Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula

Bagaimana cara menjadi penulis artikel lepas online di internet yang menghasilkan uang dan tingkatannya? Simak artikel ini. Dari persoalan tersebut saya putuskan untuk membuat judul cara menjadi penulis artikel lepas untuk pemula. Di artikel ini anda akan di arahkan menjadi seorang penulis artikel freelance dengan proses alamiah/natural tentunya. Jadi, saya tidak mengajarkan atau menjanjikan praktik instan atau jalan pintas mendapatkan uang dari internet melalui metode menulis artikel.

Saya hanya akan membagikan cara paling sederhana menjadi penulis artikel yang baik dan dapat anda praktik kan secara langsung. Pembahasan ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin merintis usaha di bidang jasa/layanan, yaitu menjadi penulis artikel lepas secara online di internet. Ada beberapa tahapan sederhana yang sayang untuk dilewatkan.

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas

Anda akan menemukan cara jitu mendapatkan penghasilan dari jasa menjadi penulis artikel lepas (freelance writer) di blog ini secara sederhana dan mudah untuk dipahami.

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas

Banyak membaca

Anda bisa mencari referensi untuk proses pembuatan artikel melalui buku kesukaan, atau bacaan yang ada di website/blog. Dengan membaca, anda dapat memiliki kemampuan menyusun kata atau kalimat (kosakata) yang nantinya anda rancang menjadi artikel. Perbendaharaan bahasa akan meningkat dua sampai empat kali lipat dari biasanya ketika anda rutin membaca. Di samping itu, anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dari kegiatan tersebut.

Anda akan memiliki ide yang bisa dituangkan dalam karya tulis secara tepat dan cepat. Selain mendapatkan banyak ide, dengan membaca anda akan terbiasa memahami kerangka artikel milik penulis lain. Dengan membaca, anda lebih mudah memahami materi yang akan anda jadikan sebagai karya tulis atau konten dalam bentuk artikel.

Berlatih menulis artikel melalui blog pribadi

Anda perlu melakukan kegiatan tulis menulis secara rutin di blog pribadi milik anda. Karena dengan cara berlatih menulis artikel dan membiasakan diri untuk menulis, kreativitas anda akan ter-asah. Kegiatan menulis artikel dapat anda lakukan dimanapun juga. Carilah tempat atau situasi yang tepat agar anda merasa tenang dan nyaman. Situasi dan kondisi yang tepat akan menumbuhkan kreativitas anda jauh lebih baik.

Agar tak mengalami kesulitan saat membuat artikel, sebaiknya anda mempersiapkan kerangka artikel lebih dulu. Konsep kerangka artikel dapat membuat tulisan menjadi lebih tajam dan terarah (Tidak OOT). Selain itu, tulisan yang sudah di rancang lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca dan pengerjaan artikel itu sendiri juga akan lebih cepat.

Sebaiknya anda baca cara membuat artikel yang berkualitas untuk pemula, sebelum anda melanjutkan ke poin berikutnya.

Bergabung dengan agen artikel

Dengan cara ini, seorang pemula akan memiliki pengalaman menulis yang lebih baik. Hanya agen artikel yang mau menampung artikel dari penulis amatir. Para agen artikel umumnya membeli artikel dengan selisih harga yang tidak cukup jauh. Agen artikel mengambil untung sebesar 30-40 persen, atau tergantung dari kualitas konten artikel itu sendiri.

Semakin banyak kesalahan yang dilakukan penulis, maka semakin sedikit nominal yang akan anda dapatkan dan begitu juga sebaliknya. Agen artikel akan mengembalikan artikel milik anda bilamana kesalahan yang anda lakukan cukup fatal (plagiat, berantakan, dan sebagainya).

Secara umum, agen artikel selalu memberikan tips dan trik menulis artikel yang baik dan benar. Agen artikel juga akan memberikan penjelasan detail atas kesalahan yang sering anda lakukan. Nah, di sana lah momen penting anda untuk mendapatkan pelajaran berharga dari para agen artikel yang sudah berpengalaman.

Agen artikel berpengalaman memiliki ciri cukup ahli merombak kosakata (ejaan) dan kerangka artikel. Agen artikel akan memperbaiki tulisan milik anda tanpa atau dengan pemberitahuan. Tulisan anda akan mereka pasarkan setelah mereka memperbaiki tulisan milik anda sampai dirasa layak untuk di pasarkan.

Artikel yang anda jual akan menjadi hak milik secara penuh agen artikel sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati.

Menjadi penulis lepas tanpa agen artikel

Menjadi penulis lepas atau kontributor tanpa agen artikel dapat anda pilih bilamana pengalaman menulis sudah mencukupi. Tidak ada salahnya jika anda sebagai pemula yang belum berpengalaman langsung melompat dan melewati fase ini, asalkan anda mampu dan mau menerima saran atau kritik yang diberikan oleh pihak penerbit artikel (pihak pertama).

