Panduan Memaksimalkan Bisnis Online (Ecommerce) di Internet

Membuka sebuah bisnis bukan hanya bisa dilakukan di dunia nyata saja melainkan juga bisa anda jalankan dan maksimal kan di dunia maya seperti internet. Internet mempunyai peluang cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang ini untuk bisnis jangka panjang. Seperti halnya dengan membuka sebuah toko online atau bisa disebut sebagai Ecommerce.

Toko online (Ecommerce) menjadi salah satu media bisnis yang saat ini sedang populer dan mendominasi pemasaran produk di Indonesia.

Toko online yang sudah lebih dulu terkenal sering kali menjadi tempat favorit para konsumen untuk berbelanja dan mendapatkan barang-barang tertentu. Mengapa?! Karena nilai kepercayaan konsumen sudah terbentuk jauh-jauh hari dari media iklan, sehingga nilai kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

Penggunaan internet sebagai bisnis online atau ecommerce sudah ada sejak 10 tahun silam. Memang benar, membuka toko online atau pun toko offline sama saja susahnya.

Pelaku bisnis perlu menggunakan jasa promosi atau pemasaran produk, sehingga produk bisa dilihat dan memiliki nilai kepercayaan di mata masyarakat atau calon pembeli (konsumen). Saya memiliki beberapa panduan terbaik yang bisa anda terapkan untuk bisnis online (ecommerce).
Meningkatkan Bisnis Online (Ecommerce) di Internet
Memaksimalkan Bisnis Online di Internet

Panduan Meningkatkan Bisnis Ecommerce Secara Maksimal

1. Pahami keinginan calon pembeli. Anda perlu memahami seperti apa keinginan para pembeli, dengan cara seperti ini mekanisme bisnis online anda lebih efektif dan efisien. Sebaiknya anda survey seberapa banyak pembeli yang memilih produk tertentu. Jika semakin banyak produk tertentu yang di minati, maka anda bisa perbanyak stok produk tersebut.

Lantas bagaimana dengan produk yang kurang laris?! Gunakan sistem diskon atau sistem promosi beli 2 gratis 1. Cara ini masih sangat efektif untuk menekan jumlah produk yang kurang laris. Pada dasarnya, cara ini akan berhasil jika anda mempertimbangkan laba yang akan didapatkan secara Teroganisir tentunya.

Sistem beli 2 dapat 1 tentu sudah melalui perhitungan terlebih dahulu sehingga anda sebagai pemilik produk tidak mengalami banyak kerugian. Intinya, sistem ini hanya bertujuan untuk menghabiskan stok barang yang kurang laku saja, tidak untuk produk/barang yang masih stabil nilai konversi penjualannya.

2. Ikuti trend. Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya mudah sekali beradaptasi dengan berbagai jenis trend yang ada. Anda dapat melakukan penyesuaian dengan bisnis yang tengah anda jalani. Misalnya saja, tahun lalu sedang trend Game Pokemon Go. Dengan adanya trends tersebut anda bisa memunculkan produk baru yang berhubungan dengan game Pokemon Go.

Maksudnya bagaimana ya?! Maksudnya seperti penjualan ponsel android yang suport Game tersebut, Power bank, Tas ransel untuk mencari Poke Ball, serta berbagai jenis boneka Pokemon.

3. Maksimalkan penggunaan fitur. Penggunaan fitur berbelanja sering kali menjadi masalah yang serius khususnya bagi para konsumen dan calon konsumen. Tingkat kesulitan dalam penggunaan fitur yang ada malah membuat mereka kabur begitu saja. Sekarang kan sudah jaman nya smartphone android, jadi anda perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna versi mobile.

4. Maksimalkan keunggulan produk. Jangan pernah menulis atau memberikan deskripsi produk yang tidak sesuai dengan produk dagang anda, itu namanya penipuan dan berdampak buruk terhadap bisnis anda. Teknik pemasaran dengan metode seperti itu bisa merugikan para pembeli dan akhirnya mereka akan menyebarkan informasi negatif tersebut dari mulut ke mulut.

Lebih baik anda jujur apa adanya, atau jika anda ingin produk lebih menarik di mata calon konsumen, anda bisa membangun kepercayaan terlebih dahulu melalui halaman blog/website.

Demikian informasi mengenai panduan memaksimalkan bisnis online (ecommerce). Silahkan eksperimen dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

2 Responses to "Panduan Memaksimalkan Bisnis Online (Ecommerce) di Internet"

  1. sangat membantu sebagai seorang pemula di dunia marketing blog agan memang bagus banget gan niche juga blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, semoga sukses bisnis online nya kang. Terima kasih utk pujian dan kunjungan nya. 😃

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.