Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia

Pada dasarnya blog adalah jurnal yang ada di dalam web. Aktivitas update nya disebut sebagai blogging dan seseorang yang melakukan kegiatan blogging disebut sebagai blogger. Isi artikel dan judul artikel dibuat berdasarkan rujukan dari kata kunci potensi blog untuk generasi muda, dan bisa kita simpul kan menjadi, potensi blogging untuk generasi muda dalam meraih kesuksesan melalui jalur blogging.

Generasi muda menurut saya adalah generasi baru, atau generasi penerus. Jika dikaitkan dengan generasi muda dalam dunia blogging, maka ini bisa kita asumsi kan sebagai generasi penerus bagi para blogger Indonesia (generasi pendahulu). Mungkin definisi nya terkesan sedikit memaksa ya? Se-bisa mungkin penulis mengartikannya sesuai dengan apa yang penulis pahami.

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Potensi adalah suatu dasar kesanggupan, daya atau kemampuan dan kemungkinan untuk dikembangkan atau mengembangkan nya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Dalam hal ini adalah pengembangan blog untuk generasi muda guna menyongsong era digital. Beberapa penjelasan sederhana itu saya rasa cukup mudah untuk dipahami.

Manfaat dan potensi blog untuk generasi muda

Ada banyak manfaat dan kelebihan blog bagi generasi muda. Salah satu diantaranya anda akan memiliki potensi keuntungan secara holistik. Penulis akan berbagi beberapa dari banyaknya manfaat yang didapatkan sebagai generasi muda! Potensi dari blog dapat memberikan beberapa manfaat dengan cara menulis di sebuah blog secara konsisten. Beberapa diantaranya adalah:
  • Memiliki potensi penghasilan 
  • Sebagai media untuk berbagi isi pikiran

Seperti hal nya bekerja namun tidak memiliki bos, artinya anda sendiri adalah bos untuk diri dan anda yang mengontrol kapan mulai, kapan beristirahat nya dan lain-lain.

Manfaat apa yang bisa di dapatkan dengan blog dan hal apa sajakah yang akan anda temui sebagai generasi muda potensial yang berkecimpung di dunia blogging dalam mengembangkan atau membangun sebuah blog? Dibawah ini saya uraikan secara singkat beberapa diantaranya.

Blog memiliki potensi sumber penghasilan

Blogging adalah cara sederhana untuk mendapatkan penghasilan dari produk atau jasa anda melalui internet. Tujuannya adalah menarik perhatian pembaca untuk mencoba produk anda dan menciptakan hubungan secara meluas sehingga orang yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang anda dapat mempermudah mereka dalam melakukan pencarian.

Anda dapat juga membangun pasar melalui blogging. Cara ini akan membuat orang-orang merasa penasaran untuk mengunjungi blog anda dan membaca apa yang telah anda tulis. Solusi untuk meningkatkan sumber penghasilan dengan cara meminta umpan balik dari pembaca anda. Ini akan membuat mereka tahu bahwa anda peduli tentang apa yang sedang mereka pikirkan atau mereka khawatirkan.

Pelajari lebih lanjut tentang latar belakang pembaca blog anda, misalnya dengan melakukan survei sederhana yang akan membantu anda dapat memahami konten apa saja yang mereka sukai dan jenis iklan apa saja yang dapat anda referensikan untuk pengunjung setia blog anda. Jika anda sedang mencari cara yang sederhana namun efektif untuk beriklan, maka blogging dapat memiliki banyak potensi.

Blogging adalah salah satu cara dari beberapa metode marketing di internet. Bisa kita sebut sebagai peluang usaha blogging melalui internet. Baca juga tentang peluang usaha blogging. Anda tentunya juga perlu mempelajari bagaimana anda bisa membangun peluang usaha bisnis online milik anda, agar blog selalu memiliki konten artikel yang benar-benar berpotensi memberikan penghasilan untuk anda.

Blog sebagai media untuk berbagi isi pikiran

Anda bisa berbagi sesuatu kepada semua orang tentang apa saja yang sedang anda pikirkan, atau apa saja hal-hal yang anda perlu sampaikan kepada orang lain secara mudah. Anda tidak perlu tampil atau menyuarakan sesuatu dengan lantang menggunakan mix dan speaker didepan umum atau dihadapan orang banyak untuk memberikan ide atau gagasan milik anda. Cukup dengan blog, anda sudah bisa menyuarakan isi pikiran anda pada khalayak ramai.

Jika menulis di blog sudah menjadi sesuatu hal yang biasa dan menjadi bagian dari hobi, maka tidak menutup kemungkinan blog anda akan memiliki banyak pengunjung. Mereka dengan senang hati akan membaca semua tulisan dan keluh kesah dari hasil olah pikiran anda di blog, bahkan mereka (para pembaca) bisa menjadi pengagum rahasia anda.

Memang tidak mudah, karena anda perlu memiliki dasar pengetahuan tentang blogging. Baca juga tentang tips efektif untuk memulai blogging. Landasan dasar atau pondasi dasar adalah penting sebagai pendukung hobi atau minat anda tentang blogging. Pelajari dasar-dasar strategi blog sebagai media berbagi agar anda memiliki penggemar setia.

