Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula - Nino Artikel

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula

Bagaimana cara menjadi penulis artikel lepas online di internet yang menghasilkan uang dan tingkatannya? Di artikel ini anda akan di arahkan menjadi seorang penulis artikel freelance dengan proses alamiah/natural tentunya. Jadi, saya tidak mengajarkan dan tidak menjanjikan jalan pintas mendapatkan uang dari internet melalui metode menulis artikel.

Saya hanya akan membagikan cara paling sederhana menjadi penulis artikel yang baik dan dapat anda praktikkan secara langsung. Pembahasan ini cocok bagi para pemula yang ingin merintis usaha di bidang jasa/layanan penulisan artikel lepas secara online di internet.
Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula
Penulis Artikel Lepas

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas

Anda akan menemukan cara jitu mendapatkan penghasilan dari jasa menjadi penulis artikel lepas (freelance writer) di blog ini secara sederhana dan mudah untuk dipahami.

1. Banyak membaca

Anda bisa mencari referensi untuk proses pembuatan artikel melalui buku kesukaan, atau bacaan yang ada di website/blog. Dengan membaca, anda dapat memiliki kemampuan menyusun kata atau kalimat (kosakata) yang nantinya akan anda rancang menjadi artikel.

Perbendaharaan bahasa akan meningkat dua sampai empat kali lipat dari biasanya ketika anda rutin membaca. Di samping itu, anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dari kegiatan tersebut.

selain itu, anda akan memiliki ide yang bisa dituangkan dalam karya tulis secara tepat dan cepat. Selain mendapatkan banyak ide, anda akan terbiasa memahami kerangka artikel milik penulis lain. 

2. Berlatih menulis artikel melalui website/blog pribadi

Lakukan kegiatan tulis menulis secara rutin di blog pribadi milik anda sendiri. Karena dengan cara berlatih menulis artikel dan membiasakan diri untuk menulis, kreativitas anda akan ter-asah. Kegiatan menulis artikel dapat dilakukan dimanapun juga.

Carilah tempat atau situasi yang tepat agar anda merasa tenang dan nyaman. Situasi dan kondisi yang tepat akan menumbuhkan kreativitas anda jauh lebih baik.

Agar tak mengalami kesulitan saat membuat artikel, persiapkan kerangka artikel lebih dulu. Konsep pembuatan kerangka artikel dapat membuat tulisan menjadi lebih tajam dan terarah (Tidak OOT).

Selain itu, tulisan yang sudah di rancang lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca dan pengerjaan artikel juga akan lebih cepat.

Baca terlebih dahulu cara membuat artikel yang berkualitas untuk pemula, sebelum anda melanjutkan ke poin berikutnya.

3. Bergabung dengan agen artikel

Dengan cara ini, anda akan memiliki pengalaman menulis yang lebih baik. Agen artikel akan menampung artikel dari penulis amatir sekalipun. Para agen artikel umumnya mengambil untung sebesar 30-40 persen, atau tergantung dari kualitas konten artikel yang ia terima.

Semakin banyak kesalahan yang dilakukan penulis, semakin sedikit nominal yang akan penulis dapatkan dan begitu juga sebaliknya. Agen artikel akan mengembalikan artikel milik anda bilamana kesalahan yang anda lakukan cukup fatal.

Pada umumnya agen artikel selalu memberikan tips dan trik menulis artikel yang baik dan benar. Agen artikel juga akan memberikan penjelasan detail atas kesalahan yang sering anda lakukan. Nah, di sana lah momen penting anda untuk mendapatkan pelajaran berharga dari para agen artikel yang sudah berpengalaman.

Agen artikel berpengalaman memiliki ciri cukup ahli merombak kosakata dan kerangka artikel yang ada. Artikel yang anda jual ke agen artikel sepenuhnya menjadi hak milik agen artikel sesuai dengan syarat dan ketentuan yang disepakati.

