti satu. Jika anda menggunakan satu dari 20 artikel untuk di terbitkan (publish) di blog, maka buat kembali satu artikel baru sebagai penggantinya, sehingga persediaan artikel anda tetap terjaga dengan baik.

Waktu untuk membuat artikel pun cukup panjang, yaitu 4 hari kerja. Usahakan selama 4 hari kerja, artikel baru anda sudah siap digunakan sebagai cadangan. Jika anda sangat sibuk dan hanya mampu membuat 1 (satu) artikel dalam waktu 4 hari, maka persediaan artikel tetap dapat menopang kebutuhan pokok di blog.

Dengan sistem pakai satu ganti satu seperti itu, penulis yakin anda akan mampu mengisi artikel di blog setiap hari secara rutin, dalam kondisi yang tidak memungkinkan sekali pun.

#3. Membuat jadwal otomatis publish artikel di blog

Rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari yang ketiga ini sebenarnya sama dengan sistem atau pola pakai satu artikel dan ganti satu artikel, yang membedakan hanya pada persediaan (stok) artikel yang akan secara otomatis terbit sesuai dengan tanggal dan waktu yang anda kehendaki.

Untuk blog dengan platform blogger, yang perlu anda siapkan adalah 20 artikel! Persediaan (stok) artikel sebanyak 20 buah di dalam blog anda, setelah itu ubah setelan dari otomatis menjadi setel tanggal dan waktu.

Opsi tersebut ada di menu setelan entri tepat di bawah menu label di halaman posting artikel. Setelah anda setel sesuai dengan keinginan, klik publikasikan, nantinya artikel akan terbit di jam dan hari yang sudah anda tentukan.
Catatan: Gunakan secara berkelanjutan sistem pakai satu artikel dan ganti satu artikel. Ini artinya, jika keesokan hari artikel dijadwalkan untuk terbit dan akhirnya terbit, maka siapkan artikel penggantinya sebelum masa kerja (4 hari) habis. Jika anda berada di posisi awal, maka ulang kembali pola nya.
Jika artikel pengganti sudah jadi, setel jadwal dan sesuaikan dengan tanggal dan jam posting otomatis agar artikel dapat terbit sesuai jam dan tanggal yang sudah anda kehendaki. Sesuai kan dan beri jeda antara posting artikel yang satu dengan yang lainnya.

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai rahasia cara mengisi artikel di blog setiap hari. Dari 3 rahasia cara tersebut, pilih salah satu sistem atau pola yang paling nyaman menurut anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

26 Responses to "Strategi Rahasia: Cara Mengisi Artikel di Blog Setiap Hari"

  1. Pernah mencoba tapi beda cara, cuma tahan 3 bulan aja, habis itu blank, n malah ga ngeblog lama jadinya.

    Tapi cara diatas boleh juga tuh dicobain, thanks mas sharing ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba mas Teguh, mudah-mudahan nggak blank lagi. Cara itu kalau saya pakai sampai bisa jualan artikel juga mas, tapi kesalahan saya satu, bukan fokus isi artikel di blog setiap hari, saya malah fokus jualan artikel. Jadi cadangan artikel sampai habis karena ulah saya sendiri. Hehe..

      Delete
  2. satu artikel dihargai berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga untuk satu artikel itu kompleks atau bisa dikatakan relatif mbak. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga sebuah artikel sbb:

      1. Jumlah kata (words) per artikel
      2. Kredibiltas penulis
      3. Kualitas tulisan
      4. Kategori (tema) tulisan
      5. Pembeli nya
      6. Negosiasi

      Pengalaman saya jual artikel ada yang dihargai murah dan ada juga per satu artikel dihargai lumayan tinggi.

      Maaf nominal nya nggak bisa saya sebutkan disini.

      Delete
  3. Salah satu solusinya agar bisa mengisi blog dengan artikel setiap hari memang membeli artikel. Namun ketika kita sudah beli artikel banyak, hmmm,,,ga tahan kalau untuk bisa konsisten menjadwalnya. Penginnya borongan biar artikel cepat numpuk di blog. he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bisa aja nih mas Syamsu. Godaan kalau lagi banyak konten artikel biasanya begitu. Masalahnya kalau kita bikin sendiri kemungkinan amunisi artikel bakal di irit-irit.

