Ciri-ciri Penulis Artikel yang Baik dan Berkualitas - Nino Artikel

Ciri-ciri Penulis Artikel yang Baik dan Berkualitas

Bagaimana cara membedakan penulis artikel yang baik dan penulis artikel yang hasil tulisannya berkualitas? Ciri-ciri penulis artikel yang baik umum nya akan menawarkan tulisan berkualitas SEO friendly dan human readable. Namun, anda sebagai konsumen perlu membuktikan juga sekuat apa artikel mereka mampu bersaing di halaman pertama mesin pencari berdasarkan kata kunci yang mereka incar/bidik.

Pengujian ini tak perlu anda lakukan ketika penjual jasa penulis artikel tidak memberikan embel-embel artikel yang SEO friendly. Anda hanya perlu melakukan pengujian di mesin pencarian ketika anda memutuskan untuk membeli artikel yang kata nya berkualitas SEO dari pemilik jasa penulisan artikel SEO, mengingat harga untuk kerangka artikel dengan label SEO tergolong agak mahal.

Secara teknis, memilih jasa penulis artikel yang berkualitas di zaman yang serba instan ini perlu selektif, agar anda dapat mengisi artikel di blog setiap hari sesuai dengan harapan dan komitmen awal anda tanpa mengalami banyak kejadian buruk, seperti tertipu oleh oknum penulis artikel atau jasa bodong lainnya.

Posting artikel blog/website yang ada di halaman pertama mesin pencari dengan label "iklan" bukan termasuk kekuatan search engine optimization (SEO) yang dimiliki pengelola situs atau penulis artikel, karena teknik tersebut dinamakan dengan search engine marketing (SEM) menggunakan Google AdWords.

Berbicara bisnis di internet, berarti kita berbicara tentang bukti bukan teori yang dibungkus dengan hypnotic writing atau teknik copywriting.

Analisa konten artikel di situs web log milik mereka secara berkala dan cari tahu seberapa dominan mereka mampu mengelola artikel agar muncul di halaman pertama mesin pencari.

Pelajari bagaimana situs milik jasa penulis artikel bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Kalau mereka mendapatkan posisi terbaik menggunakan proses natural (SEO Putih), berarti mereka adalah penulis artikel yang baik dan benar-benar berkualitas.

Skema membeli kucing dalam karung sangat dihindari oleh pelaku internet marketer, oleh karena itu pertimbangkan kesesuain harga dengan kualitas artikel yang anda dapatkan.
Catatan: Pembahasan ini tak bermaksud mendiskreditkan atau bertujuan men-judge pemilik jasa penulis konten artikel, dan tanpa ada intervensi dari pihak mana pun.

Penanaman ideologi dengan tulisan

Seiring dengan perkembangan zaman, penulis konten (content writer) banyak dicari oleh owner situs website/blog menengah ke bawah, bahkan perusahaan ternama. Tak sedikit individu atau kelompok menyediakan artikel atau jasa penulisan konten artikel online, mengingat peluang usaha menjadi penulis artikel memiliki prospek yang menjanjikan.

Di era digital seperti sekarang ini pola menanamkan ide/gagasan (ideologi) dan berbagai macam kepentingan lainnya bisa dilakukan melalui media online seperti konten artikel yang ada di situs web/blog.

Dengan tulisan atau pun konten artikel, anda dapat mempengaruhi pembaca melalui komunikasi persuasif. Sebuah studi dari MuseFind menuturkan, 92 persen orang mempercayai influencer lebih dari sekedar iklan atau selebriti.

Pembaca atau penerima pesan (komunikan) akan memiliki perilaku, sikap, sudut pandang dan nilai kepercayaan yang selaras kalau penerapan metode penulisan konten artikel dirancang dengan baik, sehingga mereka mau di arahkan secara sadar ataupun tidak.

Setelah jalur pikiran pembaca berhasil dibentuk hanya dengan tulisan, pembaca akan memiliki kontribusi terhadap tercapai nya kesuksesan bisnis, tujuan atau misi keberhasilan penulis. Pengaruh nya lebih kuat dari sekedar iklan!

Penulis artikel yang baik, berkualitas, tepercaya dan profesional memiliki beberapa ciri khusus yang perlu anda ketahui, ini meliputi pelaku (penulis artikel) dan hasil tulisan (konten artikel).