Karena hanya dengan blog/situs yang memiliki penggemar setia lah yang akan mudah mempengaruhi isi pikiran pembaca nya. Itu artinya anda juga mudah menjual produk atau jasa kepada para pengunjung setia blog Anda. Kesimpulannya, dengan blog anda bisa mendapatkan kedua manfaat secara bersamaan, yaitu kesenangan dan materi.

Siapa yang bisa menjadi seorang blogger?

Pertanyaan ini cukup menarik sebab secara umum orang-orang tidak mengetahui hal semacam ini, bahkan masih banyak juga yang memiliki pemahaman keliru terkait persoalan tersebut. Lalu siapa yang bisa menjadi seorang blogger sukses?!

Apakah profesi blogger hanya di peruntukan untuk orang-orang yang memiliki persediaan lebih (alat, uang, keadaan, dan lainnya) ataukah hanya untuk kelompok atau individu yang memiliki gelar tinggi pada pendidikan formal? Siapa saja yang memiliki koneksi internet dapat memulai untuk membuat atau mengisi sebuah blog.

Agar terlihat profesional yang dibutuhkan adalah nama domain, web hosting, template sederhana dan platform tentunya. Bicara tentang Platform, anda bisa membuat di WordPress, Blogger, Tumblr, Movable Type, Expression Engine, Joomla, Posterous, Drupal, Multiply dan lain-lain.

Bagi pemula saya sarankan menggunakan blog dari blogger (blogspot) karena sangat mudah penggunaan nya. Meskipun dari blog dapat menguntungkan, sebagai blogger pemula harus menyadari 3 poin berikut ini:
  • Kebanyakan blogger akan memakan waktu 6-12 bulan untuk dapat menikmati hasil kerjanya 
  • Rata-rata blogger akan bekerja tanpa dibayar selama berbulan-bulan 
  • Tidak ada yang instan, jika tidak belajar maka tidak akan pernah berhasil menjadi blogger

Hanya dengan pengetahuan dasar komputer seseorang sudah dapat mengatur dan membuat sebuah blog. Jika kita bicara mengenai domain ini sifatnya optional. Tergantung minat, karena ada beberapa blogger yang memang sengaja tidak mau mengganti domain nya karena beberapa alasan yang cukup kompleks.

Domain adalah alamat situs kita, dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website atau blog. Karena itulah, perlunya memiliki nama domain yang mudah diingat. Ada domain pasti ada hosting juga. Secara singkat Hosting dapat disebut juga sebagai web hosting.

Web hosting adalah penyewaan tempat online untuk menampung data-data yang diperlukan untuk sebuah website, sehingga dapat diakses melalui internet. Pada umumnya data tersebut berupa file, database, gambar, program, atau script.

Untuk anda yang membuat dan memiliki blog di blogger tidak perlu lagi menyewa hosting dari perusahaan penyedia domain dan hosting. Anda cukup sewa domain nya saja agar alamat/URL blog anda menjadi lebih singkat dan mudah diingat oleh para pengunjung.
Oh iya, saat ini perusahaan web hosting indonesia sudah banyak bermunculan. Jujur saya sampai bingung sendiri untuk menentukan pilihan.
Beberapa artikel yang saya baca di internet, dewaweb masuk dalam daftar perusahaan hosting terbaik dan kemungkinan akan selalu menjadi salah satu perusahaan hosting yang terbaik di Indonesia, mengingat perusahaan yang satu ini selalu memberikan trobosan-trobosan menarik dan dengan harga-harga yang bersaing. Nino artikel belum lama ini juga menyewa domain com dari sana.

Demikian ulasan yang saya buat tentang potensi blog untuk para generasi muda yang mandiri dengan blogging. Mudah-mudahan generasi muda di era digital ini mulai mawas diri dan sadar, karena negara kita sudah sedikit tertinggal. Industri e-Commerce di Indonesia telah tertinggal di kancah kompetisi Global. Happy blogging.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

13 Responses to "Potensi Blog Untuk Generasi Muda Indonesia"

  1. luar biasanya tulisannya kang, cocok untuk memperingati hardiknas nih

    ReplyDelete
  2. Mantap kang ulasannya. Semangat blogging

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah mabak Terima kasih, mungkin karena kebetulan dan lagi pula itu hanya posisi sementara mabak Erica hehe

      Delete
  4. Replies
    1. Wah mas nya ini bisa aja mujinya, pengen nya sih gitu mas Taufik. Hehe.. Tujuan utama saya sebetulnya untuk mengasah kemampuan dan batas daya dari hasil belajar metode SEO, dari kompetisi SEO IAPD saya mengalami beberapa fase trial and error, pelajaran yang berharga untuk pemula seperti saya khususnya, mengingat banyak para sesepuh dan teman-teman forum yang sekaligus menjadi guru.

      Delete
  5. jika membaca ini saya jadi semangat lagi ngeblog,,,makasih sharenya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas kita harus semangat hehe Terima kasih juga mas untuk kunjungan nya.

      Delete
  6. Sudah TDL gan keren SEO lagi, Mantaf

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.