4 Smartphone Dengan Keunggulan Fotografi di MWC 2017

Beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan teknologi telekomunikasi berlomba-lomba untuk menciptakan telepon pintar canggih dengan menonjolkan kamera be-resolusi tinggi. Bahkan saking gencarnya mereka meluncurkan ponsel dengan kamera super canggih, karena bisa dikatakan bahwa produk smartphone saat ini dapat mengungguli produk kamera digital. Jadi, bukan saja sesama produk telepon pintar, tetapi juga mereka bersaing dengan vendor kamera digital.

Banyak dari vendor tersebut menambahkan fitur-fitur penunjang dan aplikasi dua lensa kamera pada smartphone, sehingga produk memiliki keunggulan lebih dibandingkan kamera digital biasa. Rupanya, di tahun 2017 beberapa perusahaan telepon pintar masih bertahan untuk mengedepankan kamera canggih dengan fitur dan aplikasi penunjangnya.

Hal tersebut diperlihatkan pada ajang MWC atau Mobile World Congress yang diadakan di Barcelona, Spanyol beberapa waktu lalu.

Ajang MWC telah digelar mulai 27 Februari hingga 2 Maret. Sejumlah perusahaan perangkat telekomunikasi hadir di ajang MWC dengan menampilkan berbagai produk terbaru dan terbaik mereka. Beberapa perusahaan yang memamerkan produk dengan kamera canggih diantaranya adalah Oppo dan Huawei.

1. Oppo

Oppo memiiki tagline "Oppo Smartphone" di tahun 2016, kini mengganti tagline menjadi "Oppo Camera Phone" di tahun ini. Hal tersebut memperlihatkan bahwa Oppo ingin mulai serius berkecimpung di bidang fotografi untuk setiap produk telepon pintar yang dirilis nya.
4 Smartphone dengan Keunggulan Fotografi di MWC 2017
Oppo Camera Phone (Sumber foto www.tribunnews.com)
Oppo juga berhasil menarik perhatian di MWC tahun ini karena menampilkan fitur 5X Dual Camera Zoom pada telepon pintar nya. Rupanya Oppo pun menjadi perusahaan pertama yang menggunakan aplikasi ini. Fitur 5X dual camera zoom ini berupa periskop dengan ketebalan 5.7 mm yang ditanamkan pada kamera.

Jika standar dual camera hanya mampu melakukan dua kali zoom, maka fitur 5X Dual Camera Zoom mampu melakukan zoom hingga lima kali lipat.

Dengan kemampuannya melakukan lima kali zoom tersebut, pengguna dapat mengambil gambar lanskap secara utuh, close up, portrait, dan semua gambar yang biasa diambil kamera digital.

Keunggulan lainnya, dengan menggunakan fitur kamera ini, pengguna tidak akan kecewa dengan hasil gambar yang blur atau kualitas yang buruk karena Oppo meyakinkan pengguna bahwa teknologi mereka menampilkan hasil gambar yang clear dan berkualitas baik walaupun tangan bergetar atau goyah ketika melakukan pengambilan gambar.

Cara kerja dari fitur terbaru Oppo yakni menggabungkan lensa wide-angle dengan lensa telephoto. Hasil pengambilan gambar dengan kedua lensa tersebut kemudian disatukan atau disebut pula sebagai camera fusion.

Lensa telephoto memiliki kemampuan optical zoom hingga tiga kali lipat, sedangkan kemampuan optical zoom pada lensa wide-angle sebanyak satu kali.

Cara kerja ini lah yang kemudian menghasilkan hasil gambar berkualitas tinggi walaupun menggunakan lima kali zoom. Hanya saja, Oppo belum bisa memastikan kapan produk smartphone ini akan dirilis dan dijual secara komersil pada publik.

Pihak Oppo mengatakan bahwa mereka mesti melakukan pengujian lebih mendalam terhadap produk mereka agar terbukti ketahanan nya.

Sejauh ini, Oppo telah melakukan 40,000 kali uji banting untuk teknologi 5X dual camera zoom miliknya, dan pengujian ini dianggap belum cukup oleh pihak perusahaan.

2. Huawei P10 dan P10 Plus

Selain Oppo, satu perusahaan telepon pintar lainnya yang fokus pada keunggulan sektor fotografi adalah Huawei. Mengikuti kesuksesan Huawei dengan produk P9 yang ber-kolaborasi dengan Leica di tahun lalu, kini Huawei menampilkan produk P10 dan P10 Plus.
4 Smartphone dengan Keunggulan Fotografi di MWC 2017
Huawei P10 (Sumber foto www.gsmarena.com)
Hal yang membedakan P9 dengan produk terbarunya ini terletak pada kamera depan dan kamera belakang yang telah ditambahkan dengan lensa Leica.

