Ekologi dan Keindahan Wisata di Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Berjarak sekitar 75 KM dari Kota Padang. Wisatawan tentunya akan menemukan pemandangan hamparan air biru yang luas dan pemandangan hijau di sekitar Danau paling indah di Indonesia ini. Danau Singkarak masuk dalam dua wilayah Kabupaten di Sumatera Barat, yakni Tanah Datar dan Solok.
Ekologi dan Keindahan Wisata di Danau Singkarak
KA Di sisi Danau Singkarak (Sumber Foto: Mighty Bowo)
Danau Singkarak memiliki luas sekitar 107,8 KM2 dan merupakan danau ter-luas di pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini merupakan salah satu hasil dari proses tektonik atau pengaruh pergeseran lempeng bumi.

Ekologi Danau Singkarak

Salah satu daya tarik wisata di Danau Singkarak selain hamparan pemandangan nan indah, juga terletak pada ekosistem nya. Terdapat banyak ragam jenis ikan yang hidup di perairan Danau ini. Di danau Singkarak ini ikan yang paling terkenal adalah Ikan Bilih/Biko (Mystacoleucus Padangensis).

Keistimewaan ikan Bilih tersebut karena spesies ikan ini hanya dapat hidup di Danau Singkarak. Banyak yang telah mencoba untuk melakukan pengembangbiakan ikan bilih di luar Danau Singkarak, tapi uniknya selalu gagal dibudidayakan.

Ikan Bilih bentuknya kecil-kecil dan memiliki ukuran paling panjang 10 cm. Ikan ini memiliki tekstur sisik yang berkilauan. Selain itu, ikan bilih juga menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat yang ada di sekitar Danau Singkarak.
Ekologi dan Keindahan Wisata di Danau Singkarak
Ikan Bilih Singkarak (Sumber Foto: www.mongabay.co.id)
Para nelayan menangkap ikan bilih untuk dijual ke warung-warung di sekitar Danau Singkarak. Umumnya ikan dijual dengan berbagai kemasan, baik yang telah diolah menjadi Ikan bilih goreng, maupun yang masih mentah.

Spesies ikan lainnya yang terdapat di Danau Singkarak ialah Ikan Turiak, Ikan Balinka, Ikan Baung, Ikan Kalang, Ikan Jabuih, Ikan Gurami, dan Ikan Betok.

Tour De Singkarak

Pesona Lain dari Danau Singkarak yakni Tour de Singkarak. Tour De Singkarak adalah sebuah turnamen balap sepeda tahunan yang diselenggarakan di Sumatera Barat. Nama tersebut diadopsi dari kejuaraan balap sepeda terkenal di Prancis yakni Tour de France yang pertama kali di helat pada Tahun 2009.

Memanfaatkan pesona keindahan Danau Singkarak, jadilah nama Tour de Singkarak dan diresmikan untuk kejuaraan balap sepeda yang dinaungi Amaury Sport Organisation.
Ekologi dan Keindahan Wisata di Danau Singkarak
Tour De Singkarak (Sumber Foto: www.orlet.com)
Pada awal perhelatan kejuaraan tersebut, Tour de Singkarak memulai Start dari kota Padang dan berakhir di Dermaga Danau Singkarak Kota Solok.

Mulai tahun 2012 hingga sekarang ini, Start kejuaraan balap sepeda tersebut di mulai dari Kota Sawah Lunto dan berakhir di Kota Padang.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Ekologi dan Keindahan Wisata di Danau Singkarak"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.