Konsekuensi nya adalah, anda kerap merasa kesal karena tulisan yang anda kirim selalu mendapatkan kritik bahkan tak sedikit artikel milik anda mereka kembalikan. Hanya sebagian kecil penerbit artikel yang akan memberikan arahan secara mendetail, hal ini dikarenakan pihak penerbit memiliki banyak kesibukan.

Kesibukan itu seperti waktu yang terbatas untuk terus menerus mengoreksi tulisan anda. Jika anda kerap membuat kesalahan, maka artikel milik anda tidak akan di respons, dan itu artinya artikel sudah mereka tolak.

Mereka tidak akan mengajari anda secara mendetail tentang bagaimana cara-cara untuk menjadi penulis artikel yang baik dan benar. Bahkan, tulisan anda yang tidak memenuhi kriteria bisa saja diabaikan dalam waktu yang cukup lama sampai anda menghubungi mereka terkait status artikel di terima atau di tolak.

Mengapa pihak penerbit artikel melakukan penolakan tanpa menjelaskan secara rinci kesalahan yang ada pada artikel milik anda? Jawabannya adalah "anda selalu melakukan kesalahan yang sama".

Menjadi penulis artikel tanpa agen artikel artinya anda perlu dan harus mampu beradaptasi dengan cara belajar menulis artikel secara mandiri.

Penerbit artikel biasanya tak meminta penulis artikel untuk menulis di situs web/blog mereka secara langsung. Yang paling umum, para penerbit artikel meminta pengiriman konten artikel saja melalui email.

Menggunakan kosakata yang tepat dan terhubung

Kata dan kalimat penghubung sangatlah penting, karena nyawa dari kerangka artikel ada pada penghubung kata dan kalimat. Di bagian ini anda dituntut untuk mampu memiliki keahlian menyusun kata dan kalimat menjadi paragraf artikel yang mudah dipahami pembaca. Agen artikel yang dapat bertahan karir nya adalah mereka yang sudah memiliki pengalaman.

Kosakata sangat lekat sekali hubungannya dengan kualitas sebuah karya tulis (artikel), karena pondasi suatu artikel ada pada kosakata. Artikel yang mudah dipahami umumnya memiliki penghubung kata dan kalimat yang tepat.

Sebelum membuat sebuah artikel, sebaiknya anda banyak mencari informasi terkait tulisan yang akan anda buat. Anda perlu memiliki pemahaman atas isi artikel itu sendiri, agar artikel anda dapat diterima oleh orang lain yang kemungkinan besar mampir dan menanggapi karya tulis anda.

Jangan sampai anda di anggap sebagai penulis artikel yang menulis artikel tanpa dasar. Anda tidak bisa mengatakan salah atau benar tanpa adanya bukti. Jadi, jangan berikan informasi yang tidak jelas asal usulnya tanpa fakta yang sedang atau telah terjadi.

Tinjau kembali artikel yang sudah dibuat

Mencari kesalahan diri lebih baik daripada menunggu di koreksi oleh orang lain. Baca kembali atau tinjau artikel buatan anda secara perlahan. Jika artikel memiliki kesalahan, segera perbaiki. Menjadi penulis artikel lepas dituntut untuk lebih teliti agar artikel anda di terbitkan (publish).
Baca juga: Strategi Rahasia: Cara Mengisi Artikel di Blog Setiap Hari.
Itulah beberapa cara menjadi penulis artikel lepas. Selain itu, baik agen artikel atau pun pihak penerbit umumnya memiliki beberapa kriteria sebagai berikut.

6 kriteria menjadi penulis artikel lepas

  1. Artikel bukan hasil curian
  2. Artikel bermanfaat
  3. Artikel belum pernah terbit dimanapun
  4. Pola bahasa mudah dipahami dan sesuai dengan target pembaca
  5. Kerangka artikel runut dan kosakata atau ejaan artikel tepat
  6. Artikel tidak mengandung unsur SARA, obat-obatan dengan resep dokter, ulasan ilegal, barang palsu, tindakan melanggar hukum dan semacamnya
Semakin berkualitas karya tulisan milik anda, semakin tinggi harga jual artikel nya. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah berkarya dan gali potensi diri lebih dalam lagi, agar kita para penulis online mampu menjadi penulis artikel profesional.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

22 Responses to "Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula"

  1. SETUJU mas. Dengan sering membaca maka ilmu untuk menulis juga meningkat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas Bima. Mudah2an ilmu menulis kita selalu meningkat..

