Cara Mengatasi WiFi Lemot dan Mengamankan Jaringan WiFi

Jaringan internet sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Banyak provider menjual paket internet dengan harga murah, namun tak sedikit juga yang lebih memilih WiFi sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan menjelajah di dunia maya (browsing). WiFi dapat dipasang di kantor, rumah, sekolah, pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya.

Manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan dengan memasang WiFi yakni satu jaringan dapat digunakan untuk beberapa komputer/laptop dan gadget.

Kalau dilihat dari sisi kemampuan tentu lebih baik jaringan WiFi, karena memiliki kecepatan yang lumayan stabil sesuai dengan biaya yang dibebankan. Semakin tinggi harganya, semakin besar pula kapasitas dan kecepatannya.
Mengatasi WiFi Lemot dan Cara Mengamankan jaringan WiFi
Jaringan WiFi
Sering kali saat sedang asik menggunakan akses internet, koneksi internet bergerak sangat lambat, lelet atau lemot. Hal seperti ini tentunya membuat kesal, apalagi jika sedang mengerjakan sesuatu hal yang penting. Nah, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan saat jaringan internet bergerak seperti siput.

1. Memeriksa Antena. Coba anda amati router wifi/modem yang dipasang untuk menangkap sinyal wifi, biasanya berjumlah dua. Fungsi antena tersebut untuk memperkuat sinyal yang ditangkap oleh modem dan disebarkan pada alat elektronik yang anda miliki.

Pastikan kedua antena WiFi menghadap pada arah yang berbeda. Misalnya antena kiri menghadap selatan, antena kanan ke atas.

2. Letak router. Posisi meletakkan router juga sangat berpengaruh untuk kecepatan jaringan internet pada WiFi. Usahakan meletakkan modem di tempat terbuka agar sinyal bisa menyebar dan lebih kuat. Jangan sekali-kali meletakkannya di tanah.

3. Terlalu banyak gadget yang terhubung ke jaringan WiFi. Mungkin hal ini menjadi salah satu pemicu koneksi menjadi sangat lambat/lemot. Coba periksa apakah terlalu banyak orang yang menggunakan fasilitas WiFi.

Untuk WiFi Rumah biasanya digunakan untuk 5-8 komputer/laptop dan atau gadget. Jika melebihi 8 alat elektronik, bisa dipastikan jaringan WiFi akan berjalan sangat lambat.

4. Koneksi lemah. Hal ini akan terjadi apabila cuaca buruk, biasanya saat dan setelah hujan. Tunggu hingga 2 jam setelah hujan reda, lalu restart modem dengan cara matikan lalu nyalakan kembali.

Jika cara ini sudah anda lakukan tapi koneksi yang terhubung pada WiFi tetap lemot, anda bisa menghubungi kantor penyedia layanan terkait keluhan jaringan internet.

5. Firmware lawas. Ini menjadi salah satu pemicu mengapa WiFi anda menjadi lemot. Upgrade firmware router menjadi versi yang paling baru. Cara upgrade firmware router sebagai berikut:
  • Pasang router pada komputer.
  • Ketik 192.168.1.1 pada alamat web lalu masukkan password anda.
  • Cek dan pastikan bahwa firmware dan hardware anda versi terbaru, jika belum anda harus download firmware terbaru. Tenang saja, ada petunjuk di dalamnya kok, anda tinggal ke pencarian google, lalu Download.
6. Setelah di download. Masuk ke maintenance - system tools - firmware dan klik browser untuk mencari file yang sudah anda download tadi, selanjutnya klik update.

Catatan: Jangan mencabut komputer dan router sebelum selesai melakukan update, karena hal itu bisa merusak sistem yang sedang bekerja. Terakhir restart komputer, dan firmware sudah ada pada versi terbaru.

7. Settingan komputer. Kemungkinan anda tidak sengaja merubah settings pada jaringan WiFi di alat eletronik milik anda. Cek pada settingan hardware, lalu pastikan sudah Enable. Jika pada posisi disable, jaringan internet tidak bisa ter-koneksi.

8. Ada yang mencuri jaringan WiFi. Sadar atau tidak sadar, mungkin anda pernah memberi tahu ke orang lain password jaringan WiFi di rumah anda, sehingga dengan mudah mereka ikut menggunakan fasilitas tersebut.

Namun bisa saja mereka ter-koneksi dengan cara ilegal, seperti menyusup ke dalam jaringan WiFi tanpa menggunakan password.

Memang tak dapat dipungkiri pencurian pada jaringan WiFi bisa saja terjadi jika mereka adalah orang-orang yang merupakan ahli dibidang nya, sehingga dengan mudah membobol password WiFi orang lain.

Lalu, cara praktis melakukan proteksi jaringan WiFi bagaimana ya bos? Ada cara yang bisa dilakukan untuk memproteksi jaringan wifi anda dengan mudah dan praktis, yakni dengan cara memasang salah satu dari tiga aplikasi/software berikut ini:
  • Netcut Defender
  • Hotspot Shield
  • Softperfect Wifi
Ketiga aplikasi tersebut sangat ampuh untuk melindungi atau mengamankan jaringan WiFi anda dari pencurian. Meskipun anda memiliki tetangga seorang ahli IT sekalipun.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi WiFi lemot dan mengamankan jaringan WiFi yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

4 Responses to "Cara Mengatasi WiFi Lemot dan Mengamankan Jaringan WiFi"

  1. biar aman sekali pakai password yang di konvert ke MD5 biar greget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap, terima kasih info nya mas. Berguna banget untuk mengamankan jaringan Wi-Fi dari ulah orang-orang jahil.

      Delete
  2. mantapppppp artikelnya bermanfaat di tunggu solusi lainya mas:D

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.