4 Cara Menemukan Ide Menulis Artikel di Blog

Cara menemukan ide menulis artikel memang menjadi beban tersendiri khususnya bagi penulis artikel yang memiliki komitmen ingin mengisi artikel di blog setiap hari. Mencari inspirasi menulis atau pun mencari ide menulis artikel umumnya menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh blogger, baik blogger Indonesia atau pun blogger diseluruh dunia.

Semakin hari semakin sulit mendapatkan ide kreatif, hal ini terjadi mengingat ide-ide sudah banyak dituangkan dalam bentuk artikel, ditambah lagi dengan rasa malas dan mood yang tak menentu.

Cara Menemukan Ide Menulis

Rasa malas untuk membuat artikel akan berdampak pada tumpulnya kreativitas, sebaiknya segera atasi dengan cara banyak membaca kisah sukses penulis artikel lainnya, setelah itu anda bisa melanjutkan menyimak 4 cara menemukan ide menulis artikel berikut ini yang akan penulis kupas secara sederhana.
  • Berdiskusi di forum atau grup
  • Berkomentar di blog orang lain
  • Gunakan mesin pencari
  • Mulai menulis

1. Berdiskusi di forum atau grup

Seperti yang kita tahu, saat berdiskusi imajinasi meningkat dua kali lipat, ini meliputi diskusi secara langsung atau pun tak langsung (online). Anda perlu memanfaatkan momentum kumpul-kumpul untuk berdiskusi perihal persoalan yang sama antara anda dan orang lain. Ada banyak forum atau grup yang bisa anda kunjungi.

Cari solusinya satu per satu, setelah solusi sudah terselesaikan, mulai lah bercerita atau berbicara kepada orang lain tentang persoalan dan solusi pemecahannya melalui tulisan.

Tulisan atau artikel yang memiliki alur cerita kegagalan kurang diminati pembaca, sebaiknya tulis hal-hal baik yang paling banyak memberikan solusi dan manfaat.

2. Berkomentar di blog orang lain

Kegiatan berkomentar dan mengunjungi blog orang lain disebut sebagai blog walking. Blog walking sendiri memiliki banyak manfaat, dan beberapa manfaat blog walking adalah untuk mengenalkan blog ke orang lain, mendapatkan back link, ajang silaturahmi dan tentu saja menemukan ide menulis artikel.

Tak usah malu mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog orang lain yang memiliki traffic lebih rendah dari anda, justru blog terkenal yang dibangun dengan sedikit biaya promosi berbayar awalnya banyak dipromosikan oleh blogger lain yang memiliki traffic lebih rendah.

Pada saat berkunjung ke blog orang lain usahakan tak meninggalkan komentar spam seperti link aktif, link alamat blog dan berkomentar diluar topik pembahasan atau isi artikel. Selain komentar belum tentu di publikasikan, anda juga akan ditandai sebagai blogger yang kurang profesional.

Rata-rata blogger pernah melakukan kesalahan ini dan melupakan kode etik blogwalking yang baik dan benar. Mulai sekarang, yuk budayawan blog walking yang bermanfaat untuk kedua belah pihak?!

3. Gunakan mesin pencari

Mesin pencari adalah gerbang ilmu pengetahuan dari seluruh penjuru bumi (global). Apa pun hasil yang kita dapatkan tergantung perintah yang kita tulis (ketik) di mesin pencari. Jika kita menggunakan perintah dengan kalimat berbahasa inggris misalnya, maka kita akan menemukan kumpulan artikel berbahasa Inggris.

Bicara mengenai informasi dari seluruh belahan bumi, berarti kita berbicara mengenai ilmu pengetahuan dunia, bukan sebatas toko buku yang mungkin hanya memiliki puluhan ribu buku dalam satu toko buku.

Menggunakan mesin pencari dapat membantu kita untuk mencari dan menemukan ide menulis artikel. Semakin banyak yang kita baca, semakin bertambah wawasan yang kita miliki.

Tanpa wawasan yang memadai, mustahil anda atau pun saya dapat membuat artikel yang berkualitas, mustahil anda dan saya dapat menemukan ide baru yang dapat dibagikan atau di posting di blog.

