Situs Untuk Membuat Blog Gratis Bagi Seorang Penulis

Menjadi seorang penulis blog akhir-akhir ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Mulai dari remaja hingga orang dewasa berbondong bondong ingin menjadi seorang penulis artikel di blog. Menjadi seorang penulis blog bukan hanya tentang pola kuno memindahkan tulisan atau artikel dari blog lain ke blog sendiri, tetapi ini tentang karya seni.

Apa sih hakekatnya? Hakekat menulis adalah tentang karya seni menyatukan kata menjadi kalimat dan menyatukan kalimat menjadi sebuah konten artikel yang berguna, bermanfaat, menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.
Situs untuk membuat blog Gratis
Daftar Situs Gratis Untuk Membuat Blog
Jika kita selalu mengandalkan metode copy paste (copas), maka kita akan memiliki mental yang lemah. Mengapa bisa memiliki mental yang lemah? Karena kita memiliki sisi ketergantungan pada penulis artikel lain dan akhirnya kita sulit menjadi blogger dewasa.

Praktik copy paste juga membuat kita merasa malu untuk tampil dan membaur di tengah-tengah penulis blogger lainnya. Metode copy paste (copas) membuat kita sulit berkembang dan sulit menuju ke level yang lebih tinggi.

Jika pondasi dasar sudah kita ketahui, maka berikutnya kita akan membahas mengenai situs untuk membuat blog gratis sebagai wadah inspirasi dan kreatifitas kita. Berikut beberapa platform gratis bagi seorang penulis untuk mengembangkan hobi nya.

5 Platform Gratis Untuk Penulis Blog

Ada banyak situs untuk membuat blog gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat karya tulis brilian. Namun saya hanya akan membagikan beberapa informasi mengenai platform blog gratis yang sudah familiar saja, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Blogger

Blogger adalah layanan publikasi milik perusahaan raksasa Google dan di host dengan subdomain blogspot.com. Pengguna blogger dapat juga melakukan custom domain, tetapi server tetap ada pada pihak Google. Jangan khawatir, hosting disediakan secara gratis oleh Google.

Situs resmi blogger beralamat di https://www.blogger.com. Contoh nya situs saya ini dibuat melalui blogger, namun sudah saya custom domain agar alamat situs lebih ringkas dan mudah diingat orang lain.

2. WordPress

WordPress adalah platform content management system (CMS) dan juga layanan publikasi mesin blog berbasis data (database) dengan bahasa pemrograman MySQL dan PHP. Baik CMS dan MySQL, keduanya adalah jenis perangkat lunak atau software sumber terbuka (open source).

Situs resmi WordPress beralamat di https://id.wordpress.com. Bagi blogger yang tak ingin kerepotan untuk memahami coding berbasis HTML dan mendapatkan kemudahan dengan plugin-plugin pendukung untuk dikembangkan pada situs, saya sarankan anda menggunakan platform WordPress.

Misalnya, saat ini para blogger Indonesia sedang gandrung menggunakan situs yang sudah mendukung halaman AMP, dengan platform WP, anda dapat menerapkan nya dengan mudah tanpa pusing melakukan coding.

Tanpa banyak melakukan praktik rumit seperti coding pada template situs atau terlalu banyak merubah perintah kode pada template blog, anda mendapatkan kemudahan membuat template blog mendukung AMP dibandingkan dengan blogger.com.

3. Joomla

Joomla masuk dalam kategori content management system (CMS). Joomla mirip dengan WordPress! Joomla memiliki mesin blog sumber terbuka (open source) dengan bahasa pemrograman MySQL dan PHP. Situs resmi Joomla beralamat di https://www.joomla.org.

4. Drupal

Drupal adalah perangkat lunak sumber terbuka (open source) dengan CMS (content management system). Drupal tak jauh beda dengan WordPress dan Joomla. Drupal dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain itu, Drupal dapat di kombinasikan ke beberapa database seperti MariaDB, MySQL, PostgreSQL dan SQlite.

Beberapa Webserver yang mendukung Drupal adalah Apache, Nginx dan IIS. Drupal bukan sekedar CMS (content management system), karena Drupal dapat difungsikan untuk CMF dengan modul API pada saat pengguna ingin membuat aplikasi berbasis Web.

Ada tiga keunggulan Drupal yang saya tahu, yakni sebagai content management systems (CMS), content management framework (CMF) dan Blog secara personal atau pun kelompok. Situs resmi Drupal beralamat di https://www.drupal.org.

5. Tumblr

Tumblr adalah platform mikro blogging yang memungkinkan pengguna Tumblr membuat konten di Tumblr. Secara keseluruhan, Tumblr memiliki kesamaan dengan platform lain, namun perbedaan yang paling dominan adalah Tumblr lebih sederhana.

Salah satu kekurangan Platform tumblr adalah tidak memiliki fitur komentar, jadi agar pembaca bisa komentar di blog dengan platform Tumblr, pengguna perlu mensiasatinya dengan layanan komentar pihak ketiga, contohnya Disquss. Situs resmi Tumblr beralamat di https://www.tumblr.com.

