Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru Untuk Pemula

Berkurangnya UKM di Indonesia membuat semakin bertambah pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu, banyak juga calon-calon wirausahawan (entrepreneur) masih bingung untuk mencari modal usaha mereka. Tidak hanya modal, para calon wirausahawan pasti masih bingung mengenai apa dan bagaimana saja cara yang perlu disiapkan sebelum memulai usaha. Berikut beberapa cara memulai usaha baru untuk pemula.
Cara Memulai Usaha Baru
Cara Untuk Memulai Usaha Baru Bagi Pemula
1. Jangan takut untuk memulai. Sebagai calon wirausahawan yang sukses saat hendak memulai usaha, yang perlu disingkirkan adalah perasaan takut. Entah itu takut mencoba, takut rugi, takut tidak laku, dan sebagainya. Karena, jika calon wirausahawan memiliki rasa takut yang berlebihan, usahanya tidak akan pernah berkembang dan bahkan tidak akan pernah terlaksana.

Untuk memulai usaha baru, calon wirausahawan perlu membuang jauh-jauh perasaan takut tersebut dan teruslah berpikir positif untuk perkembangan dan kemajuan usaha anda kedepan nya.

2. Rencana untuk usaha. Sebelum memulai untuk usaha, banyak para pelaku bisnis menyarankan untuk membuat rencana usaha (business plan). Business Plan membantu para wirausahawan baru memperkirakan hal apa saja yang perlu disiapkan, berapa biaya yang harus dikeluarkan, berapa keuntungan nantinya, dan masih banyak lagi.

3. Hadapi setiap resiko. Hal apapun yang dilakukan pasti memiliki resiko, begitu juga dengan usaha atau bisnis. Apapun jenis usaha atau bisnis anda pasti ada resiko nya. Entah itu kalah saing, merugi, tidak laku, mendapat pelanggan yang cerewet, dan lain sebagainya.

4. Jadilah ramah dan murah senyum. Menjadi orang yang ramah dan murah senyum bukan hanya untuk para wirausahawan saja. Sudah seharusnya kita sebagai mahluk sosial menjadi orang yang ramah dan murah senyum.

Bagi para wirausahawan, menjadi orang yang ramah dan murah senyum itu penting, karena para wirausahawan nantinya akan secara langsung atau pun tidak langsung bekerja dibidang pelayanan.

Kepribadian yang ramah dan ceria akan membuat pelanggan merasa nyaman berbelanja atau melakukan transaksi dengan anda.

5. Ingat bersedekah. Setiap harta yang kita miliki 2,5% bagiannya adalah milik orang-orang yang membutuhkan. Hendaknya kita sedekah kan kepada orang yang membutuhkan dengan perasaan ikhlas lahir dan batin. Meskipun hanya 2,5% pengaruhnya sangat besar bagi kita dan orang lain.

Itulah beberapa tips atau cara memulai usaha baru untuk calon wirausahawan yang masih baru memulai berwirausaha. Salam kreatif dan semoga anda segera menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur sukses di Indonesia.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

4 Responses to "Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru Untuk Pemula"

  1. terlepas dari keasyikan di ranah online....termasuk untuk bisnis...di offline jg sy punya niat untuk buka bisnis...tp yg gak jauh2 dari hobby...misalkan hobby minum kopi buka usaha coffee shop....setidaknya meminimalisir ketakutan lah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bang John. Bikin usaha Coffee Shop sepertinya menjanjikan, apalagi kalau berada di lokasi yang tepat dan strategis.

      Lokasi bisnis yang tepat di prediksi dapat membuat omset penjualan kopi meningkat dan stabil. Hehe..

      Delete
  2. Saya rasa poin pentingnya itu dengan tidak takut mencoba dan pantang menyerah...
    Karena dengan pantang menyerah, lama-lama kita bisa beradaptasi dengan masalah2 yg mungkin dihadapi dan semakin bisa berkembang usaha kita.
    Semangat! salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, dengan cara selalu optimis atau pantang menyerah, terkadang masalah dalam usaha/bisnis yang dirasa sulit diselesaikan, akan terselesaikan lebih tepat dan cepat.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.