Apa saja ciri-ciri penulis artikel yang baik dan hasil tulisan dari penulis artikel yang berkualitas?! Check it out.
Ciri-ciri Penulis Artikel yang Baik dan Berkualitas

6 Ciri-ciri Artikel yang Berkualitas

  • Konten artikel unik dan orisinal (original) 
  • Konten artikel memiliki judul yang menarik dan jelas 
  • Konten artikel memiliki kalimat pengantar (pembuka) 
  • Konten artikel memiliki judul tambahan (sub-judul) 
  • Konten artikel mudah dibaca manusia (human readable) 
  • Konten artikel mudah dibaca robot (SEO friendly)

1. Artikel Unik dan Orisinal.

Artikel unik adalah konten artikel yang memiliki kerangka dan pola kalimat yang berbeda dari konten artikel yang sudah ada, namun tidak termasuk sudut pandang, ide/gagasan. Sedangkan artikel orisinal adalah konten yang lahir dari ide sendiri terlepas dari benar dan salah.

Artikel unik meniti beratkan pada cara terhindar dari duplikasi (duplikat) konten, sedangkan artikel original (orisinal) lebih dominan dari ide kreatif sendiri.

Apakah penjual artikel mau memberikan konten yang unik sekaligus berharga? Jarang sekali. Umumnya mereka hanya memberikan artikel unik yang sudah lulus uji duplikasi konten versi copyscape atau tools plagiarisme online lainnya. Baca artikel terkait mengenai Google pencarian butuh konten unik dan berharga.

2. Artikel Memiliki Judul yang Menarik dan Jelas

Judul artikel yang menarik dapat meningkatkan kunjungan (traffic) di situs anda. Bagaimana pun artikel yang berada di halaman pertama mesin pencari, jika judul artikel tidak mampu membuat perasaan atau rasa (feel) pengguna mesin pencari tergugah, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Keterlibatan judul artikel yang menarik adalah salah satu strategi terbaik untuk meningkatkan kunjungan dari berbagai arah. Namun, judul artikel yang menarik saja tidak cukup, anda perlu membuat judul artikel yang relevan dengan isi artikel.

Kelola kalimat atau kata pada judul artikel agar lebih jelas, karena judul artikel yang jelas akan memberikan kesan profesional atas pengetahuan penulis dari segi isi artikel yang sudah di tulis.

3. Artikel Memiliki Kalimat Pembuka

Artikel yang memiliki kalimat pengantar atau pembuka akan lebih efektif dan dapat mendorong pembaca menyelesaikan artikel yang sedang mereka baca. Sertakan gambaran atau pengertian singkat terkait keseluruhan isi konten artikel meliputi tujuan dan maksud pada bagian kalimat pengantar/pembuka.

Kalimat dan paragraf pengantar (pembuka) pada artikel disebut sebagai basa-basi atas isi. Usahakan dibuat semaksimal mungkin dan tidak terlalu bertele-tele, karena kalimat pengantar yang baik dapat membuat pembaca memiliki hasrat dan dorongan rasa ingin terus melanjutkan membaca sampai titik dimana hasrat dan dorongan itu habis.

Hindari pola kalimat pengantar/pembuka yang bertele-tele, mengingat kalimat atau kata dibagian paragraf awal/pertama dapat menentukan minat dan mood pembaca. Ini seperti kesan pertama, kesan pertama yang baik akan menimbulkan rasa ingin terus melanjutkan membaca.

4. Artikel Memiliki Sub Judul

Sub judul pada artikel di situs web atau blog selain dapat memudahkan algoritma google pencarian memahami isi artikel, juga dapat memudahkan manusia (pembaca) memahami bagian-bagian pada artikel. Sub judul adalah bagian dari sistem "human readable" pada konten artikel.

Sangat jarang penulis artikel yang sudah berhasil menembus halaman pertama mesin pencari mengabaikan proses ini.

Sub judul pada artikel dapat mempermudah pembaca untuk memilih bagian mana saja yang mereka sukai dan mengabaikan bagian-bagian pada artikel yang kurang mereka sukai.

5. Artikel Mudah Dipahami

Artikel yang mudah dipahami dan mudah dibaca oleh manusia (human readable) adalah artikel yang memiliki pendukung kata pengantar, sub judul, tata bahasa (grammar) yang baik, ejaan yang disempurnakan (EYD), dan penutup atau kesimpulan.

EYD dan Grammar pada artikel memang tidak untuk semua jenis pembahasan, pada bagian EYD, anda bisa melakukan penyesuaian dengan target pembaca (audience).

6. Artikel Mudah Dibaca Algoritma

Artikel yang mudah dibaca algoritma mesin telusur adalah jenis konten artikel SEO friendly. Artikel SEO friendly umumnya memiliki kerangka artikel yang sistematis, karena SEO modern secara perlahan akan menggunakan sistem kecerdasan buatan.

