2 Cara Menulis Artikel SEO yang Baik dan Benar - Nino Artikel

2 Cara Menulis Artikel SEO yang Baik dan Benar

Cara menulis atau membuat artikel SEO yang baik dan benar untuk kenyamanan pengunjung bagi seorang blogger tentu perlu penerapan saat menulis artikel setiap hari di blog. Membuat artikel SEO merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan, apalagi untuk mereka yang sedang merambah ke bisnis jangka panjang.

Konten artikel berkualitas adalah komponen penting bagi perkembangan website/blog, karena website/blog berkualitas tentu saja perlu konten artikel yang berbobot.

Banyak pengguna blog atau website (blogger) lebih memilih menggunakan jasa penulis artikel lepas sebagai cara terbaik agar konten artikel dapat secara rutin dipublikasikan, mengingat ada kesibukan lain di dunia nyata.

Baca juga: Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas.

Google pencarian hanya memberikan peringkat terbaik untuk halaman website/blog yang mengulas mengenai informasi bermanfaat dan memberikan nilai tambah (wawasan). Tak heran, sering kali kita melihat para blogger berlomba-lomba menulis artikel untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari dan mengalahkan para pesaing di SERP Google.

Berbicara mengenai membuat artikel SEO yang baik dan benar, tentu berkaitan dengan tingkat kenyamanan para pembaca.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

2 Cara Menulis Artikel SEO yang Baik dan Benar


1. Pahami pemilihan Kata kunci

Penggunaan kata kunci (keyword) sangat berpengaruh terhadap keberhasilan konten artikel di mesin pencari. Banyak blogger menggunakan kata kunci musiman yang bisa dikatakan dominan dan sudah sering digunakan oleh penulis lain.

Gunakan long tail keyword (LTK) atau kata kunci ekor panjang namun diusahakan tetap terarah. Cara ini masih terbukti jitu jika diimbangi dengan pembahasan yang lebih luas dan detail. Selain itu, menggunakan deskripsi penelusuran yang tepat akan memperkuat posisi artikel di mesin pencari.

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Apakah konten artikel anda ingin disukai dan membuat nyaman para pembaca?! Sepertinya anda perlu membuat artikel dengan bahasa yang mudah dipahami pengunjung atau target audiens situs anda.

Gunakan beberapa media seperti infografis, video dan lain-lain sebagai pendukung kualitas konten artikel. Selain itu, pertimbangkan kerapatan paragraf agar pengunjung tetap merasa nyaman

Kesimpulan

Pemilihan kata, kalimat, penghubung kosakata dan pemenggalan nya harus diperhatikan agar bahasa pada artikel tidak rancu atau ambigu. Itu lah 2 tips singkat untuk membuat artikel SEO yang baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Suka dengan blog ini? Subscribe dan dapatkan artikel terbaru lainnya langsung ke email anda:

14 Responses to "2 Cara Menulis Artikel SEO yang Baik dan Benar"

  1. kesimpulan , jadi menulis artikel itu memang harus bikin nyaman pengunjung dan juga bisa menyingkirkan artikel yang page one :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Fokus tetap pada pengalaman pengguna, soal singkir menyingkirkan kita taruh di nomor dua. Mau tidak mau penulis artikel harus memikirkan tentang persaingan di mesin pencari, kalau nggak ya bakal tertimbun di samudra search engine result page, soalnya ini masuk di zaman optimasi artikel SEO yang bikin nyaman pembaca dan pengunjung, yang lalai harus siap-siap gulung tikar. Hihi..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih dan selamat mencoba untuk membuat artikel SEO. Kedepannya, saya bakal bikin artikel yang lebih kompleks lagi terkait tips dan trik membuat artikel menjadi SEO friendly. :)

      Hapus
  3. Kalau teknik seo gue, lengkap, informatif dan tidak bertele tele, langsung pada sasaran yg di cari pengguna

    BalasHapus
  4. Mau tanya ni,pengunjungnya rata-rata berapa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Privacy mas, hehehe silakan langsung ke hangouts, nanti saya jawab dari hangouts. :)

      Hapus
  5. Mas Nino,...
    edisi tanya...
    apakah dengan Long Tail Keyword benar bisa bersaing dengan blog kelas atas? Saya pernah baca tetapi lupa dimana... bener ga ya... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, karena dengan teknik LTK volume pencarian ikut mengecil dan kemungkinan besar akan disarankan oleh spiderbot milik Google pencarian.

      Hapus
  6. Bro mau nggak backlink ngan sama blog saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana ya? Apakah backlink-an yang dimaksud itu tukaran link?! Jika iya, untuk saat ini saya belum minat bos, mengingat skema bertukar link akan di anggap spiderbot search engine sebagai pola curang atau strategi ilegal dalam disiplin ilmu SEO. Google bot bisa deteksi antara tukar links VS pertukaran link blog secara natural.

      Hapus
  7. Mas, saya minta pendapat tentang blog saya punya. Coba cek di google plus mas. Beri saran sama pendapat mas dong, kirim lewat email... tolong mas. Saya masih pemula dalam membuat artikel berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situs sampean sudah tak kunjungi, dan bagus kok. Tinggal di optimal kan dengan cara menulis artikel yang paling jarang di ulas oleh Blogger lain untuk memancing spiderbot Google menandai sebagai golongan blog yang memiliki halaman unik dan berharga.

      Hapus

Silakan tulis komentar sesuai dengan pembahasan. Mohon tidak membuat komentar spam, dan tidak menyertakan link aktif agar komentar anda disetujui untuk tampil.