4. Mulai menulis

Mulai lah menulis pada saat ide untuk menulis artikel sudah ada dipikirkan anda. Ingat, menemukan ide menulis artikel tidak akan datang setiap saat, maka dari itu hindari menunda-nunda ide yang perlu diabadikan dalam bentuk tulisan, kecuali anda berada di situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan.

Tanpa Komputer/PC anda tetap dapat menulis sekaligus menyimpan artikel kapan saja dan dimana saja di dalam Smartphone. Ada banyak aplikasi (apps android) untuk memulai menyimpan dan menulis artikel. Silakan kunjungi google playstore dan isi kolom pencarian di Google Playstore dengan kata kunci "writer app" tanpa tanda petik.

Disana anda akan menemukan daftar aplikasi untuk menulis artikel di Smartphone Android. Pilih salah satu aplikasi (apps) yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan

Empat (4) cara menemukan ide menulis artikel di atas sudah terbukti berhasil saya terapkan di blog ini. Menemukan ide untuk menulis artikel secara cepat dan tepat sebetulnya perlu memiliki pondasi yang kokoh terlebih dahulu. Apa saja faktor pendukung dan pondasinya?

Faktor pendukung untuk memperkokoh pondasi menemukan ide menulis artikel adalah kebiasaan menulis dan mau melawan rasa malas. Dua faktor tersebut adalah faktor pendukung dan pondasi yang paling penting, karena rasa malas adalah penghancur segala apa pun yang sudah kita bangun.

Tanpa disiplin waktu, mustahil rasa malas akan mudah di tempat kan pada tempatnya, baik saya, anda atau pun mereka memiliki persoalan yang sama, yaitu rasa malas. Selamat berjuang dari rasa malas dan semoga artikel tentang cara menemukan ide menulis artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

31 Responses to "4 Cara Menemukan Ide Menulis Artikel di Blog"

  1. Artikel yang menarik, patut dicoba karena sebagai penulis kadang bingung mau nulis apa. Lebih banyak membaca maka ide muncul dengan sendirinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ide menulis memang sering muncul kalau kita sering baca, bisa baca buku, koran atau bacaan dari internet. Kebingungan blogger kebanyakan kurang nya ide menulis artikel, kalau rajin baca biasanya inspirasi ada dengan sendirinya.

      Delete
    2. Betul mas, kalau males baca maka susah untuk mendapat ide. Dengan membaca kita juga belajar tata bahasa dan alur cerita dalam sebuah artikel..

      Delete
    3. Setuju, saya cermati tata bahasa sering diabaikan oleh penulis blog, bukan hanya tata bahasa, struktur (kerangka) penulisan juga kurang terarah dengan sehingga pembaca kesulitan memahami esensi atau isi artikel yang disampaikan penulis, padahal ide tulisan sudah bisa dibilang bagus dan kreatif.

      Delete
  2. kalo niche blog nya personal emang agak susah ya untuk menulis artikel, tapi berbeda dengan niche bisnis swerrrr langsung nempel di kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkait niche masih relatif kang, karena kemudahan kan tergantung ke individu masing2. Soalnya ada yang niche blog/web nya tentang bisnis tapi minim artikel.

      Kang Sudibjo berarti memang punya basic entrepreneur, jadi banyak wawasan tentang serba serbi bisnis. hihi

      Delete
    2. bisa jadi, gimana orangnya, kalo otaknya encer pasti gampang deh buat artikel

      Delete
  3. Selain menggunakan mesin pencari, saya selalu membiasakan diri Mulai Menulis, kalau nggak ada ide biasanya akan datang dengan sendirinya seiring dengan gerakan jari jemari di keyboard laptop... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk akal, beberapa kali saya justru membuat artikel bukan dari perencanaan atau kematangan ide, tapi justru ide didapatkan dengan cara mulai menulis. :)

      Delete
  4. bagi saya menemukan ide itu mudah saja, tetapi merangkai kata itu yang susahnya minta ampun. biasanya saya menggunakan persamaan kata biar lebih kaya kata, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecenderungan orang yang banyak ide memang memiliki kendala di penyampaian atas ide itu sendiri. Ibaratnya kalau lagi ngasih penjelasan dan mentok, paling cuma bilang "pokoknya gitu deh" hehe..