      Persediaan artikel yang memadai cenderung akan membuat para penulis artikel di blog pengennya publish artikel sehari 3 kali, udah kya minum obat. :)

      Delete
  4. Sungguh sangat melelahkan gan kalo sendirian :D , selebihnya tetap usaha biar makin (y) , hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah Om kalau sendirian memang sulit memenuhi kebutuhan, apalagi untuk para pengiklan yang memasang punya komitmen publish artikel setiap hari atau secara rutin (berkala).

      Sesekali beli artikel gpp, malah bagus, sebagai bentuk bantuan kebutuhan pokok, perlu mensiasati menggunakan strategi bikin artikel setiap hari biar anggaran pemeliharaan situs web/Blog dapat di minimalisir. :)

      Delete
  5. dari 3 cara diatas, pernah melakukan poin no.3. namun tidak bertahan lama karena memang minim artikel dan juga alasan2 lainnya. jadi bila ada inspirasi untuk menulis artikel, tulis dan publish..

    OTT
    this article one page.. mantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Om sudah berbagi pengalaman, ide dan pola spontanitas bikin artikel memang harus dibiasakan ya om, biar bisa banyak bikin artikel. Hehe.. Oh iya, barusan saya cek kata kunci "cara mengisi blog setiap hari" atau bisa juga "cara mengisi artikel di blog setiap hari" page one, jujur saya malah baru sadar Om. hihi

      Delete
  6. sepertinya saya sanggupnya seminggu 2 artikel saja deh, secara 1 artikel saja kadang 3 jam baru kelar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seminggu 2-3 artikel udah cukup bagus itu mas. Apalagi kalau bisa rutin, alexa kemungkinan cepat ramping. Hehe..

      Delete
  7. Patut di praktekkan niih. Cuma buat yang 20 itu kepikiran... apa ada rahasianya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahasia nya sih nggak ada, tergantung kemauan dan bakat itu mas. Ada juga yang ngakalin supaya stabil dan bisa tetap update artikel setiap hari dengan cara beli artikel sebanyak 20 di awal. hihi

      Delete
  8. Mantab artikelnya mas, Belum ada yang di pancal. Balik lagi 😆

    ReplyDelete
  9. Dan sekarang rasakan pancalanku 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bisa aja ini mas Imam, terima kasih sudah mampir mas. :D

      Delete
  10. Aku suka point di atas "Tidak perlu membeli artikel", kasarannya kita berarti meremehkan kemampuan diri sendiri. jadi ingat pepatah, pisau semakin di asah semakin tajam. Begitu juga keahlian menulis, semakin diasah (Latihan) semakin bagus juga karya tulisnya.
    aku bukan ahli menulis seperti orang lainnya, tapi setidaknya aku mau belajar. jelek gak pa pa, yang penting sombong (judul Lagu) wkwkwkwkwk
    .
    Daripada buat beli artikel mending buat bayar FB ADS wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih. Hehe tapi ada pengecualian nya mas, pengecualian untuk orang sibuk yang banyak punya bisnis atau situs dan penulis artikel yang butuh banyak artikel. Jadi walaupun beli artikel, owner situs web/blog tetap rutin membuat artikel sendiri.

      Delete
  11. belum bisa nih yang kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menulis artikel unik di blog setiap hari memang tidak mudah. Tapi, kalau ada waktu dan niat, mudah-mudahan bisa terlaksana dengan baik.

      Delete
  12. Ide nya mantap MAs Nino, cuman saya belum bisa mencadangkan artikel. Saya bisa membuat artikel 1 minggu hanya 2 artikel kadang cuman 1. Paling lama waktu habis saat mencari ide dan ngumpulin data

    Makasih tips nya Mas Nino

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Bang. Ya itu lah kendala yang dialami hampir semua blogger yang membangun blog nya seorang diri tanpa Tim Penulis artikel, perlu lebih ekstra lagi pola kerja nya.

      Delete
  13. Terima kasih banyak sudah berbagi pengetahuan serta pengalamannya mas nino.

    Salah satu kendala yang sering saya alami sekarang yaitu tentang manajemen waktu penulisan artikel di beberapa blog yang saya kelola saat ini.

    Setelah membaca tulisan mas ini keresahan saya berangsur terjawab.

    Sekali lagi terima kasih mas nino. *Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga nih punya lebih dari satu blog yang di isi artikel secara rutin. Semangat terus dan terima kasih kembali sudah mau mampir ke blog nino artikel. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.