Apakah Blog AGC Menurunkan Peringkat Artikel di SERPs?

Apakah situs web atau blog AGC dapat menurunkan peringkat atau posisi ranking artikel di SERPs? Jawaban dari ninoartikel dot com adalah tidak! Tahukah anda, blog atau website yang memuat konten secara otomatis memiliki ciri-ciri melakukan penerbitan konten artikel hanya beberapa baris atau satu paragraf pertama saja di situs web/blog milik pelaku, dan situs AGC ber-kategori webspam!

Tim Google telah menyediakan formulir bagi pengguna mesin pencari yang ingin melaporkan pelanggaran terkait webspam di halaman melaporkan konten yang tidak pantas - bantuan blogger. Anda bisa menekan buton laporan webspam di halaman pelaporan tersebut dan pilih bagian yang memiliki deskripsi "laman ini benar-benar webspam".

Setelah anda pilih, anda akan diarahkan pada formulir laporan webspam. Tindakan webspam tidak menimbulkan dampak apapun atau tidak mengganggu posisi artikel di SERPs, baik itu di SERP Google, Bing dan Yahoo.
Dampak AGC Bagi Peringkat Artikel Blog di SERPs
Ilustrasi Posisi Artikel di SERPs Berdasarkan Trafik Blog
Bagaimana saya bisa percaya kalau posisi ranking artikel blog saya tidak berubah dan terganggu dengan adanya blog AGC seperti itu mas nino? Oke, saya mengerti perasaan dan kekhawatiran anda. Silakan cek posisi ranking artikel anda dan buktikan sendiri. Percayalah, blog anda tetap aman. Jadi mulai sekarang, anda tak perlu khawatir lagi.

Situs web atau blog AGC itu artinya apa dan bagaimana pola/cara kerja AGC yang dimaksud secara sederhana? AGC adalah automatically/auto generated content dan dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai konten yang dihasilkan secara otomatis dari eksternal halaman posting artikel situs web/blog lain melalui celah sistem RSS Feed atau API.

Pola atau cara kerja pada sistem AGC yaitu membuat konten secara otomatis dan terbit secara otomatis juga tanpa memberikan nilai tambah bagi pengguna mesin pencari. Sederhananya tindakan copy dan paste konten dari blog/web orang lain secara otomatis dan publikasi artikel hasil copas juga dilakukan secara otomatis.

Bagaimana mungkin blog/web yang notabene duplikat konten seperti itu bisa bermanfaat? Tentu tidak. Apalagi konten isinya hanya secuil dalam satu posting artikel, sudah begitu alamat situs dari sub-domain blogger Google. Hihi.. Buang-buang waktu dan energi! Blog atau web AGC terbukti paling sulit menghasilkan uang, karena tidak semua jaringan agen per-iklanan mau menerima.

Skema blog/web AGC benar-benar menanamkan paham egoisme, karena menjebak pengguna mesin pencari agar berkunjung ke blog/web AGC yang sudah di pasang iklan-iklan kurang bersahabat. Korbannya bukan hanya pengguna mesin pencari tapi juga pengguna sosial media, mengingat situs web/blog AGC mudah sekali di hukum oleh algoritma mesin pencari.

Apakah ada dampak negatif untuk situs web/blog yang menjadi korban dari tindakan atau praktik AGC? Seperti yang sudah saya sampaikan pada paragraf sebelum ini, bahwa perlakuan/tindakan seperti menyalin atau menduplikasi konten artikel secara otomatis yang dilakukan oleh orang lain sama sekali tidak berpengaruh terhadap situs dan peringkat artikel di SERPs.

Mengapa website atau blog AGC menerbitkan artikel kurang lebih hanya beberapa baris kalimat atau satu paragraf saja? Bagi mereka para pelaku AGC yang masih baru, biasanya memang akan mendapatkan isi konten artikel kurang lebih beberapa baris saja, hal tersebut terjadi karena kurangnya wawasan pelaku dalam dunia per-AGC-an.

Pelaku yang memiliki pengalaman lebih terkait situs web/blog AGC akan memilih dan memilah target blog/web yang akan di AGC, karena mereka sadar sebagian besar owner situs telah mengetahui taktik tersebut dan mendorong para pelaku untuk tidak menargetkan nya.

Ciri-ciri pelaku AGC yang sudah berpengalaman dan berwawasan cukup luas di bidang AGC seperti apa ya mas? Pada umumnya pelaku yang sudah profesional menggunakan Platform WordPress dengan bantuan plugin-plugin atau tools yang mendukung penerapan sistem AGC.

Bagi pelaku yang memiliki pengalaman lebih dengan AGC, pelaku tidak akan menggunakan sub-domain blogspot dari blogger yang jelas-jelas masih mitra perusahaan Google. Tim Google akan lebih mudah melakukan deteksi dan tindakan secara penuh pada situs mulai dari de-indeks mesin pencari google sampai ke penghapusan blog/web AGC secara permanen.

Para pelaku yang memiliki keahlian cukup tinggi dalam bidang AGC kerap kali menggunakan mekanisme automatically generated keyword (AGK). Sistem AGK tersebut mirip sekali dengan AGC sebetulnya, karena kata kunci atau keyword akan menjadi bagian dari konten.

Cara kerja sistem AGK tersebut akan membuat para pengunjung berputar putar, karena halaman artikel yang ditemukan oleh pengguna mesin pencari tidak relevan dengan kata kunci (keyword) yang mereka cari.

Mengapa Google meminta bantuan kepada para pengguna mesin pencari untuk melaporkan webspam? Google berharap hasil pencarian dari mesin pencari google dapat berharga, relevan dan berkualitas tinggi, sehingga para pengguna mesin pencari dapat terbantu hanya dengan beberapa keyword atau kata kunci yang di ketik.

Tim Google dengan bantuan googlebot tetap lah sistem dan sebaik apapun sistem, tetap akan memiliki kelemahan. Beberapa tindakan ilegal dapat di cekal secara manual dan otomatis, namun diantaranya luput dari filter.

Tidak ada sistem kerja atau program yang dibuat dengan hasil sempurna, karena kesadaran itu perusahaan raksasa internet seperti Google pencarian membutuhkan bantuan anda khususnya para webmaster atau blogger untuk membuat laporan webspam agar sistem semakin mutakhir dan dapat diperbaharui bersamaan dengan perkembangan zaman.

Sebanyak apapun konten artikel anda berada di situs web/blog AGC, tidak masalah. Anda memiliki dua pilihan, yakni mengabaikan tindakan tersebut atau melaporkan nya secara suka rela kepada tim webspam Google.

Apakah anda ingin menambahkan, melakukan koreksi atau bertanya mengenai dampak blog AGC terhadap peringkat artikel di SERPs? Silakan tulis dan kirim komentar anda. Semoga bermanfaat dan happy blogging.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Apakah Blog AGC Menurunkan Peringkat Artikel di SERPs?"

  1. Wah ilmu baru ini. Buat apa bikin AGC segala macem, buang2 waktu.
    Heran, sebenarnya apa yang mereka cari.
    usaha mereka sia-sia karena Google dan pembaca itu pintar.
    Yang ada mereka bakal tenggelam sendiri. Percaya aja sama Google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gak ada gunanya. Umumnya mereka buat blog AGC untuk dipasang iklan dan pihak pengiklan yang mau bekerja sama dengan mereka itu biasanya kurang kredibel, selain kurang kredibel, jenis iklan nya sangat tidak bersahabat dengan pengunjung, bahkan terkesan menjebak pengunjung. Hati-hati dengan blog AGC, penyakit untuk browser atau perangkat biasanya.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.