      Keahlian merangkai kata menjadi kalimat biasanya menjadi penghalang utama proses penerjemahan ide menulis. Mudah-mudahan dengan cara sering baca-baca pola untuk merangkai kata bisa meningkat drastis. hihi (y)

      Delete
    2. Nah itulah mas yang saya maksud, "pokoknya & pada intinya",
      sulit membuat paragraf pembuka, biasanya saya pake logika "jika-maka".

      yang jelas harus disiplin waktu biar tidak malas supaya menjadi kebiasaan.

      nah ini adalah salah satu contohnya, padahal masih banyak yang ingin saya ceritakan sebelum saya menyampaikan kata "yang jelas". hehe

      Delete
    3. Haha.. Oke, saya paham. Dulu saya juga begitu, karena biasa jadi bisa akhirnya. Selamat membiasakan diri untuk merangkai kata menjadi kalimat mbak Amel. hihi

      Delete
  5. Karena lagi ngak ada kerjaan, komentar disini ah. hahahaha.
    Nah, tambahin artikel baru itu mas nino.. cara merangkai kata menjadi kalimat yang bagus. hahahaha.. kiding mas..
    Betul kata mbak amel ide ngak susah, merangkainya menjadi kalimat yang bagus dan menarik itu yang lumayan susah.
    #salamblogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga tuh, nanti saya buat juga artikelnya, karena kebetulan di artikel lain di blog ini ada kalimat tentang itu, sekalian dijadikan bagian dari konten pilar. Hehe..

      Ada orang yang sulit menemukan ide menulis artikel dan ada juga orang yang sulit merangkai ide yang sudah menumpuk di ubun-ubun. Kompleks sekali, sepertinya ini menarik untuk di ulas di lain waktu dan kesempatan mas. :)

      Delete
  6. terimah kasih informasinya, akhir aku bisa mulai belajar menulis karena sudah mendapatkan tempat buat cari ide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas, sukses selalu dan terima kasih atas kunjungannya. :)

      Delete
  7. Kopinya manaaaaa? Hahahhh...
    Kendala utama saya dlm menulis, yaitu diatas, merangkai kata-kata yg bs menterjemahkan ide-ide menjadi sebuah tulisan. Tp saya nulis aja, sekalipun itu dianggap tulisan ngasal, nama'y belajar ya gak om nino?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lagi mau buat kopi. Hehe.. Iya, yang namanya belajar kalau salah ya wajar. Saya juga lagi belajar kok mas, alhamdulillah karya tulis saya bisa diterima para pembaca.

      Delete
  8. makasih gan, ini selalu jadi masalah saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma masalah agan, tapi menjadi masalah semua blogger. Hehe.. Ayo cari ide menulis biar nggak kehabisan stok artikelnya.

      Delete
  9. Betul sih. Tapi kenapa saya belum bisa menemukan ide ya? Ada cara lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin dipaksa, semakin sulit, tapi semakin dicoba semakin mudah. Salah satu kunci dari banyaknya kunci mencari ide menulis artikel adalah aksi. Jadi, mau ada ide atau nggak ada ide,buka peralatan menulis dan mulailah menulis apapun satu atau dua baris dulu untuk memancing spontanitas ide penulisan artikel.

      Delete
  10. Wah, mantap om... Tak coba dulu.
    Thanks before

    ReplyDelete
  11. menbaca adalah jendela dunia...hobi membaca biasanya ide berjubel dikepala,hehee
    keren artikelnya bang, bermanfaat sekali dan akan ku coba :)

    ReplyDelete
  12. Sip lah, btw ide itu sering muncul di tempat-tempat yang strategis seperti kamar mandi, pas keluar eh lupa lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bahaya, agak bau berarti ya?! Haha..

      Delete
  13. Replies
    1. Terima kasih. Semoga ide untuk membuat artikel/tulisan di blog semakin cemerlang. Hehe.. Ayo semangat.

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.