Gambaran Umum Generation Z di Era Digital

Generation Z atau biasa disingkat Gen Z merupakan sebutan bagi remaja atau kawula muda yang lahir sekitar tahun 1990 hingga saat ini. Terdapat beberapa hal yang membedakan Generasi Z dengan generasi sebelumnya. Apalagi pertumbuhan Gen Z saat ini sudah dibarengi dengan perkembangan era digital, media-media masa kini membentuk karakter Generation Z, media online saat ini semakin canggih, dan serba praktis.

Beberapa studi terkini memperkirakan bahwa sifat Generation Z memiliki fokus yang singkat untuk satu hal atau dengan kata lain mereka tidak dapat fokus pada satu hal dalam waktu yang lama.

Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan dunia informasi yang cepat, tetapi tiap individu hanya memiliki waktu singkat untuk menangkap banyaknya informasi. Karena itu maka Generation Z cenderung membangun filter tersendiri ketika mendapati informasi baru.

Mereka akan mengambil sesuatu yang dianggap penting bagi mereka. Misalnya ketika mereka menonton video yang ada di media sosial, mereka bisa menghabiskan 10 video dalam waktu satu menit bahkan kurang, karena mereka tidak bisa fokus lama-lama hanya untuk menonton satu video saja.

Berbeda halnya ketika mereka menemukan sesuatu yang berhasil menarik perhatian, Generasi Z akan secara intens mencari tahu secara mendalam mengenai hal-hal yang membuat mereka tertarik.

Ketika Generation Z memiliki hobi, kegemaran, atau ketertarikan pada banyak hal, mereka akan mengikuti kesemua hobinya dan berkontribusi pada grup-grup secara online, tetapi dengan cara terpisah dan eksklusif dalam berbagai akun media sosial.

Gambaran Umum Generation Z di Era Digital
Generation Z
Bagi mereka, hobi yang berbeda-beda itu tidak boleh dicampur adukan. Ketika Generation Z memiliki hobi bermain bola dan travelling, maka mereka akan memisahkan diri di antara keduanya dalam dua akun sosial media yang berbeda untuk bisa masuk ke komunitas (klub) berdasarkan hobi masing-masing.

Generation Z lebih banyak menghabiskan waktu menonton film secara online daripada menonton nya di televisi. Hal ini dikarenakan mereka menganggap apa yang ada di smartphone lebih menarik daripada TV.

Ketika Generation Z menonton video di Youtube, mereka bisa dengan mudah melakukan skip atau FF (fast forward). Berbeda halnya dengan media televisi di mana tidak ada pengaturan skip atau FF tadi. Kecenderungan ini di istilahkan sebagai Generation Z atau Gen Z.

Generasi (generation) Z adalah generasi yang tidak dapat lepas dari dunia digital dan smartphone. Ini disebabkan karena mereka tumbuh dengan benda-benda tersebut sehingga akan sulit dihilangkan dari kehidupan sehari-hari.

Lihat saja realita generasi muda saat ini di sekitar kita, mereka lebih banyak fokus ke smartphone mereka masing-masing bahkan ketika sedang berkumpul dengan teman-temannya. Begitulah secara umum gambaran remaja generation z di era digital.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Gambaran Umum Generation Z di Era Digital"

  1. Cenderung individualism dan punya kepribadian yang psimis menurut saya.

    Ditunggu kunjungan baliknya mas nino

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya itu relatif sih mas, tergantung lingkungan dan pola pikir Generasi Z. Ini bukan berarti pembelaan, soalnya saya bukan lahir di era digital sekitar 1990. Hehe..

      Paling umum yang saya tau tentang Generasi Z memang agak individualism dan kurang bisa bekerja dalam tim, tapi soal pesimisme itu masih sangat relatif. Thanks atas kunjungan nya mas. 😃

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.