4. Menjadi penulis lepas tanpa agen artikel

Menjadi penulis lepas tanpa agen artikel dapat anda pilih bilamana pengalaman menulis sudah mencukupi. Namun tidak masalah kalau anda belum berpengalaman tetapi ingin langsung menjadi penulis artikel lepas tanpa agen artikel, asalkan anda mampu dan mau menerima saran atau kritik yang diberikan oleh pihak penerbit artikel (pihak pertama).

Konsekuensi tanpa agen artikel adalah, anda kerap merasa kesal karena tulisan yang anda kirim lebih banyak mendapatkan kritik bahkan penolakan. Hanya sebagian kecil penerbit artikel yang akan memberikan arahan secara mendetail, hal ini dikarenakan pihak penerbit memiliki banyak kesibukan.

Jarang ada pihak pertama yang mau mengajari anda secara mendetail tentang bagaimana cara-cara menjadi seorang penulis artikel yang handal. Bahkan, tulisan anda yang tidak memenuhi kriteria bisa saja diabaikan dalam waktu yang lama tanpa kejelasan.

Penerbit artikel biasanya tak meminta penulis artikel untuk menulis di situs web/blog mereka secara langsung. Yang paling umum, para penerbit artikel meminta pengiriman konten artikel saja melalui email.

5. Menggunakan kosakata yang tepat dan terhubung

Kata dan kalimat penghubung sangatlah penting karena nyawa dari kerangka artikel ada pada penghubung kata dan kalimat. Di bagian ini anda dituntut memiliki keahlian menyusun kata dan kalimat menjadi paragraf artikel yang mudah dipahami pembaca.

Sebelum membuat sebuah artikel, sebaiknya anda banyak mencari informasi terkait yang akan anda jadikan artikel. Anda perlu memiliki pemahaman atas isi artikel yang anda buat agar artikel anda dapat diterima oleh orang lain yang kemungkinan besar mampir dan menanggapi karya tulis anda.

6. Tinjau kembali artikel yang sudah dibuat

Mencari kesalahan diri lebih baik daripada menunggu di koreksi oleh orang lain. Baca kembali atau tinjau artikel buatan anda secara perlahan. Jika sebelum diterbitkan artikel memiliki kesalahan, maka segera perbaiki.

Menjadi penulis artikel lepas dituntut untuk lebih teliti agar artikel anda di terbitkan (publish). Itulah beberapa cara menjadi penulis artikel lepas. Selain itu, baik agen artikel atau pun pihak penerbit umumnya memiliki beberapa kriteria sebagai berikut.

6 Kriteria Menjadi Penulis Artikel Lepas

  1. Artikel bukan hasil curian
  2. Artikel bermanfaat
  3. Artikel belum pernah terbit dimanapun
  4. Pola bahasa mudah dipahami dan sesuai dengan target pembaca
  5. Kerangka artikel runut dan kosakata atau ejaan artikel tepat
  6. Artikel tidak mengandung unsur SARA, obat-obatan dengan resep dokter, ulasan ilegal, barang palsu, tindakan melanggar hukum dan semacamnya
Semakin berkualitas karya tulisan milik anda, semakin tinggi harga jual artikel nya. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah berkarya dan gali potensi diri lebih dalam lagi, agar kita para penulis online mampu menjadi penulis artikel profesional.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

44 Responses to "Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Untuk Pemula"

  1. SETUJU mas. Dengan sering membaca maka ilmu untuk menulis juga meningkat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas Bima. Mudah2an ilmu menulis kita selalu meningkat..

      Hapus
  2. Artikel yang detail sekali, kebetulan saya baru mulai belajar menulis. Harus banyak2 baca biar tambah ilmunya nih,Terima kasih mas nino

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas Ari merendah nih. Hehe.. Terima kasih kembali mas.

