Peluang Usaha Blogging Untuk Merek Bisnis Online

Setiap pelaku bisnis harus selalu mencari cara untuk mempromosikan produk mereka atau selalu mencari peluang usaha agar segala macam strategi promosi berjalan dengan semestinya dan menjaga bisnis mereka tetap baik di mata publik. Salah satu poin penting yang sering diabaikan adalah tentang blogging dan bisnis online melalui blog. Sebuah blog dapat menjadi sangat berguna sebagai sarana untuk menjaga komunikasi dengan para pelanggan anda.

Membangun merek bisnis di blog adalah alat pemasaran yang sangat efektif. Karena bagian dari peluang usaha mandiri atau usaha modal kecil yang menguntungkan dan ide usaha modal kecil.

Peluang Usaha Blogging

Anda dapat menggunakan blog untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Berbagi berita perusahaan bisnis yang anda ikuti, mengumumkan peluncuran produk baru atau apa pun itu yang perlu pelanggan anda ketahui tentang bisnis milik anda atau tentang bisnis yang sedang anda jalankan. Hal tersebut bisa anda sajikan secara cepat dan mudah tentunya. Ini adalah cara sederhana untuk mempromosikan bisnis anda tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Blog tentang bisnis yang anda miliki akan meningkatkan penjualan. Blog anda akan bertindak seperti penjual online atau patner bisnis yang bekerja untuk anda dengan sangat setia, jika manusia membutuhkan materi yang mungkin lebih banyak, maka blog sedikit berbeda, blog hanya membutuhkan sedikit waktu anda. Blog adalah cara yang tepat untuk memaparkan rincian produk atau jasa milik anda.

Artikel blog menyediakan cara untuk memberitahu pelanggan tentang semua manfaat produk yang anda tawarkan kepada mereka. Anda juga dapat menggunakan blog untuk memberi suguhan artikel yang menarik kepada pelanggan anda. Misalnya artikel berita dan penawaran yang berkaitan dengan produk yang sudah ada sebelumnya atau produk yang akan anda luncurkan (update harga, informasi bisnis dan lain-lain).

Peluang Usaha Blogging

Dengan blog anda akan meningkatkan kepuasan pelanggan. blogging adalah cara yang bagus untuk mendirikan sebuah percakapan dengan pelanggan anda. Pelanggan menikmati tulisan atau informasi yang sudah anda berikan dan mereka mungkin juga akan mengomentari posting di blog yang membahas tentang bisnis yang anda publish atau bahkan membagikan posting artikel milik anda ke orang lain.

Blog memberi kesempatan untuk menciptakan rasa persaudaraan yang erat dan lekat secara alami. Jika pelanggan merasa bahwa ke ingin tahuan mereka terjawab di blog atau situs anda, maka mereka lebih mungkin untuk mengembangkan ikatan secara emosional untuk bisnis anda dan mengarah ke hubungan bisnis untuk jangka waktu yang panjang.

Setujukah jika saya mengatakan blogging tentang bisnis milik anda dapat membantu anda untuk pertumbuhan merek bisnis dan jasa? Saya yakin anda akan sepakat dengan pernyataan ini. Blogging membantu anda untuk menjelaskan merek bisnis anda ke basis pelanggan milik anda saat ini dan sampai ke masa depan. Sebuah blog bisnis adalah kesempatan terbaik anda untuk memberitahu orang tentang bisnis yang tengah anda jalani.

Hadirkan target pada pemasaran anda secara meluas dengan sebuah blog. Menyajikan dengan cara yang konsisten untuk konten artikel yang ada di blog anda, karena pendekatan kepada pelanggan anda mendorong mereka untuk merasa lebih percaya dan setia terhadap merek bisnis milik anda dan memberikan rasa nyaman kepada mereka.
Baca juga: Pemasaran Viral dan Jualan Online.

Mengapa mereka merasa nyaman?

Karena mereka tahu, anda memiliki sebuah blog atau situs yang selalu update informasi tentang bisnis tersebut dan disamping itu mereka juga mudah untuk memahami produk atau bisnis anda secara terperinci. Mereka bisa membaca informasi atau konten artikel di blog anda berulang-ulang, sangat jauh berbeda ketika anda hanya menjelaskan secara lisan, yang terkadang sulit dimengerti dan tidak dijelaskan secara rinci.

Bukankah bisnis di blog secara online itu sulit? Mempertahankan blog untuk sebuah bisnis yang anda lakukan secara perlahan dan teratur akan mengikis kesulitan itu, ini adalah proses! Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan konsisten, seperti halnya update artikel beberapa kali dalam satu minggu atau satu artikel dalam satu hari (ini lebih baik).