Konten artikel yang mudah dibaca dan dipahami SERPs, memiliki relevansi dengan kata kunci atau judul artikel yang anda tentukan.

Silakan anda pergi ke Google pencarian dan ketik "cara membuat artikel" untuk mengetahui bagaimana relevansi mesin pencari menampilkan hasil indeks dari kueri tersebut.

4 Ciri-ciri Penulis Artikel yang Baik

  • Memiliki kejujuran 
  • Memiliki situs web/blog 
  • Memiliki tanggung jawab 
  • Memiliki respons yang baik

1. Memiliki kejujuran

Ciri-ciri penulis artikel yang baik memiliki kejujuran. Jujur bagian dari sifat dan sikap terbaik bagi perkembangan bisnis jangka panjang. Jangan sepele kan karakter tidak jujur, karena ini erat kaitannya dengan kualitas bisnis.

Telusuri lebih lanjut mengenai seberapa jujur penulis artikel saat menjalin kerja sama dengan anda, kalau pemilik jasa penulis artikel sering melakukan kebohongan, segera hentikan kerja sama. Sangat mungkin bisnis mereka sulit bertahan dalam waktu yang lama karena banyak menui masalah.

2. Memiliki Website atau Blog Sendiri

Ciri-ciri penulis artikel yang baik dan profesional, tak relevan mengatakan hasil tulisan mereka sudah berkualitas tanpa dibarengi dengan bukti-bukti pendukung. Kalau kebetulan anda menemukan penulis artikel online yang menawarkan jasa pembuatan artikel, hal pertama yang perlu anda tanyakan bukan lah harga artikel, tetapi situs milik mereka.

Berkunjung ke website/blog milik penulis artikel, perlu dilakukan untuk melakukan pembuktian, seberapa relevan kah kampanye yang mereka gembar gemborkan. Pastikan juga situs tersebut benar-benar dikelola oleh mereka sendiri atau tim.

3. Memiliki Tanggung Jawab

Ciri-ciri penulis artikel yang baik selalu mengutamakan kejujuran dan tanggung jawab sebagai hal yang paling penting. Misalnya, memberikan layanan revisi artikel, pengerjaan yang tepat waktu, memiliki transparansi dan memberikan konsumen nilai tukar yang sepadan (kesesuaian) antara harga dan kualitas.

Jika anda menemukan penulis artikel online yang kerap melepas tanggung jawab atau memberikan kualitas artikel yang tidak sepadan dengan uang yang sudah anda berikan, maka hentikan kerjasama dan cari jasa penulis artikel lain.

4. Memiliki Respons yang Baik

Ciri-ciri penulis artikel yang baik akan bekerja secara profesional, ini artinya mereka memiliki kualitas pelayanan yang baik. Respons yang baik tidak melulu soal pesan bisa dibalas dengan cepat (fast response), tapi bukan berarti pesan tidak di balas dalam waktu yang lama.

Response yang baik terletak pada tanggapan ramah yang diberikan ke konsumen terkait pesanan (order) artikel atau pun pertanyaan yang berkaitan dengan jasa pembuatan artikel.

Pastikan anda sebagai konsumen bertanya hal-hal yang masih berhubungan (relevan) dengan jasa yang disediakan. Tanyakan beberapa hal dan cermati bagaimana respon yang anda terima.

Penutup

Ciri-ciri penulis artikel yang baik dan berkualitas di artikel ini mungkin masih banyak memiliki kekurangan dan kesalahan analisa.

Apakah anda seorang penulis artikel online atau seorang konsumen yang memiliki pengalaman membeli artikel? Anda boleh berbagi pengalaman di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

23 Responses to "Ciri-ciri Penulis Artikel yang Baik dan Berkualitas"

  1. Nice post, cocok bagi saya sebagi penulis pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, semoga bermanfaat ya mbak dan terima kasih sudah berkunjung. :)

      Hapus
  2. Kali saya masih nulis sendiri gan. Karena masih baru. Tapi artikel ini membuat saya menggunakan jasa penulis artikel, sukses gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas. Membeli artikel itu bagus, tapi lebih bagus kalau diimbangi dengan tetap menulis sendiri, tujuannya supaya kemampuan menulis kita terus meningkat. Selain itu mungkin lebih selektif, mengingat tidak semua penulis artikel memberikan kesesuaian antara harga dan kualitas artikel.

      Hapus
  3. Tidak bisa ngomong aku, semoga kita akan menjadi lebih baik kedepan seperti 4 poin sudah di uraikan sama mas nino, jujur,blog, tanggung jwb, respon sangat baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, baik wanita dan pria sebetulnya kuncinya satu. Sadar akan diri dan tidak terlalu memilih. Memilih itu lumrah, tapi kalau terlalu memilih, ini yang justru jadi boomerang.