Pandangan pribadi

Menjadi seorang penulis blog itu sederhana, karena banyak perusahaan ternama yang menyediakan situs untuk membuat blog secara gratis bagi anda yang memiliki hobi menulis. Beberapa hal yang membuat langkah agak sulit yakni membangun situs web/blog agar apa yang kita tulis atau artikel yang kita bentuk dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Calon penulis blog, perlu memahami jenis artikel menurut isi dan pilar nya agar langkah menjadi mantap menapak dan akhirnya menjadi seorang penulis blog profesional yang berkarakter. Setelah tahapan tersebut kita pahami, barulah memilih salah satu diantara ke lima platform gratis tersebut disesuaikan dengan minat dan bakat yang kita miliki.

Bingung memilih situs untuk membuat blog?

Memutuskan menjadi seorang penulis blog, sebaiknya kita mampu menguasai dan menyukai alat yang kita gunakan sebagai media tulis menulis. Secara logis, tidak ada satu pun jenis platform gratis atau situs untuk membuat blog secara gratis yang lebih baik dari satu jenis platform blog yang kita kuasai dan sukai.

Jadi, kita tinggal sesuai kan diri saja dengan alat yang kita gunakan. So, kita tidak perlu memaksakan kehendak, karena belajar pasti memerlukan proses. Platform gratis untuk membangun dan memulai blogging yang mudah menurut penulis adalah blogger.com.

Mengapa harus blogger.com? Di samping perkembangan platform blogger cepat, kita juga jauh lebih mudah mendapatkan informasi mengenai apa pun persoalan yang kita alami terkait blogspot dan segala macam pernak pernik nya.

Apakah anda pemula dan berminat untuk menjadi seorang penulis blog di platform blogger.com? Langkah awal anda lebih mudah dengan panduan singkat mengenai cara menulis artikel dan contohnya di blogger.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

12 Responses to "Situs Untuk Membuat Blog Gratis Bagi Seorang Penulis"

  1. Hmm... ternyata banyak platform juga ya Mas untuk ngeblog, pemula seperti saya ini masih ke blogger saja dulu, kalau banyak-banyak tambah mumet nanti hehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Indra mah bukan pemula, tapi termasuk senior. Hehe.. Senior aja bilang mumet, apalagi saya. Haha.. Untuk sementara saya juga fokus di blogger nih pak, ya mudah2an kedepan nya cerah, jadi bisa beralih atau pindahan ke WordPress yang lebih praktis.

      Delete
  2. Wah informasi yang bermanfaat mas. baru tahu saya kalau ada dua lagi platform gratis untuk ngeblog. Selama ini baru pakai 3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya masih banyak dan lebih dari itu jenis platform untuk blogging. Tapi memang 5 Platform itu yang cukup terkenal dan kredible menurut saya mas. Hehe..

      Penulis blog rata-rata memang punya banyak blog dari beberapa Platform, tujuan paling umum karena pengen nyicip dan tau perbedaan diantara beberapa Platform tersebut.

      WordPress bagus dan enak sebetulnya daripada blogger, yang nggak nahan serba bayar. Haha..

      Walaupun CMS WordPress ada banyak gratisan yang bisa dipakai, menurut saya tetep kurang abdol kalau nggak di maksimal kan ke plugin dan tektek fasilitas berbayar nya.

      Delete
  3. Trims untuk setiap info, terkait dengan penulis artikel yang aktif di dunia maya. sebenarnya mungkin masih banyak lagi orang yang ingin menulis di internet, di blog manun ilmu masih kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Hafidz, banyak orang pengen jadi seorang penulis di blog,hanya saja mereka terkendala dengan pengetahuan dan alat untuk blogging. Terima kasih atas kunjungan nya mas..

      Delete
  4. Saya pakai wordpress, dan ke empatnya lagi cuma buat dummy. Tpi itu juga dulu pas ikut kontes seo -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati wordpress nya nanti kena de-indeks sama mesin pencari google kalau ada yang buat laporan. Dummy blog yang berkualitas hasil dari konten unik (tidak duplikat), karena BL dari blog duplikat efek SEO-nya lemah, bahkan nggak ada efeknya sama sekali, cuma buang-buang waktu. :)

      Delete
  5. He..he..
    Ternyata banyak juga sarana buat ngeblog. Blogspot lebih simple dan gratis pula. Wordpress juga enak tapi harus pakai paket premium biar joss pluginnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger com memang selalu jadi andalan karena serba gratis, walau pun pengguna harus ngerti bahasa kode HTML dan semacamnya. Kalau di Wordpress gak perlu terlalu paham coding juga udah lancar jaya, semua sudah instan praktis, tinggal pilih plugin. Hehe..

      Delete
  6. Saya masih pemula dalam menulis blog gan. mohon pencerahannya. Kunjungi blog saya, apakah masih ada kekurangan ataukah belum, dan perkiraan sudah memenuhi kriteria google adsense atau belum !.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada satu saran dari saya, gambar kalau di buka dari beranda situs agan jadi blur, sebaiknya di perbaiki. Kedua terkait AdSense, di blog agan trik tentang itu kan ada, malah dibuat kategori kan, tapi kok nanya ke saya?.. Hayo jujur kenapa bisa gitu gan? Hehe..

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.