Anda juga dapat membuat update konten di blog sesuai keinginan, tetapi jika anda memiliki banyak informasi yang ingin disampaikan maka lebih baik pecah informasi di blog anda ke dalam beberapa posting (konten pilar). Hal tersebut memiliki keuntungan membiarkan pelanggan untuk lebih mudah menemukan atau memilih informasi yang menarik bagi mereka.

Anda juga perlu menyediakan topik baru (stok artikel) untuk di terbitkan ke blog milik anda secara ter-jadwal atau teratur. Fungsi dari stok artikel agar anda dapat selalu update artikel terbaru sekalipun anda tidak memiliki waktu atau sedang tidak ada ide untuk membuat konten artikel. Update artikel secara rutin fungsinya bukan hanya untuk pelanggan anda, tetapi juga untuk menjaring calon pelanggan.


Anda tidak memiliki banyak waktu untuk posting artikel?

Bagaimana jika anda sama sekali tidak punya waktu untuk mempertahankan isi dan kualitas update artikel di blog? Hal ini memang menjadi kendala tersendiri dan sebenarnya anda tetap memiliki kemungkinan, misalnya membayar penulis profesional untuk menulis posting di blog milik anda (memesan artikel).

Pendekatan ini dapat bekerja dengan baik untuk usaha kecil yang sedang mencari jalan untuk memasuki dunia bisnis blogging di era ini dan di era mendatang. Berbicara mengenai era, kita telah memasuki era digital. Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut dan tahukah anda bahwa generasi muda masa kini memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk eksplorasi kegiatan blogging.

Jika para orang tua dan lingkungan mendukung penuh aktivitas tersebut, maka akan ada kesempatan terbaik yang dapat tergali oleh mereka. Mengapa? Karena ada beberapa potensi yang mungkin belum anda ketahui. Apa saja potensi untuk generasi muda masa kini yang dapat mereka gali? Baca selengkapnya di artikel yang berjudul potensi blog untuk generasi muda.

Apakah mudah dipahami penjelasan singkat dari penulis tentang peluang usaha blogging untuk merek bisnis online? Penulis rasa anda yang menemukan artikel ini kompeten dalam hal pemahaman terkait bisnis di internet melalui jalur blogging. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

8 Responses to "Peluang Usaha Blogging Untuk Merek Bisnis Online"

  1. Menggunakan media blog memang memang memudahkan dalam memperkenalkan merk bisnis, namun mudah bukan berarti tidak butuh kerja keras. Karena membangun blog juga butuh waktu. jadi memang harus konsisten untuk menjalaninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sepakat Bung, hal tersebut adalah bagian dari proses. waktu, tenaga, pikiran dan tambahan biaya pasti juga ada. Tidak mudah memang, karena tidak ada bedanya dengan bisnis offline, hanya saja bedanya dalam jangkauan dan dukungan (trend) yang lebih luas jika kita menerapkan metode bisnis melalui jalur internet di era digital seperti sekarang-sekarang ini. Terima kasih untuk atensinya Bung Rudhy :)

      Delete
  2. saya punya pengalaman seperti diatas kang, dan saya tekankan pada teman saya, bahwa blogging bisa meningkatkan produk, atau jualan, tapi teman saya bersikukuh medsos lebih jos. ya mungkin dunianya berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh iya, tentu kang. Metode memang bukan satu-satu nya dampak berhasil atau gagalnya seseorang dlm hal bisnis. Karena kunci bisnis sebetulnya ada di passion, tanpa passion semua nya menjadi tidak konsisten. Kalau kita bicara tentang medsos dan blogging mirip kok. Pangsa pasarnya sama karena jalur yang di pakai adalah jalur internet (online). Basis nya adalah sama, menggunakan metode pemasaran digital. Menurut wikipedia : Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

      Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.

      Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen. Jadi tinggal nyaman nya aja, mau lewat media sosial atau web log (blog). (y)

      Delete
    2. ya benar juga kang, memang sama saja pangsa pasarnya, namun sepertinya sampai sekarang image yang berkembang kalau ada website, akan kelihatan lebih meyakinkan.

      mungkin jika pelaku usaha yang belum memiliki blog, mengetahui potensi blog, kayaknya akan membangun blog. kenapa? hitung-htung memperkuat publikasi dan promosi

      Delete
    3. Bener juga Kang, masuk akal. Saya sepakat dengan Kang Oim

      Delete
  3. Kalau menurut saya kunci dari keberhasilan bisnis online, yang pertama adalah kesabaran dan yang kedua seperti yang telah dijelaskan dalam artikel diatas yaitu kepuasan pelangan, selebihnya rejeki udah ada yang mengatur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat mas rejeki sudah ada yang mengatur, tugas manusia berdoa, berusaha, ikhtiar dan tawakal agar tercukupi kebutuhan dunia dan akhirat.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.