Blog Gado-Gado, Campuran, Atau Niche Blog?

Bicara mengenai blog gado-gado dan niche blog, berarti kita bicara mengenai konten artikel, pembahasan, pengelompokan, kategori atau apapun itu istilah yang tepat, saya kurang begitu mengerti. Lagi pula saya menulis tentang ini kan untuk blogger pemula, tentu saja saya perlu menulis sesuai dengan daya pikir para pemula. Haha.. Peace.

Konten Blog

Blog campuran (blog gado-gado) saya ibaratkan seperti genre pada musik. Contohnya musik pop, dangdut, jazz, blus, reggae, rock dan lain sebagainya yang dijadikan satu.

Kelebihan dan kekurangan Kedua Jenis Blog

Blog yang memiliki pembahasan lebih terarah atau ter kelompok memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Salah satu kekurangan nya terletak pada keterbatasan ide menulis. Walaupun sejatinya keterbatasan ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan bukan bergantung pada niche blog, tetapi terletak pada kreatifitas dan kemampuan blogger itu sendiri.

Saat kamu memutuskan untuk membangun blog dengan niche yang lebih spesifik, sesuaikan kemampuan agar tidak terbebani oleh hal-hal yang sudah kamu pilih di kemudian hari.

Begitu juga dengan blog gado-gado. Blog dengan banyak topik memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satunya lebih sulit menyaingi blog-blog lain yang memiliki pembahasan lebih spesifik di search engine.

Sebaiknya isi blog dengan topik spesifik atau campuran?

Gunakan imajinasi mu sekarang. Anggap saja kamu melihat deretan konter-konter atau toko ponsel dan kebetulan kamu lebih menyukai ponsel merek Samsung daripada merek ponsel yang lainnya.

Ponsel dengan merek Samsung adalah produk favorit kamu, anggap saja seperti itu ya? Setelah itu kamu bayangkan disana (tempat umum) tidak ada satupun konter atau toko ponsel yang pernah kamu kunjungi atau kamu dengar.

Lalu, apa yang akan kamu pikirkan, atau apa yang akan kamu lakukan saat berada di situasi seperti itu? Saya yakin, hal pertama yang akan kamu lakukan adalah melihat ke arah toko ponsel yang paling besar dan lengkap tentunya.

Bagaimana jika semua toko tersebut sama-sama besar dan lengkap? Oke, kita asumsikan ada 7 toko ponsel dan hanya 1 toko ponsel yang sudah menyediakan merek ponsel Samsung secara lengkap.

Toko mana yang akan kamu kunjungi pertama kali? Saya yakin, kamu akan mendahulukan mengunjungi toko ponsel yang menyediakan produk lengkap khusus ponsel Samsung.

Pada kasus persaingan toko ponsel di atas pasti akan dimenangkan oleh toko ponsel yang menyediakan dengan lengkap merek ponsel Samsung daripada toko ponsel lain, sekalipun disana ada toko ponsel lain menyediakan merek ponsel Samsung juga.

Nah ini lah pola pasar, kemenangan tersebut meliputi trafik, penjualan dan lain sebagainya.

Strategi ini terbentuk dari kecenderungan masyarakat dan tentunya dengan riset-riset yang sangat kompleks!

Jika kita mengunjungi Google Adwords, maka kita akan menemukan istilah rata-rata. Nah rata-rata pada contoh ilustrasi tersebut adalah seperti penelusuran bulanan rata-rata yang ada pada fitur Google Adwords atau Google keyword planner.

Nilai rata-rata trafik bisa kita dapatkan, karena memiliki persaingan rendah (6 toko ponsel gado-gado) dan tafsiran pendapatan bulanan dapat juga kita prediksi berdasarkan akumulasi pola-pola yang ada. Sampai disini mudah-mudahan bisa dimengerti dengan baik.

Blog gado-gado melawan blog dengan niche spesifik

Kembali ke inti pembahasan, bahwa sebenarnya blog dengan niche yang lebih terarah akan mengungguli blog pesaing yang kurang terarah. Karena hal ini erat kaitannya dengan istilah kekayaan konten (algoritma konten yang terkait, semakin banyak keterkaitan bot akan anggap semakin kaya dengan konten) dan hal tersebut adalah bagian dari niche market.

Untuk blogger pemula yang memiliki blog gado-gado, sebaiknya tingkat kan kualitas konten artikel untuk menjadi pemenang di search engine (mesin penelusuran).

Untuk mengalahkan kompetitor yang memiliki konten spesifik, sebaiknya tingkat kan kualitas konten dan juga kuantitas konten.

Oh iya, jangan lupa baca juga tentang cara meningkatkan pengunjung blog.

Penutup

Mana yang lebih baik antara blog gado-gado melawan blog Spesifik? Silahkan bagi pikiran mu di kolom komentar. Hanya ini yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

10 Responses to "Blog Gado-Gado, Campuran, Atau Niche Blog?"

  1. artikelnya bagus mas,,,membahas blog gado2 vs blog niche,,jujur saja blog saya gak tau juga dibilang blog niche,,mgkin juga gado2,,tapi krena blm trllu bnyak kontennya,,mgkin gado2 nya saya pilih 2 topik aja,,ttg blog dan komputer,,heehe yg pnting lancar dan aman,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Semoga sukses! Hehehe yg kita cari memang lancar nya itu, kalau blog gado-gado bisa bikin nyaman dan lacar, maka pertahankan. Kuncinya di nyaman dan lancar itu, jadi beban mental nggak seberapa menekan.

      Delete
  2. Blog gado-gado ibarat toko serba ada ya mas, pengunjung bisa memilih berbagai macam dagangan yang kita tawarkan.

    Walaupun blog gado-gado namun lambat laun sebuah blog gado-gado pasti akan mempunyai ciri khas pada salah satu topik yang ada didalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas. Blog apapun sebetulnya bisa akan berbeda-beda hasil akhirnya, karena semua nya itu tergantung dari kreatifitas blogger itu sendiri.

      Delete
  3. Kalo saya sudah nyaman dg blog campuran. Mungkin karena sudah terbiasa dan tidak terlalu memikirkan topik. Bgtupun dg blog niche sy rasa punya peminatnya masing2. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gpp mas, bagus juga kok. Sesuaikan dengan minat aja. Kalau kita bikin Blog dengan satu topik, itu sebetulnya lebih terlihat ahli atau profesional, tapi kalau udah terbiasa campuran, lebih baik memang ya disesuaikan aja sama minat nya. Hehe

      Delete
  4. kalau ane....... spesifik dulu baru buat gado2 hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cara nya malah beda ya? Beda orang beda cara, yang penting tujuan nya sama ya mas hehe..

      Delete
  5. Kalau untuk yang baru mulai atau baru tertarik dengan dunia blogging, blog gado-gado merupakan pilihan tepat. Soalnya gak bakal bikin motivasi menulis ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kang Kandra, sebab pemula nggak bisa langsung di paksa fokus ke satu topik ulasan terus menerus. Kalau dipaksa atau memaksakan diri, akhirnya gak pernah buat karya tulis lagi.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.