Kamera P10 menggunakan dua lensa, yaitu lensa sensor warna 12 mega piksel untuk kamera depan dan lensa sensor monochrome 20 mega piksel untuk kamera belakang.

3. LG G6

Selain kedua vendor smartphone yang memperkenalkan kecanggihan kamera dan perangkatnya, satu produk smartphone lain yang berhasil menarik perhatian adalah LG yang tampil dengan LG G6. Keunggulan dari LG G6 terletak pada baut bodi yang terbuat dari alumunium dengan paduan kaca di bagian depan dan belakangnya.
4 Smartphone dengan Keunggulan Fotografi di MWC 2017
LG G6 (Sumber foto www.gsmarena.com)
LG G6 juga mengusung dua teknologi high dynamic range (HDR) yang mampu menampilkan warna detail dan cerah di setiap kondisi cahaya bahkan di balik bayangan sekalipun.

LG G6 memperlihatkan keunggulan di sektor fotografi dengan mengaplikasikan lensa kamera ganda di belakang ponsel yang memiliki resolusi hingga 13 mega piksel yang mana salah satu lensa LG G6 ini dapat membidik gambar dengan luas sudut pandang 125 derajat.

Pada kamera depan, smartphone LG G6 mempunyai wide angle lens 5 mega piksel. Selain dapat mengambil gambar di bawah bayangan gelap atau di tempat yang minim cahaya, produk ini juga dapat mengambil gambar di bawah air. Telepon pintar ini dapat bertahan di bawah air selama lebih dari setengah jam.

Selain itu, bodi dari ponsel ini pun lebih tipis dan lebih kecil dibanding pendahulunya yaitu LG G5, sehingga dengan ponsel ini pengguna akan lebih merasakan kemudahan dalam penggunaannya, terlebih lagi ketika ingin melakukan pengambilan gambar.

4. Samsung Galaxy S7 Edge

Perusahaan pesaing lainnya dari negeri ginseng Korea Selatan yaitu Samsung, justru tidak melakukan rilis ponsel di acara MWC 2017. Meskipun demikian, Samsung mendapatkan penghargaan untuk produk lamanya yaitu Samsung Galaxy S7 Edge sebagai "Smartphone Terbaik 2016" untuk kategori Best Mobile Handsets dan Devices dari GSMA selaku penyelenggara MWC 2017 di Barcelona, Spanyol.
4 Smartphone dengan Keunggulan Fotografi di MWC 2017
Galaxy S7 Edge (Sumber foto www.samsung.com)
Galaxy S7 Edge mendapat penghargaan karena dinilai memikat dengan penggunaan layar lengkung yang belakangan menjadi ciri khas dari ponsel Samsung, desain nya dinilai menawan, performa luar biasa, dan kamera yang canggih. Galaxy S7 Edge disebut-sebut menjadi tolok ukur mobile photography saat ini karena keunggulan nya.

Galaxy S7 dilengkapi dengan teknologi dual pixel yang memiliki kemampuan 100 persen phase detection pixel sehingga mampu menangkap fokus pada objek menjadi jauh lebih cepat. Gambar yang dihasilkan juga dinilai baik meskipun diambil pada saat cahaya redup.

Galaxy S7 bahkan sudah menambahkan fitur Selfie Flash dengan pencahayaan sesuai dengan keinginan pengguna sehingga membuat gambar yang dihasilkan sama baiknya dengan yang dihasilkan kamera belakang.

Penutup

Setelah mengikuti perkembangan dari tiap-tiap vendor telepon pintar yang telah memamerkan setiap produknya di ajang MWC 2017 waktu lalu, kini saatnya untuk menyiapkan isi dompet agar segera mendapatkan ponsel terbaik yang diinginkan di tahun ini, karena dalam waktu dekat, ponsel terbaru dengan teknologi canggih tersebut akan segera dirilis.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

4 Responses to "4 Smartphone Dengan Keunggulan Fotografi di MWC 2017"

  1. Model yang saya gunakan tidak masuk daftar... hadehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama kalau gitu. Hehe.. Boleh tau merek HP nya apa dan seri berapa mas Kojek?

      Delete
  2. Wahh untuk fotografi ya, saya perhatikan oppo memang bagus. Ehh mas saran dong HP bagus buat gaming, apakah Sony bagus? Tertarik pada desain elegan dan peforma yang keren dari sony.

    ReplyDelete
  3. Sony Experia bagus tuh untuk Gaming. Cari HP Sony yang RAM nya udah 2GB, jenis apapun kalo Sony Experia dengan RAM 2GB bagus kinerjanya untuk main game dibandingkan dengan merek lain.

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.