4 Cara Optimasi Artikel yang Baik dan Benar

Cara optimasi artikel yang baik dan benar untuk blog atau website ada 4 poin. Optimasi sering kali diartikan sebagai salah satu teknik untuk membuat keadaan atau sesuatu yang sedang dikerjakan menjadi lebih baik (optimal), sama halnya dengan pembuatan konten artikel yang membutuhkan keahlian dan teknik tersendiri sehinga hasilnya bisa benar-benar berkualitas. Website atau blog profesional sudah tentu akan mempertimbangkan dengan matang seperti apa cara-cara terbaik melakukan optimasi artikel di mesin pencari agar lebih optimal.

4 Cara Optimasi Artikel yang Baik dan Benar

Tak heran jika para pengguna blog (blogger) lebih memilih menggunakan teknik sederhana tanpa memperhatikan penggunaan kata kunci yang terlalu banyak. Perkembangan algoritma google juga semakin membuat resah para penulis, karena terkadang penggunaan kata kunci secara berlebihan yang dibuat oleh para penulis untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari justru membuat artikel menjadi hilang entah kemana.

Mekanisme algoritma google tersebut membuat sebagian besar penulis artikel di blog sangat setuju dan sebagian lagi tidak setuju. Alasan mendasar untuk yang setuju/mendukung karena menurut mereka artikel yang ditulis menjadi jauh lebih mudah, simple, dan juga sesuai dengan kemampuan mereka untuk menulis artikel tanpa memikirkan praktik SEO yang selama ini dianggap sulit dan rumit untuk dipelajari.

Google sendiri sudah memberikan saran terbaik, bahwa konten unik dan berharga adalah konten yang di ulas secara detail, memiliki sumber yang jelas, memiliki ketikan asli/natural (organik) dan juga menggunakan tambahan media pendukungnya seperti gambar, infografis dan juga video. Berikut akan saya ulas mengenai 4 cara optimasi artikel agar SEO di situs web/blog.

#1.Jangan Gunakan banyak Kata kunci

Kunci penting dalam pembuatan artikel tentu saja sebuah kata atau kalimat yang memiliki makna mendasar dan terarah sesuai dengan pokok pembahasan. Penggunaan kata kunci yang ideal akan memberikan hasil yang lebih maksimal dibandingkan penggunaan kata kunci yang berlebihan dan diulang-ulang. Lebih baik gunakan 3 kata kunci dalam 1 konten artikel dengan 3 macam kata kunci modifikasi.

#2. Gunakan Deskripsi

Untuk melakukan optimasi artikel tentu saja perlu memberikan deskripsi yang baik. Penggunaan deskripsi ini sering kali di acuh kan oleh para penulis artikel, sehingga konten artikel menjadi kurang informatif. Padahal penggunaan deskripsi penelusuran dibuat agar pesan sampai pada pembaca secara efektif.

Deskripsi yang baik dan benar memiliki sedikit kalimat (seperlunya) namun dapat mewakili isi konten artikel itu sendiri. Selain itu, dengan cara berlatih menulis deskripsi penelusuran yang berbobot, dapat melatih para penulis artikel dalam hal membuat sebuah deskripsi penelusuran yang lebih SEO dan bersaing di search engine (mesin pencari).

#3. Gunakan Media Pendukung

Kalau anda menginginkan konten artikel lebih terlihat menarik dan berkualitas, jangan sungkan untuk menggunakan media lain yang sifatnya hanya sebagai pendukung. Media pendukung akan memberikan efek komplit dan profesional sebuah konten artikel.

Tanpa media pendukung seperti inforgrafis, gambar atau video. Tentu saja sebuah artikel akan terasa sunyi dan sepi di mata para pembaca.

#4. Gunakan Outbound Link

Bagi anda yang sudah banyak memiliki konten artikel atau pokok pembahasan di blog, anda bisa menggunakan pola outbound link. Link keluar (outbound link) merupakan skema link yang nantinya bisa memberikan nilai tambah pada artikel ketika algoritma google merayapi halaman website anda.

Cara memberikan outbound link yang baik umumnya diletakkan pada posting artikel yang masih ada keterikatan atau hubungan dengan artikel yang akan di target. Baca juga artikel terkait outbound link: Memasang Link ke Website Lain.

Nah 4 cara optimasi artikel yang baik dan benar tersebut mudah-mudahan dapat memberikan khazanah ilmu pengetahuan bagi anda, khususnya bagi penulis blogger pemula. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan tulis pertanyaan anda di komentar. Semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

6 Responses to "4 Cara Optimasi Artikel yang Baik dan Benar"

  1. gan outboundlink apakah harus kita dofollow atau nofollow ? dan satu lagi apakah backlink juga sangat berpengaruh besar dibandingkan 4 poin diatas ?

    ReplyDelete
  2. Backlink sudah bukan pondasi utama atau bukan pondasi yang kokoh lagi pada praktik SEO, karena sudah digantikan dengan struktur konten pilar. Konten pilar adalah mekanisme paling kuat setelah Backlinks.

    Outbound link atau link eksternal (link keluar) sebaiknya beri akses Nofollow untuk situs yang kurang begitu kredibel atau situs yang sulit diprediksi kedepannya. Sebab, ada beberapa situs web yang awalnya baik, makin lama makin memburuk nilai kepentingan situs di mata search engine (spiderbot).

    Halaman website yang sebaiknya diberikan akses DoFollow adalah halaman resmi milik Google atau produk Google.

    Bisa juga halaman milik Wikipedia, karena saya prediksi situs web semacam Wikipedia akan selalu konsisten tanpa kepentingan dan tetap kredibel meski 100 tahun kedepan.

    ReplyDelete
  3. panjang artikel tidak berpengaruh kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjang konten artikel sangat berpengaruh mas. Konten artikel panjang adalah indikasi konten yang detail dan bot google suka itu. Namun pastikan jangan cuma asal panjang. Buat lah artikel panjang, setelah itu usahakan isi artikel nya memiliki struktur yang baik dan relevan. Jika tidak sanggup membuat artikel panjang, hindari memaksakan diri untuk membuat konten artikel asal panjang, karena dikhawatirkan konten artikel memiliki kesan boros kalimat basa-basi dan berujung OOT.

      Delete
  4. Gan, saya sudah coba optimasi dg menambahkan deskripsi penelusuran artikel tapi kok di google keindexnya ga muncul ya deskripsi artikel yg sudah capek-capek saya buat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba kasih saya satu contoh kata kunci yang bisa saya gunakan di mesin pencari Google?

      Delete

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.