      Hapus
  3. maaf mau tanya mas nino ,untuk menjadi Penulis Artikel Lepas haruskah kita memberikan print out kita ke agen artikel atau seperti apa? saya masih kurang mengerti soal itu, tolong jelaskan yaa mas nino . Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap agen artikel punya syarat dan ketentuan sendiri sendiri dan akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ini meliputi respon dan alat pendukung yang mereka minta.

      Pada umumnya, agen artikel berbeda dengan pemilik situs atau owner situs yang menyediakan fasilitas kontributor dan penulis tamu.

      Kontributor Blog atau website biasanya dibayar oleh owner situs.

      Nah kalau yang kita bahas ini agen artikel yang artinya pihak kedua sebagai agen dan pihak ketiga sebagai penulis yang mengirimkan karya tulis nya ke pihak kedua (agen artikel).

      Untuk menjadi seorang penulis artikel melalui agen artikel syarat yang paling umum adalah mengirimkan contoh artikel yang pernah dibuat dan akan jauh lebih baik lagi jika memiliki pengalaman menjadi seorang penulis artikel.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sip sama-sama bos, selamat mempraktikan. :)

      Hapus
  5. Ganti tema blog ya mas? perasaan ini tema lama, o iya mas buka Ho ya ada keperluan sedikit thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lama ganti kok mas, oke sudah saya buka Hangouts nya.

      Hapus
  6. Ok terima kasih atas bantuannya, semoga ninoartikel jaya selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin dan terima kasih mas. Sukses juga buat mas Imam. Hehe..

      Hapus
  7. assalamu'alaikum
    maaf kak ,bagaimana cara membuat blog?tolong ajarkan ya kak,saya ingin sekali mencoba sebagai penulis di internet,terimakasih.wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. Cara membuat blog belum lama tutorial nya sudah saya tulis kok. Cek beranda situs ini. Selebihnya tutorial sudah banyak ditulis. Kunci nya mau menyempatkan waktu untuk Googling.

      Hapus
  8. Mas, mau tanya sedikit. Saya punya blog dengan konten parenting. Isinya saya dapat dari ikut seminar dan dengerin kuliah parenting diradio dengan sumber yang sama. Jadi sumbernya itu seorang psikolog. Saya mengagumi beliau dan menuangkannya diblog pribadi saya. Pertanyaannya, kalau saya tuangkan dalam sebuah artikel, dan saya terbitkan ke sebuah agen artikel bagaimana hukumnya? Plagiat kah? Dan dapat diterima atau tidak ya? Terima masih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan bagus mbak. Di artikel terbaru saya kebetulan banget tuh ada sedikit ulasan tentang batasan antara plagiat dan bukan plagiat. Ada tiga bagian terkait batasan yang bukan termasuk plagiarisme.

      1. Mengambil ide orang lain, lalu disampaikan dengan gaya bahasa sendiri dan didominasi oleh ide atau opini pribadi kategori nya bukan plagiat.

      2. Mengambil ide orang lain yang ternyata ide tersebut adalah fakta umum, ini juga bukan kategori plagiat.

      3. Mengambil ide orang lain secara penuh dan menyampaikan nya ke orang lain dengan gaya bahasa sendiri dan tetap menyebutkan pemilik sumber ide, kategori nya bukan plagiat.

      Contoh, ide dari Albert Einstein saya sampaikan ulang dengan gaya bahasa saya sendiri.

      "Lebih baik menjadi manusia yang berguna, usahakan untuk itu, daripada sebatas menjadi berhasil" - Albert Einstein.

      Saya tetap membawa nama pencetus nya, dan itu bukan plagiat.

      Hapus
    2. di blog saya pun begitu, selalu saya cantumkan sumber si psikolog itu. jatuhnya bukan plagiat ya? alhamdulillah makasih pencerahannya :)

      Hapus
    3. Iya mas. Tapi dengan catatan loh, walaupun memberikan sumber, usahakan konten tidak duplikat. Karena kalau di cek terdeksi duplikat konten, tetap saja kategori nya plagiat.