      Delete
  2. Artikel yang detail sekali, kebetulan saya baru mulai belajar menulis. Harus banyak2 baca biar tambah ilmunya nih,Terima kasih mas nino

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas Ari merendah nih. Hehe.. Terima kasih kembali mas.

      Delete
  3. maaf mau tanya mas nino ,untuk menjadi Penulis Artikel Lepas haruskah kita memberikan print out kita ke agen artikel atau seperti apa? saya masih kurang mengerti soal itu, tolong jelaskan yaa mas nino . Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap agen artikel punya syarat dan ketentuan sendiri sendiri dan akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ini meliputi respon dan alat pendukung yang mereka minta.

      Pada umumnya, agen artikel berbeda dengan pemilik situs atau owner situs yang menyediakan fasilitas kontributor dan penulis tamu.

      Kontributor Blog atau website biasanya dibayar oleh owner situs.

      Nah kalau yang kita bahas ini agen artikel yang artinya pihak kedua sebagai agen dan pihak ketiga sebagai penulis yang mengirimkan karya tulis nya ke pihak kedua (agen artikel).

      Untuk menjadi seorang penulis artikel melalui agen artikel syarat yang paling umum adalah mengirimkan contoh artikel yang pernah dibuat dan akan jauh lebih baik lagi jika memiliki pengalaman menjadi seorang penulis artikel.

      Delete
  4. Replies
    1. Sip sama-sama bos, selamat mempraktikan. :)

      Delete
  5. Ganti tema blog ya mas? perasaan ini tema lama, o iya mas buka Ho ya ada keperluan sedikit thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama ganti kok mas, oke sudah saya buka Hangouts nya.

      Delete
  6. Ok terima kasih atas bantuannya, semoga ninoartikel jaya selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin dan terima kasih mas. Sukses juga buat mas Imam. Hehe..

      Delete
  7. assalamu'alaikum
    maaf kak ,bagaimana cara membuat blog?tolong ajarkan ya kak,saya ingin sekali mencoba sebagai penulis di internet,terimakasih.wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam. Cara membuat blog belum lama tutorial nya sudah saya tulis kok. Cek beranda situs ini. Selebihnya tutorial sudah banyak ditulis. Kunci nya mau menyempatkan waktu untuk Googling.

      Delete
  8. Mas, mau tanya sedikit. Saya punya blog dengan konten parenting. Isinya saya dapat dari ikut seminar dan dengerin kuliah parenting diradio dengan sumber yang sama. Jadi sumbernya itu seorang psikolog. Saya mengagumi beliau dan menuangkannya diblog pribadi saya. Pertanyaannya, kalau saya tuangkan dalam sebuah artikel, dan saya terbitkan ke sebuah agen artikel bagaimana hukumnya? Plagiat kah? Dan dapat diterima atau tidak ya? Terima masih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan bagus mbak. Di artikel terbaru saya kebetulan banget tuh ada sedikit ulasan tentang batasan antara plagiat dan bukan plagiat. Ada tiga bagian terkait batasan yang bukan termasuk plagiarisme.

      1. Mengambil ide orang lain, lalu disampaikan dengan gaya bahasa sendiri dan didominasi oleh ide atau opini pribadi kategori nya bukan plagiat.

      2. Mengambil ide orang lain yang ternyata ide tersebut adalah fakta umum, ini juga bukan kategori plagiat.

      3. Mengambil ide orang lain secara penuh dan menyampaikan nya ke orang lain dengan gaya bahasa sendiri dan tetap menyebutkan pemilik sumber ide, kategori nya bukan plagiat.

      Contoh, ide dari Albert Einstein saya sampaikan ulang dengan gaya bahasa saya sendiri.

      "Lebih baik menjadi manusia yang berguna, usahakan untuk itu, daripada sebatas menjadi berhasil" - Albert Einstein.

      Saya tetap membawa nama pencetus nya, dan itu bukan plagiat.

      Delete
    2. di blog saya pun begitu, selalu saya cantumkan sumber si psikolog itu. jatuhnya bukan plagiat ya? alhamdulillah makasih pencerahannya :)

      Delete
    3. Iya mas. Tapi dengan catatan loh, walaupun memberikan sumber, usahakan konten tidak duplikat. Karena kalau di cek terdeksi duplikat konten, tetap saja kategori nya plagiat.

      Delete
  9. Terima kasih, masukan yg bermanfaat.
    Semoga bisa dipraktekan sebagai pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali dan selamat praktik. :)

      Delete
  10. kak pengen belajar nulis artikel gimana ya tolong share kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan nya bisa lebih spesifik lagi? Belajar menulis di awali dari suka membaca. Dengan banyaknya pengetahuan yang didapat dari membaca, insting menulis akan otomatis hadir. Semoga membantu. :)

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.