Pemandian Air Soda Venezuela Versi Indonesia di Tapanuli

Biasanya air soda menjadi minuman yang menyegarkan, namun lain halnya di kaki gunung tarutung tepatnya di Desa Parbubu 1 Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Di sana air soda menjadi pemandian yang eksotis dan wow! Bagaimana tidak, pemandian air soda ini hanya ada 2 di dunia, satu di Tapanuli Utara dan satunya lagi ada di Venezuela yang berada di kawasan Amerika.

Jadi sekarang kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Venezuela, cukup beli tiket bus untuk ke Tarutung Sumatera Utara.

Jika anda dari pulau jawa anda bisa membeli tiket pesawat tujuan medan dan turun di Bandara Internasional kuala namu. Dari Bandara Internasional kuala namu anda bisa menyewa bus jurusan Tapanuli yang bisa memakan waktu kurang lebih 4 jam untuk sampai di sana.

Bagi anda yang memiliki uang berlebih dan tidak mau capek-capek duduk di bus selama 4 jam, anda bisa menaiki pesawat kecil dengan ongkos yang lumayan menguras kantong tetapi anda bisa hemat waktu dan langsung sampai di sana hanya dengan waktu sekitar 20 menit.

Ongkos untuk pergi ke pemandian air soda tidak di tentukan jarak, tapi tergantung negosiasi anda pada pemilik jasa angkutan. Semakin pintar tawar menawar, semakin murah harga yang bisa anda dapatkan.

Bagi warga medan disekitar pemandian air soda dapat berangkat menggunakan motor. Jika anda menggunakan jalur darat untuk pergi kesana, maka anda mendapat banyak keuntungan. Anda akan melihat pemandangan-pemandangan yang sangat indah dan beragam disekitar bukit barisan.

Kalau beruntung, anda dapat berjumpa dengan kumpulan monyet-monyet yang siap menyambut anda di jalanan menuju pemandian kolam air soda saat menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Sesampainya di sana, anda di wajibkan untuk membayar uang masuk atau uang kebersihan sebesar Rp.7000 agar anda bisa be-rendam dan menikmati eksotis nya pemandian air soda. Warna airnya nyaris berwarna merah sehingga nama pemandian ini dalam bahasa toba adalah aek rara tarutung yang artinya air merah tarutung.
Pemandian Air Soda Tarutung
Plang Pemandian Air Soda Tarutung (sumber gambar: wikipedia)
Pemandian air soda disana juga menurut kepercayaan warga sekitar memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan juga menyembuhkan kulit gatal-gatal walaupun masih belum pasti benar atau tidaknya, karena belum ada penelitian untuk mengetahui khasiat air tersebut.

Pemandian air soda ini sebenarnya sudah ada lama. Air soda tersebut di kembangkan serta menjadi objek wisata sejak tahun 1976 dan di kelola oleh Minar Sihite. Minar sihite adalah nama seorang bidan yang baru pulang ke kampung halamannya dan tak sengaja berjalan di daerah seputaran kolam air soda tersebut. Minar Sihite tak sengaja menemukan kolam air soda yang di tutupi oleh semak belukar.

Pemandian air panas soda pernah hancur tertimpa longsor pada 29 april 1989. Tanpa campur tangan pemerintah setempat, Minar Sihite membangun kembali kolam pemandian air panas tersebut meski banyak halangan dan rintangan.

Mulai dari pemerintah setempat maupun masyarakat di daerah tersebut kurang mendukung bahkan melarangnya. Namun, ibu Minar Sihite tetap mempertahankan dan mengembangkan pemandian air soda menjadi objek wisata yang sampai hari ini seluruh warga Indonesia dapat menikmati pemandian langka ini.

Bagaimana, apa anda berminat untuk berkunjung ke pemandian air soda tersebut bersama keluarga dan menikmati keeksotisan atau keindahan yang langka itu langsung dari tano batak?!

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

0 Response to "Pemandian Air Soda Venezuela Versi Indonesia di Tapanuli"

Post a Comment

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.