      Hapus
  9. Terima kasih, masukan yg bermanfaat.
    Semoga bisa dipraktekan sebagai pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali dan selamat praktik. :)

      Hapus
  10. kak pengen belajar nulis artikel gimana ya tolong share kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan nya bisa lebih spesifik lagi? Belajar menulis di awali dari suka membaca. Dengan banyaknya pengetahuan yang didapat dari membaca, insting menulis akan otomatis hadir. Semoga membantu. :)

      Hapus
  11. biasa cocok untuk mahasiswa, sambil kuliah sambil nyari duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, keahlian menulis memang tidak mudah di tiru oleh orang lain, tapi pada dasarnya semua orang bisa menulis. Selain dapat menambah penghasilan untuk mahasiswa, kegiatan tersebut juga dapat melatih intuisi, artinya akan berdampak positif pada nilai pelajaran atau jurusan yang sedang ia dalami.

      Hapus
  12. Terimakasih sharing artikelnya. Memang prosesnya tidak instan buat yang belum biasa menulis seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat menjalani proses menjadi seorang penulis artikel mas. Membuat konten artikel awalnya rumit, jika dibiasakan nantinya bakal lebih mudah. :)

      Hapus
  13. terima kasih untuk sharing ilmunya mas nino, membaca artikel ini jadi membuat semangat untuk memulai menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mas Denny, semoga intisari ilmunya dapat dipraktikkan dan memberikan hasil maksimal.

      Hapus
  14. mas agen artikel yang dimaksud contohnya apa saja ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para pemilik jasa penulisan konten artikel, biasanya menjadi agen artikel juga dan membuka lowongan kerja bagi para penulis artikel.

      Nah yang saya maksud agen artikel itu mereka mas.

      Karena sangat jarang sekali, apalagi pemilik jasa penulisan partai besar bekerja sendirian tanpa tim.

      Hapus
  15. Mas Nino, mau tanya. Sebelumnya, saya tertarik untuk bisa menulis dan jadi penulis. Tapi saya sendiri tidak mengerti gaya bahasa saya seperti apa. Cerminan yang baik untuk itu bisa saya peroleh dari mana ya Mas? Terimakasi:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sering nya membaca situs2, atau artikel favorit, dari komunitas, dan dari kebiasaan menulis, baik di blog pribadi atau di media sosial. Supaya bisa menjadi seorang penulis artikel, harus terbiasa dan membiasakan diri untuk menulis. Sesederhana itu sebetulnya. ☺️

      Hapus
  16. wah mantab infonya, artikelnya tersusun rapih dan enak di pandang..thanks mas nino..saya yang ingin selalu belajar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks juga untuk Masoek, mari kita sama2 belajar untuk menjadi penulis artikel profesional dengan cara berbagi tulisan melalui blog atau diskusi di forum. Oh iya, salam kenal mas. 🙂

      Hapus
  17. Terimakasih artikelnya bagus. Tapi, saya tetap bingung mas, dimana saya bisa gabung dengan agen artikel tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemilik jasa penulis artikel biasanya juga sebagai agen artikel. Dimana mana ada, biasanya para penjual konten artikel muncul di komunitas blogger atau yang terkait dengan itu.

      Hapus
  18. Terima kasih untuk pencerahannya mas nin.ini sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks juga untuk Iskayana, semoga semakin sukses dan handal membuat artikel. 🙂

      Hapus
  19. Terima kasih atas ats pencerahannya mas nanti nin.tapi masih bingung dimana harus gabungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan mesin pencari google, nanti bakal nemuin banyak lokasi yang dimaksud. :)

      Hapus
  20. Salam maaf mas Nino kasih tau donk agen artikel yang bisa saya hububgi. Saya ingin sekali bergabung. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, silakan hubungi saya melalui profil Google+.

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Dilarang spam komentar dan menyertakan link aktif.