      Hapus
  4. wah kalau saya jauh dari terbaik hehe:D paling buruk kayanya menulis artikelnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak baik pesimis begitu, ayo optimis sob. Hehe..

      Hapus
  5. Dulu masih sekolah kalau ada tugas mengarang langsung puyeng, bahkan pernah sampai bolos juga biar terhindar dari "mengarang" (yang menakutkan itu).
    Makin ke sini dikit-dikit mulai suka nulis 1-2 kalimat sampai jadi pragraf.
    Nah, sekarang malah pengen punya blog biar bisa nyalurin keinginan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
    Giliran udah punya blog, puyeng lagi nulis artikelnya.
    Gimana dong Mas Nino solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya banyak membaca dan berdiskusi di forum. InsyaAllah potensi menulis akan meningkat dua kali lipat. Ayo berkarya! :)

      Hapus
  6. Sip mas, Blogger Indonesia harus bisa memenuhi kriteria penulis artikel tersebut di atas. Mohon izin untuk menautkan link postingan ini di blog saya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali pak, teknik menulis adalah senjata sekaligus pondasi utama Blogger. Wah, silakan pak kalau mau di tautkan. Hehe.. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Aamiin. 😃

      Hapus
    2. Terima kasih mas Nino. Aamiin

      Hapus
  7. Wah artikelnya bagus sekali om nino,,, sangat bermanfaat sekali, terutama untuk saya yg juga masih belajar memperdalam teknik menulis, terima kasih atas tulisannya om :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mas bang, terima kasih kembali dan mari kita belajar membuat tulisan berkualitas. Saya juga masih perlu banyak belajar kok mas. Hehe..

      Hapus
  8. Wah kalo saya masih TK kecil mas nino, suatu saat nanti akan lebih banyak belajar nulis artikel yang benar dan seo, terimakasih mas Nino artikel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama kok mas Ahmad, masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki agar dapat membuat artikel yang berkualitas, baik berkualitas dari sisi pengalaman pengguna, sampai ke SEO agar artikel blog cepat muncul di page one.

      Hapus
  9. Wah ramai disini, emang kemampuan seseorang penulis terlihat dari hasil karya tulis mereka. Mas Nino telah memberi rambu atau memperlihatkan ciri ciri artikel yang baik. Terima kasih Mas Nino. Semoga dapat diterapkan dalam blog masing-masing terutama bagi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bang Jo. Dengan cara terus berlatih, nantinya akan terbiasa menulis artikel. Saya juga sedang belajar menulis artikel berkualitas kok. Hehe..

      Hapus
  10. Menarik sekali, membuat kita calon pembeli lebih selektif lagi ketika memilih conten writer. Selain itu sebagai pemacu semangat bagi para blogger khususnya untuk membuat karya unik dan menarik dimata pembaca maupun mesin pencari.

    Best Inspiration !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Ihsan. Yes, pandai membuat artikel berkualitas memang perlu diimbangi dengan kepandaian mengetahui beberapa karakter penulis artikel yang berkualitas. Hal ini menjadi sangat penting karena tak selamanya penulis handal punya banyak waktu untuk update konten artikel atau pun mengelola blog agar selalu menerbitkan artikel yang baik dan berkualitas.

      Hapus
  11. Kalau saya tidak akan pernah menyewa jasa penulis artikel soalnya kalau kita membayar jasa penulis artikel artinya kita tidak percaya dengan kualitas tulisan kita sendiri dan tidak ada kepuasan secara batin kalau artikel buatan orang lain. BTW artikelnya bagus gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya nggak masalah menyewa jasa penulis artikel mas, selama hal tersebut bukan menjadi fokus utama atau pola yang salah.

      Agar kemampuan membuat artikel teralatih dan meningkat, tetap membuat tulisan walaupun sudah juga menggunakan jasa penulis artikel.

      Contoh kasus, punya banyak situs yang kesemuanya memerlukan konten segar, sedangkan di tengah kesibukan mengelola situs atau membuat artikel, ada beberapa situs yang perlu publish artikel baru, nggak ada salahnya pakai tenaga orang lain dalam kondisi seperti itu.

      Analoginya seperti pengusaha yang mendapatkan banyak pesanan, sedang waktu ditargetkan, maka solusinya kongsian, kontrak kerja atau mempekerjakan pihak lain sementara waktu. Terima kasih kembali mas. :)

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.